Inspiring Words

"Tulislah dan sebarkanlah ilmumu di antara saudaramu. Jika kamu mati, anak-anakmu akan mewarisi kitab-kitabmu. Kelak akan datang suatu masa ketika banyak kekacauan dan orang-orang tak lagi mempunyai sahabat yang akan menolong dan melindungi selain buku-buku"
-Ja'far ash-Shadiq-

"Sejarah hanya ditulis dengan nuansa dua warna, yakni merah darah para syuhada dan hitam tinta para ulama"
-Syaikh Abdullah Azzam-

"Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu telunjuk (tulisan) sanggup menembus jutaan kepala."
-Sayyid Qutb-

"Saat aku lelah menulis dan membaca, di atas buku-buku kuletakan kepala, dan saat pipiku menyentuh sampulnya, hatiku tersengat. Kewajibanku masih berjebah. Bagaimana mungkin aku bisa beristirahat?"
-Imam An Nawawi-

"Ada dua pilihan dlm hidup yg harus dipikir dgn matang. 1. Jodoh, 2. Profesi. Jgn main2 dlm memilih, karena kau akan menghabiskan lebih dari separuh hidupmu dengan keduanya."
-Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Pagi, saya membaca buku di perpustakaan. Usai shalat Zuhur, saya menulis 4-5 halaman. Sore saya selalu menyiapkan waktu untuk keluarga selama 2-3 jam. Habis maghrib biasanya saya berdakwah. Tiap Jum'at saya libur total."
-Aidh al-Qarny, penulis buku mega-bestseller 'Laa Tahzan'-

"Hidup sekali, maka hiduplah bersama dengan kekasih sejati. Karena sekali salah pilih kekasih, bukan hanya kebahagiaan dunia yang terenggut, tetapi akhirat bisa-bisa juga kabur."
-Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Bayangkan, seorang mahasiswa yang ketika teman-temannya yang lain sedang menghadapi ujian akhir semester, ia justru berdemo bersama warga yang rumahnya akan digusur. Bayangkan, di saat para mahasiswa lain menyibukkan dirinya dengan textbook perkuliahan, dia menjadikan buku-buku pergerakan Islam sebagai bacaan utama."
-Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati, Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Gelar profesor tersandang, ternyata ia sudah renta dan menginjak pensiun. Sementara hidupnya belum banyak memberi arti lebih kepada sesama. Hidupnya diabadikan demi meraih rentetan gelar yang ternyata tak membuat perannya dalam masyarakat bisa kian bermanfaat."
-Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati, Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Saya tidak terlalu suka untuk berdiri dan berbicara di depan tentang kemampuan dan apa yang saya akan perbuat. Ketika memilih berbicara di depan orang-orang yang tepat adalah pilihan terbaik. Saya lebih memilih untuk berdiam diri, mencerna materi yang disampaikan, merenung, dan berkomitmen untuk melakukan action."
-Elmo Juanara-

"Belajar yang baik adalah belajar dengan orang hebat. Orang hebat adalah orang yang membawa ilmu-ilmu spiritual dalam setiap ajarannya."
-Elmo Juanara-

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingin, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang ... "
-QS. Ali Imran 14-

"Ketika engkau lahir, semua org tersenyum bahagia saat melihatmu menangis. Maka berusahalah agar saat meninggal engkau tersenyum sementara semua org bersedih"
-Hidup Sekali, Berarti, Lalu Mati

"Allahumma innii 'ala ghomarootil mauti wa sakarootil maut" (Wahai Allah, tolonglah aku atas kesengsaraan dan penderitaan menjelang kematian).

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari pikun, terjatuh dari ketinggian, keruntuhan bangunan, kedurhakaan, kebakaran, dan tenggelam. Aku berlindung kepada-Mu dari penyesatan setan saat kematian, terbunuh dalam kondisi murtad dan aku berlindung kepada-Mu dari mati karena tersengat binatang berbisa." (HR. Al-Nasai dan Abu Dawud)

"Jika kita tak ingin dilupakan oleh manusia saat tiada nanti, maka tulislah sesuatu yang layak dibaca, atau lakukan sesuatu yang layak untuk di tulis"

"Today the soil is under you. Tomorrow it may be over you. Pray before you're prayed upon"
-Muslim Speakers-

"Jika umurmu tak sepanjang umur dunia, maka sambunglah dengan tulisan"
-Pramoedya Ananta Toer-

"Apabila seseorang telah meyakini bahwa kematian akan menghentikannya dari beramal, pasti ia akan mengerjakan sesuatu yang pahalanya mengalir pasca kematiannya. Ia akan : Mewakafkan tanah, menanamkan tanaman, menggali sumur, mengusahakan keturunan yg akan mengingat Allah sepeninggalnya, atau menulis buku"
-Ibnu Al-Jauzi-

"Wahai jika yang tenang, kembalillah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridlo dan diridloi-Nya. Maka masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku"
(QS.Al Fajr 28-30)

"Aku bergembira menyambut malam karena akan bermesraan dengan Tuhanku,Kala matahari terbit, aku brsedih karen urusan dunia begitu menyibukkanku."
-Fudhail-

"Seorang pemimpin atau direktur perusahaan seperti nakhoda kapal. Dia harus selalu mengawasi laju dan arah kapalnya hingga dia yakin bahwa kapalnya melaju sesuai peta pelayaran. Bahkan, sang nakhoda wajib meyakinan bahwa laju kapalnya berlayar sesuai dengan harapan, begitu juga dengan awak kapal, mereka menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik"

"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan Menolongmu dan Meneguhkan kedudukanmu"
-Q.S Muhammad : 7-

"Dan segala sesuatu Kami Ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah)"
-Q.S Adz-Dzariyat : 49-

"Yakinlah! Di balik setiap karunia yang Allah berikan kepada kita, Allah menitipkan amanah bersamanya"

"Jiwa-jiwa itu ibarat prajurit-prajurit yang dibariskan. Yang saling mengenal di antara mereka pasti akan saling melembut dan menyatu. Yang tidak saling mengenal di antara mereka pasti akan saling berbeda dan berpisah"
-H.r. Bukhari dan Muslim-

"Perkumpulan itu adalah hal yang indah. Akhirnya banyaklah perkumpulan-perkumpulan negatif berdiri, geng contohnya. Mereka merasa senang sekali bisa tolong menolong dalam hal negatif. Mereka merasa bangga dengan golongannya. Solidaritas tanpa batas adalah motonya. Tapi ketahuilah, persaudaraan antara muslim itu yang terbaik!"
- Elmo Juanara -

"Sesungguhnya Allah Mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh."
-Q.S Ash-Shaff : 4-

"Tanamkanlah pada diri untuk merasa tertitipi, bukan memiliki. Karena ketika Allah mengambil kembali, kita akan merasa ikhlas dengan apa yang ditetapkan"
-Chaknot Artomoro-

"Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menolak karena Allah, maka sempurnalah imannya"
-H.r Abu Dawud-

"Jangan sampai meninggalkan masa muda tapi belum siap menghadapi kedewasaan, mandirilah semuda mungkin"
-Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Andai da'wah dapat tegak dengan seorang diri. Tak perlu Musa mengajak Harun, tak perlu pula rasulullah mengajak Abu Bakar untuk menemaninya hijrah. Meskipun pengemban da'wah itu orang 'alim, faqih, dan memiliki azzam yang kuat. Tetap saja ia manusia lemah dan akan selalu membutuhkan saudaranya, meskipun saudaranya itu memiliki banyak keterbatasan. Jagalah dia dan jangan sia-siakan saudaramu, karena ia sangat mahal harganya dan mungkin ialah yang selalu mendoakanmu dalam setiap langkah-langkahmu"
-Islamedia-

