Monday, May 10, 2010

Hosting dan Domain?

Apa itu Hosting?

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Pertokoan

Manajemen Toko menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.


Dan Apa itu Domain?

Domain pada umumnya dikenal sebagai alamat unik untuk sebuah website. dan yang biasanya disebut nama domain adalah .com (tanpa www).

Domain dengan sendirinya hanya berupa alamat web. Agar domain dapat berfungsi sebagai alamat email atau website, maka dibutuhkan hosting.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari pendaftaran domain dengan periode lebih dari 1 tahun. Yang sudah pasti adalah anda menurunkan resiko kehilangan domain anda karena lupa diperpanjang.

Keuntungan yang lain adalah nilai tambah di mata Search Engine. Search Engine seperti Google, menilai domain yang terdaftar beberapa tahun ke depan lebih bonafide dibandingkan domain yang terdaftar hanya 1 tahun.

Categories:

1 comment:

  1. Hi,

    You have a nice blog. Multiple ip hosting is the latest successful method in SEM. Multiple domain hosting helps your website to get quality backlinks from different ip addresses. This definitely helps with website ranking.

    ReplyDelete

please.... give me comment for my blog