"Saya melihat Islam di negara-negara non Islam, tapi saya tidak melihat Islam di negara-negara Islam"
-Muhammad Abduh-

"Ibarat matahari, maka usia muda ibarat jam 12. Ketika matahari bersinar, paling terang dan paling panas"
-DR. Yusuf Qordhowi-

"Orang lain sudah menemukan teknologi baru, hasil riset untuk membangun bangsa, dan menghasilkan karya untuk masyarakat, ini masih berkutat dengan hal remeh-temeh"
-Agar Hati Tak Salah Mencintai, Jauhar al-Zanki-

"Ketahuilah bahwa Islam ini hanya tegak di atas pundak orang-orang yang memiliki kemauan yang kuat. Ia tidak akan tegak di atas pundak orang-orang yang lemah dan suka berhura-hura"
-Agung Setyabudi, Ketum UAKI-

"Dalam kancah pentas sejarah tidak pernah diceritakan kalau Imam Syafi'I murung dan tidak produktif gara-gara ada masalah dengan seorang wanita. Pun demikian dengan yang lainnya seperti Imam Ahmad, Imam Bukhari, Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim, atau Imam Ghazali. Belum. Belum pernah kita menengar mereka merengek-renge, menangis, stresn frustasi, atau hendak bunuh diri gara-gara ada masalah cinta dengan lawan jenisnya, dengan kekasihnya."
-Agar Hati Tak Salah Mencintai, Jauhar al-Zanki-

"Jangan hanya mementingkan egomu. Anakmu kelak lebih berhak mendapat pendidikan dari seorang ibu yang terbaik, bukan yang tercantik. Anakmu lebih berhak mendapat pengajaran dari ayah yang indah akhlaknya, bukan sekadar berlimpah harta"
-Ahmad Rifa'i Rif'an-

"Hitung, setahun kira-kira butuh berapa untuk biaya hidup standar. Setelah ketemu angkanya, berupaya keraslah maksimal 4 bulan untuk mengumpulkan uang sejumlah itu. Yang 8 bulan nikmati hidup untuk hal lain"
-Entrepreneur Senior-

"Jika kamu tak tahan lelahnya belajar, Maka kamu akan menanggung perihnya Kebodohan"
-Imam Syafi'i-

"Ukhuwah..
Tak akan beku di musim dingin, tak akan mencair di musim panas
Tak akan luluh di musim hujan
Namun, akan tetapi mekar walau bukan di musim semi
Manisnya ukhuwah karena Allah, mampu menyembuhkan luka, melegakan dahaga, menghapuskan air mataa, dan menjanjikan pahala.."

"Boleh jadi saat itu saling suka, saling cinta di dunia. Tapi di akhirat saling menyalahkan. Menyesal dan berkata, "Kecelakaan besarlah bagiku. Kiranya dahulu aku tidak menjadikan si fulan sebagai kekasihku!" (Q.s Al-Furqaan:28)
-Agar Hati Tak Salah Mencintai, Jauhar al-Zanki-

"Orang Besar masalahnya Besar. Orang Kecil masalahnya Kecil. Simpel! Maka jangan takut sama masalah yang Besar-Besar!"
-Elmo Juanara-

"Engkau ingin sukses tapi tidak mau menempuh caranya. Sungguh perahu tidak akan berjalan diatas daratan"
-Rabi'ah Albashriyyah-

"Seonggok kemanusian terkapar, siapa yang mengaku bertanggung jawab, bila semua pihak menghindar, biarlah saya menanggungnya semua atau sebagiannya"
-Ust Rahmat Abdullah-

"Cukuplah Allah (menjadi Penolong) dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi Penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik Pelindung"
-Q.S Ali Imran : 173-

"In order to succeed, your desire for success should be grater than your fear of failure"
-Bill Cosby-

"Don't be afraid to stand for what you believe in, even if that means standing alone"
-Unknown-

"The best revenge is massice success"
-Frank Sinatra

"Dia berkata, 'Marilah kita berbincang-bincang.
'Tidak' jawabku
Allah dan Islam telah melarangku
Aku baru saja melihat Muhammad di hari penaklukkan, hari dihancurkannya semua berhala
Agama Allah itu sangat Jelas dan Nyata, sedang kemusyikran adalah kegelapan"
-Fadhalah Bin Umar Al-Laitsi (pada perisitwa Fat'hu Makkah, dalam Zadul Ma'ad, ibn Qayyim)-

"Mintalah fatwa kepada hatimu. Kebaikan itu adalah apa-apa yang tentram jiwa padanya, dan tentram pula dalam hati. Dosa itu adalah apa-apa yang syak dalam jiwa dan ragu-ragu dalam hati, meskipun orang-orang memberikan fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya"
-H.r. Muslim-

"Aduhai, betapa beratnya jalan dakwah ini. Jalannya sepi, pengikutnya sedikit, penuh onak dan duri. Hambatannya lebih besar dari aral dan batu karang. Ketika ku mengeluh seperti ini, teringatlah akan sabda rasulullah, 'Islam di mulai dari keterasingan, dan akan di akhiri dengan keterasingan, maka beruntunglah orang-orang yang terasing itu' mendengar sabda itu, diri ini kembali bersemangat. Semangat untuk ambil bagian dari orang-orang yang terasing itu"
-Elmo Juanara-

"Si gila menentukan target tinggi diluar logikanya dan melakukan tindakan serta ilmu yg dimiliki saat ini"
-Hanya2Menit-

"Ibarat mercusuar, yang terus menerus dihantam ombak, sudah kodratnya. Namun ia tetap menyinari kapal-kapal yang lewat agar sampai tujuan dengan selamat. Wahai pejuang dakwah, permasalahan memang akan datang silih berganti layaknya ombak. Namun kalian semua tetap bertahan, menyinari mereka dengan seruan dakwah, hingga mereka selamat sampai tujuan, tujuan yang hakiki, Akhirat"
-Naruseito Mochammad-

"Barakallahu laka wa baroka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khoirin - Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan"
-Islam Media-

"Saudaraku

Kau tahu bencana datang lagi
Porak lagi negeri ini
Hilang sudah selera orang-orang untuk mengharap
Sementara jiwa-jiwa nelangsa itu
Sudah sedari lama berbaris-baris memanggil-manggil

Keluarlah keluarlah saudaraku
Dari kenyamanan mihrabmu
Dari kekhusyukan i’tikafmu
Dari keakraban sahabat-sahabatmu

Keluarlah-keluarlah saudaraku
Dari keheningan masjidmu
Bawalah roh sajadahmu
Ke jalan-jalan
Ke pasar-pasar
Ke majelis dewan yang terhormat
Ke kantor-kantor pemerintah dan pusat-pusat pengambilan keputusan

Keluarlah keluarlah saudaraku
Dari nikmat kesendirianmu
Satukan kembali hati-hati yang berserakan ini
Kumpulkan kembali tenaga-tenaga yang tersisa
Pimpinlah dengan cahayamu
Kafilah nurani yang terlatih
Di tengah badai gurun kehidupan

Keluarlah keluarlah saudaraku
Berdiri tegap di ujung jalan itu
Sebentar lagi sejarah kan lewat
Mencari aktor baru untuk drama kebenarannya
Sambut saja dia
Engkaulah yang ia cari"
-Anis Matta-

"Kesetiaanmu pada yang telah Allah tuliskan namanya di Lauhul Mahfuz jauh sebelum bumi & langit tercipta, maka cukuplah Allah & kau yang tahu segala rasamu. Maka cintailah dalam hening agar jika memang bukan dia yang ditakdirkan untukmu, agar kesucianmu tetap terjaga, keangunannya tetap terbias. Peganglah kendali hatimu lalu arahkan pada-Nya dan cintailah dia dalam diam, itu jauh lebih indah jauh lebih suci"
-IAMTP-

"Berangkat kamu dalam keadaan ringan ataupun merasa berat dan berjuanglah dengan hartamu dan dirimu dijalan Allah"
-Q.S At-Taubah : 41-

"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil..."
-Q.S An-Nisa : 58-

"Seandainya manusia tahu (bahaya) apa yang ada pada orang yang bersendiri sebagaimana yang aku tahu, niscaya tidak ada orang yang berani berjalan sendirian di waktu malam"
-HR. Bukhari-

"Dan orang-orang kafir itu sebagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain. Jika kamu tidak melakukannya, niscaya akan terjadi bencana di muka bumi"
-Q.S Al-Anfaal : 73-

"Siapa yang tak sabar dalam kebersamaan, maka Ia harus lebih sabar dalam kesendirian"

"Maka hendaklah kamu berjama'ah, sebab serigala itu suka memangsan kambing yang bersendirian"
-H.R An-Nasaa'i-

"Jika kamu tidak menemukan teladan. Maka, jadikanlah dirimu teladan"
-FSLDK Indonesia-

"Mereka ibarat orang-orang asing (ghuraba') di tengah komunitasnya sendiri. Bahkan lebih jauh lagi, mereka diintimidasi, dibunuh, diasingkan, dan dipenjara, bukan karena apa-apa, tetapi karena mereka memegang teguh ajaran-ajaran agamanya"
-Komitmen Da'I Sejati-

"Lewat lisan dan teladanmu, aku menjadi bagian dari kafilah dakwah ini. Berlayar dalam gulungan ombak ujian yang menghantam terus menerus. Aku akan bertahan hingga tujuan atau syahid bersama dalam perjalanan"
-Islam Media-

"Di sisi lain, banyak orang yang terbuai dengan suasana santai dan menikmatinya. Enggan melaksanakan kewajiban dan membencinya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain, tertawa, begadang, dan menikmati suasana yang jauh dari semangat dan sungguh-sungguh. Mereka tidak merasa sedih ketika tertinggal jauh oleh orang-orang yang bekerja keras. Mereka lebih senang menikmati tidur yang panjang dan tidak peduli, meski mereka tidak memberikan kontribusi untuk dakwah"
-Komitmen Da'I Sejati-

"Di antara tanda berpalingnya Allah dari seorang hamba adalah Dia jadikan si hamba sibuk pada hal yang tak bermanfaat baginya"
-Hasan Al Bashri-

"If you want to destroy any nation without war, create adultery or nudity common in the young generation"
-Salahudin Ayyubi-

"If we can't free ourselves from our beds before the sun rises, how can we expect
be able to free nations from their oppressors"
-Abu Hafsah Abdul Malik Clare-

"How often do you hear people say : 'I'm ready to DIE for Islam? You're not ready to LIVE for Islam and LIVE like a Muslim and you're ready to DIE for Islam?"
-Zahir Mahmood-

"Suatu pemikiran indivu yang jernih, tidak lebih baik dari suatu pemikiran organisasi yang keruh"
-Ali bin Abi Thalib-

"Sesungguhnya, jatuhnya pilihan Allah kepadamu untuk mengusung dakwah-Nya merupakan kehormatan, karunia, dan anugerah. Jika kamu tidak berusaha untuk benar-benar layak mengembannya, tidak mau menanggung beban atas kedudukan ini, dan tidak mengerti tingginya nilai karunia yang diberikan kepadamu sehingga semua yang di luar itu tidak berarti bagimu, maka Allah akan mengambil kembali karunia yang telah diberikan kepadamu dan memilih umat selain kamu yang sanggup menghargai anugerah-Nya. 'Dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kamu (ini).'
-Sayyid Quthb-

"How often do you hear people say : 'I'm ready to DIE for Islam? You're not ready to LIVE for Islam and LIVE like a Muslim and you're ready to DIE for Islam?"
-Zahir Mahmood-

"Bijaksana adalah mengutamakan yang lebih penting dari yang penting, mengutamakan aqidah sebelum ibadah, mendahulukan akhlak dan kewajiban sebelum sunnah, dan menjalankan prinsip 'menghindari mudharat dari pada mengambil manfaat'"
-Komitmen Da'I Sejati-

"Untuk dakwah, mereka mengorbankan waktu dan harta. Sebagai bukti, Anda cukup berkunjung ke salah satu pusat aktivitas mereka. Di sana Anda akan melihat mata-mata yang sayu karena selalu terjaga, wajah-wajah yang pucat karena terlalu lelah, dan tubuh-tubuh yang lunglai karena terlalu penat. Mereka mau bersusah payah seperti itu dan tetap tegar karena iman, dan kuat karena aqidah. Mereka adalah pemuda-pemuda yang menghabiskan waktu malam hingga dini hari karena sibuk di kantor. Atau, tidak beranjak dari meja kerja, sementara teman-teman sebayanya tenggelam dalam permainan, kesenangan, dan obrolan. Betapa banyak mata yang terjaga di saat mata-mata yang lain terlelap. Kami hanya mengharapkan balasan dari Allah dan sama sekali tidak mengharapkan pamrih dari yang lain"
-Komitmen Da'I Sejati-

"Dan apakah arti bekerja dengan rasa cinta itu? Laksana engkau menenun kain dari benang yang di tarik dari jantungmu, seolah-olah orang-orang yang kau kasihi yang akan mengenakan kain itu"
-Purbahayu, Kaderisasi, as main system-

"Arjuki 'ala qadri nashabiki (Ganjaranmu tergantung kadar lelahmu)"
-HR Muslim-

"Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu subuh, sedang kamu tetap lelap dalam tidur"
-Lukman Hakim-

"Aku tidak melihat suatu pemborosan terjadi kecuali di sampingnya ada hak yang dirampas oleh orang yang melakukan pemborosan itu"
-Ibn al-Musqaffa-

"Imam al-Ghazali tidak setuju dengan orang-orang yang hidup sezaman dengannya, di mana orang-orang hanya belajar fiqih dan sejenisnya, padahal pada masa yang sama di negeri mereka tidak ada seorang dokterpun kecuali dokter Yahudi atau Nasrani"
-Dr. Yusuf Al Qardhawy, Fiqih Prioritas-

"Ia mencela kami karena jumlah kami sedikit, Maka kukatakan kepadanya, Sesungguhnya orang-orang yang mulia itu sedikit. Apalah ruginya kami sedikit, kalau dengan jumlah yang sedikit itu kami mulia. Sedangkan orang-orang yang jumlahnya banyak itu terhina"
-Penyair Arab Jahiliyyah-

"Apabila keimanan dan kemauan kuat atau kesabaran telah terkumpul dalam diri manusia, maka kekuatannya akan menjadi sepuluh kali lipat jumlah musuh-musuhnya, yang tidak memiliki keimanan dan kemauan"
-Dr. Yusuf Al Qardhawy, Fiqih Prioritas-

"Bertemanlah dengan siapapun, namun Pilihlah seseorang yang bisa dijadikan sahabat, karena agama seseorang tergantung siapa sahabatnya"

"Jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari luar,maka kehidupan didalam telur akan berakhir. Tapi jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam,maka kehidupan baru telah lahir. Hal-hal besar selalu dimulai dari dalam."

"Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuh kamu, dan bentuk luar kamu, akan tetapi Dia melihat kepada hati-hati kamu"
-H.R Muslim-

"Ajari anak-anak kalian berenang sebelum menulis. Karena ia bisa digantikan orang lain jika ia tak pandan menulis. Namun, ia tidak dapat digantikan orang lain ketika ia tidak mampu berenang"

"Berbahagialah orang yang mati tetapi dosanya mati dan pahalanya mengalir dan merugilah orang yang mati tetapi pahalanya mati dan dosanya terus mengalir"

"Barangsiapa melakukan suatu pekerjaan tanpa ilmu pengetahuan tentang itu maka apa yang dia rusak lebih banyak daripada apa yang dia perbaiki"
-Umar bin Abd al-Aziz-

"...karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat di percaya"
- Al-Qashash :26 -

"Langit mana yang melindungi diriku dan bumi mana yang akan menjadi tempat pijakanku, kalau aku mengatakan sesuatu yang tidak kuketahui"
-Abu Bakar ash Shidiq-

"Ya Allah, selamtkanlah aku, dan benarkan apa yang keluar dari diriku"
-Ibn al-Musayyab-

"Katakanlah : "Inilah jalan (agama)-ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata"
- Yusuf : 108 -

"Permudahlah dan jangan mempersulit ; berilah kabar gembira dan jangan membuat mereka lari"
-H.R Bukhari Muslim-

"Engkau tidak layak menyampaikan sesuatu yang tidak sesuai dengan kadar kemampuan otak mereka. Jika tidak, maka engkau akan menimbulkan fitnah pada sebagian orang itu"
-Ibn Mas'ud r.a-

"Dan pada akhirnya, semua akan menemuakan yang namanya titik jenuh, hanya kembalilah tempat yang terbaik untuk manusia. Kepada siapa tempat kita kembali? tiada lain dan tiada bukan, hanya kepada Allah lah tempat kita kembali"

"Ukhuwah itu bukan dalam persamaan, tapi memahami dalam perbedaan
Ukhuwah itu tidak hanya senang saat berjumpa, tapi juga mendoakan tanpa diketahuinya
Ukhuwah itu berlaku baik sesuai Islam pada sesama, tanpa mempertimbangkan balasan perbuatan sesama
Ukhuwah itu memuji kebaikan saudara, dan menahan lisan dari kejelekannya di belakang
Ukhuwah itu merasa malu saat mendengar aibnya, bukan merasa senang karena kesalahannya
Ukhuwah itu menuntut kita mengerti, bukan menuntut yang lain mengerti
Ukhuwah itu memaafkan, bukan semangat membalas
#SalamUkhuwahIslamiyah"
-Islam Media-

"Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others"
-Jack Welch-

"Dua nikmat yang kebanyakan manusia lalai untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin adalah nikmat kesehatan dan waktu luang"
-HR. Bukhari-

"Seseorang sangat dipengaruhi oleh teman dekatnya, maka hendaklah ia melihat (selektif) dengan siapa ia berteman"
-H.R Abu Daud-

"The perfect body, perfect outfit, perfect ride, perfect man/woman, none of it will bring you happiness if your heart is spiritually empty"
-Saad Tasleem-

"Aku tidak takut doaku ditolak tapi aku lebih takutkan aku tidak diberi hidayah untuk terus berdoa"
-Umar Al Kahttab-

"Being Muslim is about changing yourself not changing Islam!"
-Muslim Speakers-

"Ketika Al Haq mulai menyeruak ke permukaan, maka kebatilan pun tak akan serta merta diam, selama itu pula kebatilan akan merongrong dan menunjukkan kedengkiannya. Karena kalau tak berat, bukan dakwah namanya"
-Hasan Al Banna-

"Untuk menemui musuh kau tak perlu bersusah payah mencarinya. Cukup tunjukkan identitas (kebenaran)mu, niscaya dia akan terlihat jelas di depan matamu. Dan saat di hadapanmu, jangan pernah lari dan berbalik, karena itulah tantanganmu sesungguhnya"

"Bekerjalah seakan-akan kamu hidup di dunia selamanya. Dan beribadahlah seakan-akan kamu mati besok"
-Ali bin Abi Thalib-

"Barangsiapa yang menyingsingkan lengan baju untuk berjuang di jalan Allah, maka wajib baginya surga"
-H.R Tirmidzi-

"Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya, serta penghuni langit dan bumi, hingga semut yang ada pada lubangnya, dan ikan hiu yang ada di lautan akan membacakan shalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia"
-H.R Abu Umamah-

"Memberi jala untuk mencari ikan kepada orang miskin adalah lebih baik daripada memberikan ikan kepadanya"
-Peribahasa Cina-

"Degup jantung seseorang berkata kepadanya
Sesungguhnya hidup ini hanya beberapa menit dan beberapa detik
Buatlah suatu kenangan yang namamu akan terus diingat setelah kematianmu
Karena kenangan bagi manusia adalah umur yang kedua"
-Syauqi, Penyair Arab-

"Mereka menghadapi serangan dari dalam dan juga serangan dari luar. Semua kekuatan kafir bersatu padu menyerang dan memperdaya dirinya, walaupun berbeda-beda bentuknya, padahal Allah SWT sedang mengepung mereka dari belakang"
-Fiqh Prioritas-

"Bahagia kami adalah untuk di bagi, dan derita kami hanya untuk kami sendiri"

"Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah engkau menuntut suatu jabatan. Sesungguhnya jika diberi karena ambisimu maka kamu akan menanggung seluruh bebannya. Tetapi jika ditugaskan tanpa ambisimu maka kamu akan ditolong mengatasinya"
-H.R Bukhari dan Muslim-

Ada cerita menarik tentang pemimpin besar. "Apa yang akan kau lakukan jika kau hanya diberi kesempatan untuk memimpin selama satu hari?" Sang Pemimpin menjawab, "Saya akan menyiapkan pemimpin berikutnya"

"Siapkanlah dirimu untuk menggantikan angkatan tua, mereka akan pulang tak lama lagi. Janganlah engkau menjadi pemuda kecapi suling, yang bersenandung meratapi tepian yang sudah runtuh, mengenangkan masa silam yang telah pergi jauh. Janganlah engkau membuat kekeliruan lagi seperti pernah dilakukan oleh angkatan yang engkau gantikan. Teruskan perjalanan ini dengan tenaga dan kakimu sendiri"
-Hasan Al Banna-

"Kewajiban yang diwajibkan oleh agama, dan kepentingan yang didesak oleh kehidupan nyata kaum Muslimin. Itulah prioritas yang harus didahulukan oleh umat kita sekarang ini"
-Fiqh Prioritas-

"Perkara paling utama untuk didahulukan dan harus diberi perhatian yang lebih daripada yang lainnya adalah meluruskan aqidah, memurnikan tauhid, membrantas kemusyrikan dan khurafat, mengokohkan benih-benih keimanan dalam hati, sehingga membuahkan hasil yang bisa dinikmati dengan izin dari Tuhannya, yang akhirnya kalimat tauhid "La ilaha illa Allah" dapat bermayam di dalam jiwa, menjadi cahaya hidup, menerangi gelapnya pemikiran manusia dan kegelapan perilakunya"
-Fiqih Prioritas-

"Lautan di belakang kalian sedangkan musuh di hadapan kalian, dan tidak ada yang tertinggal pada diri kalian kecuali kebenaran dan kesabaran"
-Thariq Bin Ziyad, Penakluk Andalusia-

"Barang siapa menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga. Malaikat akan menaunginya dengan sayap karena ridha terhadap perbuatannya. Seluruh penghuni langit dan bumi akan memohonkan ampun bagi orang yang berilmu pengetahuan, demikian juga ikan di laut"
-HR. Abu Dawud-

"Karena sikap kepahlawananmu..
Mungkin,
Engkau akan di hina
Engkau akan di caci
Engkau akan di maki
Itu karena mereka tak tahu siapa yang akan tersenyum diakhir pertandingan kehidupan"

Katakanlah : "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluarga, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai lebih daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik"
- Q.S At-Taubah : 24 -

"Zaman Keemasan hanya akan diukir oleh orang-orang yang berhati emas yang tak silau oleh kilauan emas"
-Mas Udik Abdullah-

"Saudaraku, dunia ini memang sengaja dijadikan indah oleh Allah untuk menguji para hamba-Nya, siapa yang terpedaya olehnya dan siapa yang tetap terjaga"

"Kemaksiatan yang menyebabkan dirimu terhina dan tercerai-berai adalah lebih baik daripada ketaatan yang menyebabkan dirimu berbangga dan menyombongkan diri"

"Ajarilah anak-anak kalian tiga hal : mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya (keluarganya), dan membaca Al-Quran"
-H.R Dailami-

"Jika pundakmu terasa berat memikul amanah, maka bersujudlah"

"Ketika Al Haq mulai menyeruak ke permukaan, maka kebatilan pun tak akan serta merta diam, selama itu pula kebatilan akan merongrong dan menunjukkan kedengkiannya. Karena kalau tak berat, bukan dakwah namanya"
-Hasan Al Banna-

Sesungguhnya, musuh-musuh Allah itu nyata, dan syaitan adalah musuh yang nyata bagimu. Ianya dapat berbentuk jin atau manusia.

Ketika kebenaran mulai muncul, mereka akan segera bertindak, mematahkan semua gerakannya. Membatasi tingkah lakunya, bahkan menghabisi nyawanya.

Teringat ayat berikut, "Bukankah orang-orang Yahudi itu tidak akan berhenti memerangimu sampai engkau masuk ke agama mereka?"

Bersyukur kepada Allah yang telah memberikan segelintir teman yang baik, yang ketika bertemu membuat perasaan takut menjadi hilang, hati jadi tenang. Dan itulah yang Allah janjikan, bahwa semua mu'min itu bersaudara. Dan sebaik-baik pertemanan, adalah persaudaraan diantara sesama muslim, bukan yang lain. Karena mereka bertemu karena Allah, dan berpisah karena Allah.
Semoga Allah senantiasa menjaga ukhuwah ini sampai kepada jannah-Nya"

"Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?"
- Q.S Al-Maidah : 50 -

"Sungguh.., Dia-lah Yang Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang"
-Q.S Al Baqarah : 54-

"...sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan menyuruh berbuat yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar..."
- Q.S Al Hajj :40-41 -

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik yang membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu"
- Q.S Al Hujurat : 6 -

"Demi Allah, tidak ada suatu tempat yang dahulu saya pergunakan untuk menyebarkan kejahiliyahan kecuali tempat itu harus saya pergunakan juga untuk menyebarkan Islam"
-Umar bin Khattab-

"Wahai pemuda yang mau meninggalkan nafsu syahwatnya, yang menghabiskan waktu remajanya untuk-Ku, engkau disisi-Ku adalah seperti sebagian malaikat-Ku"
-Riwayat Abu Nu'aim, dalam al-Hilyah, 5 :237-

"Alangkah dahsyatnya nafsu syahwat di dalam tubuh manusia. Ia bagaikan api yang membakar. Maka bagaimana mungkin orang yang tak berpagar dapat selamat darinya?"
-al Hilyah, 5 : 241-

"Mental kaum Muslim pun telah dari awal di didik untuk menjadi seorang ksatria yang mempunyai tugas untuk mengelola dunia dan seisinya. Pada awal pembentukan para sahabat, Rasulullah senantiasa mengarahkan visi mereka menjadi visi global, yaitu pembebasan seluruh dunia"
-Muhammad Al Fatih, 1453-

"Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan atau pun merasa berat dan berjihadlah dengan harta dan dirimu di jalan Allah"

"Keadaan inilah yang membuat Rasulullah saw berpesan pada kaum Muslim agar mereka jangan menjadi yang lebih dahulu memulai peperangan pada kaum Turki. Selain itu lewat sabdanya, beliau juga mengisyaratkan bahwa kaum Turki akan menjadi bagian penting dari perjuangan Islam"

"Dikatakan bahwa Orhan tidak pernah berdiam satu bulan penuh di satu kota. Dia memerangi kaum kafir secara terus menerus dan konsisten menjadikan mereka selalu berada dalam kepungan"
-Ibnu Batutta, tentang Orhan-

"Tak perlulah kita bersusah payah membuat orang tertarik pada kita. Cukup dengan menjadi diri sendiri, terus lakukan perbaikan diri, dan senantiasa kerjakan yang terbaik yang kita mampu. Semoga dengan itu masa depan kita dimuliakan Tuhan"
-Ahmad Rifai Rifan-

"Kita sadar cara paling ampuh melumpuhkan para pemuda muslim adalah menjauhkan mereka dari gaya hidup Islam dan mendekatkan mereka pada hedonisme dan hiburan"
-Gleed Stones, mantan Perdana Mentri Inggris-

"Percuma kita memerangi umat Islam, dan tidak akan mampu menguasainya selama di dada pemuda-pemuda Islam ini bertengger Al-Quran. Tugas kita sekarang adalah mencabut Al-Quran di hati-hati mereka, baru kita akan menang dan menguasai mereka. Minuman keras dan musik lebih menghancurkan ummat Muhammad dari pada seribu meriam, oleh karena itu, tanamkanlah dalam hati mereka rasa cinta terhadap materi dan seks"
-Gleed Stones, mantan Perdana Mentri Inggris-

"Seorang anak yang rusak masih bisa menjadi baik asal ia pernah mendapatkan pengasuhan seorang ibu yang baik. Sebaliknya, seorang ibu yang rusak akhlaknya, hanya akan melahirkan generasi yang rusak pula akhlaknya. Itulah mengapa yang dihancurkan pertama kali oleh Yahudi adalah wanita"
-Muhammad Quthb-

"Pendapat orang tentang diri kita bisa beragam. Sehebat apapun kita, akan selalu ada yang tak suka. Kalo kritikannya membangun, jadikan sebagai media perbaikan diri. Jika tak membangun, cuekkin, maafin, jangan dipikirin. Umur kita terlalu berharga jika hanya digunakan untuk mengkhawatirkan pendapat orang lain tentang kita"
-Ahmad Rifai Rifan-

"Kalau hidup sekedar hidup, babi juga hidup
Kalau bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja"
-Buya Hamka-

"Amanah itu sederhana. Sesederhana kamu memangkas lagi jatah istirahatmu. Sesederhana kamu memahami lagi saudara-saudara sekelilingmu"

"They will not stop fighting you until they turn you away from your religion, if they are able"
-Q.S Al Baqarah : 217 -

"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami,Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami.Dan sungguh,Allah beserta orang-orang yang berbuat baik"
-Q.S. Al Ankabut:69-

"Dakwah tak akan mati, tapi kita akan mati.
Kita akan mati sebagai pengemban Dakwah atau Mati sebagai beban Dakwah?
Bergerak, dan terus bergerak, untuk kebangkitan Dakwah Kampus"

"Menguasai ilmu : Kecerdasan, semangat, kesungguhan, bekal, punya mentor, waktu yang lama"
-Imam Syafi'i-

"Hiduplah seperti yang kita impikan, jangan hidup dalam kepura-puraan dan penuh tekanan. Biarkan kita yang menciptakan masa depan dunia. Untuk bisa seperti itu, kita harus berani keluar dari zona aman"
-Aden Edcoustic-

"We only do those things because we don't like to see our parents, our family and everyone suffering. Everyday you will face trials, rejections, problems, but still you have to keep on moving, because we want to achive a goal, we want to make a remakable life"
-From the movie "The Billionaire/Top Secret-

"Siangnya ia perkasa mengejar mimpi dengan perjuangan yang membumi, malamnya ia laksana sufi yang khusyu' bercengkrama dengan Ilahi. Siang bekerja keras merebut sukses tanpa batas, malamnya ia menangis mengadukan seluruh inginnya kepada Penciptanya"
-Ahmad Rifai Rifan-

"Mereka tiada akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, kecuali dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik tembok. Permusuhan antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena sesungguhnya mereka adalah kaum yang tiada mengerti"
-Q S Al Hasyr : 14-

"Wahai manusia, janganlah berharap bertemu dengan musuh, dan mintalah keselamatan kepada Allah. Tapi jika kalian bertemu dengan musuh maka bersabarlah. Dan ketahuilah bahwa surga ada di bawah bayang-bayang pedang" Kemudian Rasulullah bersabda: "Ya Allah, Dzat yang menurunkan kitab, yang menjalankan awan dan menghancurkan musuh; hancurkanlah mereka dan tolonglah kami untuk mengalahkan mereka!"
-HR Bukhari Muslim-

"Sesungguhnya kita hanya ditolong karena kemaksiatan musuh-musuh kita kepada Allah, jika kita juga sama dalam melakukan maksiat maka adalah mereka lebih utama dari pada kita dalam hal kekuatan, jika kita tidak mengalahkan mereka dengan ketaatan kita, mereka akan mengalahkan kita dengan kekuatan mereka"
-Umar bin Khattab-

"Saat kita telah memulai penyerangan maka pertempuran tidak boleh dihentikan, kita tidak boleh tidur atau makan, minum ataupun beristirahat, kita tidak boleh lalai, kita harus melakukannya dengan tekanan kepada mereka sampai kita bisa menguasai mereka dalam pertempuran"
-Muhammad Al Fatih-

"Kalian harus bergerak maju tanpa gaduh dan tanpa suara, sebaliknya ketika harus berteriak maka harus dilakukan sekeras mungkin"
-Muhammad Al Fatih-

"Tiada cerita di antara mereka kecuali bayangan akan nikmatnya surga yang telah dijanjikan oleh Allah dengan bidadari bermata jeli dan juga kemuliaan yang menanti bila mereka tetap hidup"
-Buku Muhammad Al Fatih 1453-

"Malam itu, Sultan Mehmed, tak dapat memejamkan matanya, bibirnya terus berdzikir dan membaca ayat-ayat suci Al-Quran untuk memaknai setiap langkah yang dia lakukan dalam pengepungan ini. Merasa lelah dengan bacaannya, ia berwudhu, lalu shalat dan kepalanya bersujud tanda tunduk kepada Tuhannya, dalam doanya dia meminta satu kemuliaan: Konstantinopel"
-Penaklukan Konstantinopel, Muhammad Al Fatih-

"Dia (Musa) berkata, "Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar merek mengerti perkataanku"
-QS Tha Ha : 25-28-

"Aku tak suka memperindah rumahku kecuali sekedar memuliakan tamu. Sebab ia membuatku mencintai dunia, melalaikan akhirat, memberatkan langkah ke masjid, dan memalaskan jiwa dari jihad fi sabilillah"
-Abdullah bin Umar-

"Rasa lapar tidak mampu menghalangi mereka, tidak pula kurang tidur, atau pertempuran yang tiada henti, maupun luka dan pembantaian, atau kematian sanak saudara di depan mata mereka, atau pemandangan yang mengerikan yang akan membuat mereka menyerah, atau sekadar mengendorkan semangat untuk mencapai tujuan"
-Kritovulous, tentang Yeniseri-

"Teriakan keras yang mereka lakukan di medan pertempuran, telah menebarkan ketakutan di seluruh penjuru kota dan mencabut nyawa kami"
-Barbaro, tentang Yeniseri-

"Dia merupakan Sultan yang paling agung dari kalangan Bani Utsmani. Dia adalah sultan utama yang memiliki sifat-sifat mulia. Sultan terbesar yang selalu melakukan jihad. Dia adalah Sultan yang paling mampu melakukan ijtihad dan paling kokoh memegang pendirian. Dia Sultan yang paling bertawakal kepada Allah. Dialah yang menegakkan Kesultana Bani Utsman dan membuat undang-undang yang menjadi pengikat di perjalanan waktu..."
-Abdul Hayy bin Al-I'mad Al-Hambali, tentang Sultan Al Fatih-

"Sesungguhnya Allah meletakkan pedang di tanganku untuk berjihad di jalan-Nya. Maka jika aku tidak mampu untuk bersabar dalam menghadapi kesulitan-kesulitan ini dan tidak aku lakukan kewajiban dengan pedang ini maka sangat tidak pantas bagiku untuk mendapatkan gelar Al-Ghazi yang aku sandang sekarang ini. Lalu, bagaimana aku akan menemui Allah pada Hari Kiamat nanti?"
-Muhammad Al Fatih-

"Tahapan Dakwah :
Perbaikan diri
Perbaikan Keluarga (Tazkiyah)
Perbaikan Masyarakat
Perbaikan Pemerintah
Perbaikan Negara
Khilafah Islamiyah
Ustadiyatul Alam (sokoh guru kehidupan)"
-Nan Ady-

"Jika dakwah ibarat pojon, ada saja daun-daun yang gugur berjatuhan. Tapo pohon itu tak pernah kehabisan cara untuk menumbuhkan tunas-tunas baru. Sementara daun-daun yang berguguran tak lebih hanya akan menjadi sampah saja. Dakwah tidak butuh kita, tapi kitalah yang membutuhkan dakwah"
-Tarbawi-

"Untuk itu, kita harus melepaskan diri dari himpitan komunitas jahiliyah, juga konsepsi, tradisi dan tatanan sosial yang berbau jahiliyah, lebih-lebih di dalam jiwa kita. Kita tidak perlu berbaur dengan realitas masyarakat jahiliyah ini, juga tidak perlu menyatakan loyalitas kepada mereka. Karena, mereka dengan karakteristiknyan tidak layak untuk "bergandengan tangan" dengan kita. Yang penting adalah, kita harus memperbaiki diri kita lebih dahulu sebelum kita memperbaiki masyarakat kemudian"
-Sayyid Quthb, Ma'Alim Fi Ath-Thariq-

"Langkah pertama dalam meniti jalan kita adalah menaklukkan masyarakat jahiliyah berikut nilai-nilai dan konsepsi-konsepsinya, dan jangan sampai kita menyelaraskan nilai-nilai dan konsepsi-konsepsi kita, sedikit atau banyak, agar sejalan dengan mereka di "jalan tengah". Sekali-kali tidak! Karena, sejatinya kita dan mereka berada di jalan yang berbeda. Maka, apabila kita menyertai mereka selangkah saja, berarti kita telah kehilangan seluruh manhaj kita dan juga kehilangan jalan kita"
-Sayyid Quthb, Ma'Alim Fi Ath-Thariq-

"Kepedulian kita akan syuro ini, adalah hadiah bagi mereka yang menggugurkan kewajiban jihad kita"

"Tegaknya umat ini bergantung dari akidahnya. Tegaknya akidah bergantung dari dakwahnya. Tegaknya dakwah ini bergantung dari tarbiyah umatnya. Maka pengokohan tarbiyah adalah keniscayaan dalam pergerakan"
-Abdurrahman Amin-

"Hendaklah ada sebagian dari kalian yang ditaqwim untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran. Untuk menjadi kelompok pelopor kebaikan, diperlukan penumbuhan lewat tarbiyah yang berkesinambungan dan konsisten"
-Muhammad K. Renwarin"

"Seseorang yang tumbuh tanpa tarbiyah yang terprogram, ibarat pohon yang tumbuh liar, terlihat menjulang sendirian, sesudah itu mati tanpa penerus"
-Muhammad K. Renwarin"

"Orang yang paling taat adalah orang yang sering mengadu kepada Allah Swt, dan orang yang paling taat kepada Allah adalah orang yang paling pantas menerima amanah"
-Abu Bakar as Shidiq-

"Kalahnya kebenaran tak berarti ia batal, hanya saja ia lemah. Siapa menjauh kala kebenaran lemah, dia tak diperlukan di saat kebenaran kuat"
-Salim A. Fillah-

"Jihad yang utama adalah kalimat hak di depan penguasa jahat"
-H.R Ahmad-

"Sesungguhnya Allah telah memakaikanmu sebuah baja, apabila mereka ingin kamu melepaskannya maka jangan sekali-kali kamu menuruti mereka"
-Rasulullah Saw kepada Utsman bin Affan-

"Bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan (masyarakat) itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan keputusan, maka bertawakallah kepada Allah"
-Ali Imran 159-

"Dan janganlah sekali-kalu kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada takwa"
-Al Maidah : 3-

"Hiduplah sesukamu tapi pasti kamu mati
Cintailah orang yang kamu cintai, tapi pasti kamu berpisah
Berbuatlah sesukamu, tapi pasti kamu di mintai pertanggung jawabannya"

"Kita mungkin sering mengkritik orang lain waktu membaca Al Quran dengan salah panjang-pendeknya, keras-kecilnya suaranya, dll, sampai terjadi pertengkaran.
Tapi kita tidak marah dan mau mengkritik ketika isi Al Quran tidak di terapkan atau salah di terapkan"

"Kita sulit menghafal Al Quran, tetapi mudah mengamalkannya, tetapi generasi setelah kami, mudah menghafal tetapi sulit mengamalkannya"
-Abdullah bin Mas'ud-

"Untuk membantu kita menerapkan syariat Islam, kita membutuhkan tempat. Seperti Rasulullah, mempunyai Madinah sebagai tempat menerapkan syariat Islam"

"Kalau sudah Cinta, maka apa saja jadi tidak perlu ada alasannya
Kalau sudah Cinta, maka apa saja jadi tidak perlu ditagih, meski serasa cukup besar biayanya
Kalau sudah Cinta, ia maka akan jadi demikianlah kiranya
Kalau sudah Cinta, dan memang begitulah besarnya kekuatan Cinta.
Niatan atas tindakan-tindakan yang kita lakukan, tidak terlalu rumit kita cari sebabnya, cukup satu yang kita jadikan alasan. Ini semua karena Cinta.
Lantas apalagi alasan yang tepat selain karena Cinta?"
-Arief Budi-

"Gaya seseorang itu sebenarnya kumpulan dari beberapa gaya orang lain yang diserap dan diseleksi"
-Buya Hamka-

"Turunnya hujan pagi ini adalah sebuah kesegaran dan kesejukan, tetapi ia nya dapat menjadi alasan bagi seseorang untuk terus berkemul dalam selimutnya dan berhujjah untuk menjalankan subuh 'di rumah saja'
Tetapi tidak bagi para pejuang, mereka tetap melangkahkan kakinya ke masjid, berharap titik-titik air ini dpt menjadi saksi di hari akhir nanti"
-Elmo Juanara-

"Barangsiapa yang melepaskan tangan dari suatu ketaatan, dia akan menemui Allah pada hari Kiamat dalam keadaan tidak memiliki hujjah. Dan barangsiapa yang mati sementara di hernya tidak ada bai'at, dia mati dalam keadaan jahiluyyah"
-H.R Muslim-

"Nasehati aku kala sunyi dan sendiri
Jangan di kala ramai dan banyak saksi
Sebab nasehat di tengah khalayak terasa hinaan yang membuat hatiku pedih dan koyak
Maka, maafkan jika aku berontak"
-Imam Syafi'i-

"Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang) maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka, tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau meminta tebusan sampai perang berhenti"
-Q.S Muhammad : 4-

"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambatkan untuk berperang, (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh-musuh Allah dan musuhmu dan juga orang-orang selain mereka"
-Q.S Al Anfal : 60-

"Saya berada di medan jihad di malam hari lebih saya sukai daripada qiyamulail di sisi hajar aswad pada malam Laitul Qadar"
-Abu Hurairah-

"Inilah puasa panjang syahwatku, kekuatan ada pada menahan dan rasa nikmat itu terasa, di waktu buka yang penuh kejutan"
-Salim A. Fillah-

"Istaudi'uLLAHi diinak,wa amaanatak,wa khowaatiima 'amalik.
ZawwadakaLLAHit taqwa,wa ghofaro dzanbik,wa yassaro lakalkhoiro haitsuma kunta. (Aq ti2pkn pd Allah agamamu,amnatmu,&pnutup amlmu.Smg ALLAH mmbekalimu dg ktaqwaan,mngampuni dosamu,mmudahkn bgmu mndpatkn kbaikn dmnpun km brda)"

"Islam beribadah itu akan dibiarkan. Islam berekonomi akan diawasi. Islam berpolitik itu akan dicabut seakar-akarnya"
-Muhammad Natsir-

"Apalagi ketampanan yang tersisa di dunia ini ketika telah dibagi habis kepada Nabi Muhammad SAW, dan Yusuf AS. Dan kecantikan yang telah disempurnakan kepada Sarah istri Ibrahim AS dan Khadijah RA Istri Rasulullah. Hingga pesona kebajikan pun telah direnggut habis oleh Utsman bin Affan dan kelurahan budi telah dimiliki secara purna oleh Aisya RA"
-Anis Matta-

"Ini bukan soal pemenuhan kebutuhan. Karena kini orientasi massa telah diubah dari need kepada want. Bukan soal punya uang atau tidak punya uang. Ini soal eksploitasi -ekonomi, budaya, bahkan politik- terhadap konsumen dengan imaji-imaji sesat"
-Salim A. Fillah-

"Iklan telah mengajarkan bahwa wanita dihargai hanya sebatas kilau rambut, kemulusan wajah, dan putihnya kulit. Iklan telah mendidik kita untuk menstandarkan kebenaran pada penilaian manusia kebanyakan tanpa nalar dan sikap kritis"
-Salim A. Fillah-

"Dan ujungnya, tercapailah misi jahiliah: penolakan terhadap kebenaran sekaligus pengusiran para pembawa kebenaran itu. Bahkan orang yang tidak terlibat dalam kekejian akan mereka sebut sok suci dan sok bersih!"
-Salim A. Fillah-

"If you cannot respect your husband or wife in public, do not expect their love & respect in private! How shameful that some talk super smoothly with the whole world - bosses, colleagues, friends, relatives - but forget the right of their spouses! Remember - if this is what your children are seeing from you, a time will come when they will stop respecting you too"
- Shaykh Tawfique Chowdhur

“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan tipu daya mereka, tetapi Allah justru menyempurnakan cahayaNya, walau orang-orang kafir membencinya”
-Ash Shaff : 8-

"Sesungguhnya Allah dengan Al-Quran ini telah mengangkat derajat suatu bangsa dan dengan Al-Quran ini pulalah Allah akan menjatuhkan bangsa lainnya"
-HR. Muslim"

"Jangan letakkan kata-katamu pada mayoritas, tapi pada kebenaran, rubah dunia dari dirimu maka Allah akan mengubah dunia untukmu"

"Standar paling mudah untuk 'bersaudara' adalah saat seseorang dengan bebas mengakses kantong uang saudaranya"
-Hasan Al Bashri-

"Dalam perjuangan itu, musnah segala khawatir dan takut. Hilang gelisah, resah, dan kalut. Karena kebersamaan yang kita ukir begitu meneguhkan. Kebersamaan yang menyandarkan kekuataannya kepada Allah, Dzat yang telah meridhai kebersamaan dan persaudaraan ini"
-Salim A. Fillah-

"akan senantiasa ada dalam umatku, golongan yang senantiasa menegakkan kebenaran, musuh-musuh mereka tidak mampu membahayakan mereka saat Allah menentukan urusannya"
-HR Bukhari Muslim-

"Islam memuliakan semua posisi. Kalau tak memungkinkan menjadi karang yang kokoh di dasar lautan, menjadi rumput nan lemah lembut yang tak goyah dipukul ribut pun tetap agung nilainya"
-Salim A. Fillah-

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang tidak menonjolkan diri, taqwa dan shalih. Apabila tidak hadir, mereka tak dicari-cari. Apabila hadir mereka tak dikenali. Mereka bagaikan lentera-lentera petunjuk yang menerangi setiap kegelapan"
-HR Al Mundziri-

"Wanita adalah madrasah utama sebelum bangunan-bangunan tak bernyawa menjadi strata lanjut pendidikan seorang anak"

"Tarbiyah menumbuhkan seseorang dari kekanakan ruh, kekanakan akal dan kekanakan jasad menuji kematangan dan kedewasaan masing-masingnya"
-Salim A. Fillah-

"Betapa rindu kita pada pemimpin yang bisa menangis. Minimal menangis. Karena cinta. Pemimpin yang sadar bahwa ia akan ditanya dan diminta bertanggungjawab atas jutaan pengangguran, milyaran kasus kriminalitas, jatuhnya moral remaja, dan perempatan jalan yang penuh peminta. Minimal sadar. Karena cinta. Ia seperti kata Nabi, "Mencintai kalian, dan kalian pun mencintainya"
-Salim A. Fillah-

"Rasulullah, Muhammad Saw itu ...
Adalah orang besar
Pengusaha sukses
Seorang panglima perang
Seorang orator handal
Pemimpin negara
Seorang negosiator paling brilian
Suami dan ayah yang baik
Teman duduk dan rekan seperjalanan yang menyenangkan"

"DAN BERPEGANGLAH KAMU SEMUANYA KEPASA TALI (AGAMA) ALLAH, DAN JANGANLAH KAMU BERCERAI-BERAI.."
-QS Ali Imran : 103-

"Dengan islam, tidak menjadikan Abu Bakar ra yang lemah lembut menjadi lemah gemulai, dengan islam tidak menjadikan Umar bin Khattab ra yang keras menjadi kasar dan arogan, dengan islam tidak menjadikan Usman bin Affwan ra yang pemalu jadi malu-maluin, dan dengan islam juga tidak menjadikan Ali bin Abi Thalib ra yang cerdas menjadi sombong akan kecerdasannya.
Islam memuliakan semua posisi, entah orang itu orang yang lembut, keras, pemalu, dan cerdas. Ah, begitu indah celupan itu, celupan warna ilahi, yang menjadikan semua manusia mulia karena islam. Lantas, adakah celupan yang lebih baik dari celupan-Nya?"

"Alangkah indah yang dicontohkan Ali ra dengan infaq empat dirhamnya: satu dirham untuk siang, satu dirham untuk malam, satu dirham terangan-terangan, satu dirham sembunyi-sembunyi"

"Kalau kau meninggalkan ibadah karena khawatir dilihat orang, maka kau riya'. Dan kalau kau beribadah agar dilihat orang, kau berbuat syirik!"
-Fudhail ibn 'Iyadh-

"Siapa pun bersumpah dirinya untuk menjalani hidupnya demi agamanya, ia kelak akan memiliki hidup yang lelah, tetapi yakinlah ia akan hidup "Megah". Dan bahkan jika tentara kegelapan mengepung di sekelilingnya, ia yakin sepenuhnya tentang datangnya fajar"
-Sayyid Qutbh-

"Mungkin ada mantan mutarabbi. Tapi tak ada mantan murabbi. Dan tarbiyah adalah kisah cinta, yang mengantar kita ke ufuk dakwah. Setelah itu, hidup tak pernah sama lagi"
"Menikmati subuh dengan segala kesyahduannya, dengan segala keheningannya, dengan segala semilir angin-angin sejuk yang bergelintir-lintir.
Ditemani dengan dinginnya air wudhu dan hangatnya pakaian yang di berikan oleh Allah, melangkahkan kaki ke masjid,
'Sesungguhnya sholat terberat bagi orang munafik adalah isya & subuh berjamaah di masjid'"
#SemilirAngin #PagiSyahdu #PakaianHangat

"Bagi saya kampus itu adalah alam liar. Layaknya burung yang keluar dari sarangnya, maka ia akan terbang dengan cepat, tinggi dan mengangkasa, sebebas-bebasnya. Demikian dengan kampus, ketika keluar dari terkukungkungan ruang akademik yang mengekang (kelas sewaktu SMA), maka sudah sewajarnyalah seekor Rajawali terbang menjelajah alam liarnya, mencari mangsanya, mengasah kukunya, menanjamkan paruhnya, dan ia pun berkata, 'maka inilah saatnya mengakselerasi diri!'"
-Elmo Juanara, Tentang Kampus-

"Maka sucilah buku sebagaimana suci jiwa yang menuangkan inspirasinya. Maka abadilah buku, sebagaimana abadinya niat suci penulisnya. Meski, mereka masih manusia. Ada salah ada lupa"
-Salim A. Fillah-

"Ya Allah aku meminta pilihan kepadaMu dari ilmu-ilmuMu. Dan aku meminta keputusan dariMu"
-Doi'a Istigharoh-

"Sesungguhnya ideologi perubahan Islam menghendaki adanya satu barisan yang terseleksi, dan mereka inilah para pelopor perbaikan. Namun demikian, perubahan ini harus memasyarakat, karena di sinilah akar dan kekuatan mereka"
-Ust Fathi Yakan-

"Dakwah yang tenang, namun lebih gemuruh dari tiupan topan yang menderu..
Dakwah yang rendah hati, namun lebih perkasa dari keangkuhan gunung yang menjulang..
Dakwah yang dekat, namun lebih luas dari belahan bumi seluruhnya"
-Hasan Al Banna-

“Di antara kita ada yang besok turun jalan lalu pulang ke rumah. Di antara kita ada yang turun jalan lalu masuk tahanan. Di antara kita ada yang turun jalan tapi tidak kembali ke dalam kehidupan lagi. Tapi semuanya harus turun untuk membela negara yang sedang diculik sementara"

"Dunia seolah telah bersuara satu untuk demokrasi.
Dan hari ini rakyat Palestina pun senada.
Jika mereka harus dihukum karena mimilih Hamas, maka demikian pula rakyar Amerika harus dihukum karena memilih Bush!"
-Khalid Misy'al-

"Cukuplah anda duduk selama lima menit dengan seorang wanita sehingga Anda memiliki proporsi tinggi dari hormon meningkat"
-Abduldaem Al-Kaheel-

"Kemimpinan yang didukung penuh rakyat seperti ini memang manis. Tapi aku takut, tak ada jalan turun"
-Solon-

"Karena cinta, Romeo rela menegak racun di hadapan jasad Juliet yang pura-pura mati
Karena cinta, seorang Hitler rela bunuh diri menyusul isterinya yang telah mati
Karena cinta pula seorang suami rela membangun Taj Mahal sebagai persembahan kepada istrinya
Lantas, sebegitu berbahayanya kah cinta?"

"Dalam hal paling sederhana, da'wah bukanlah yang mengutuk kristenisasi bermodal mie instan, apalagi menyalahkan mereka yang membutuhkan mie instan. Kepemimpinan da'wah menjawab lebih dari sekedar, "Mengapa iman bisa ditukar mie instan?", tapi, "Bagaimana hal itu tidak terjadi?" Dan bahkan, "Bagaiaman mencukupkan gizi bangsa, hingga orang tak lagi makan mie instan"
Û-Salim A. Fillah, Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim-

"Dulu aku pernah menganggap bahwa membenci sebuah perbuatan tanpa membenci orangnya adalah omong kosong dan mustahil. Tetapi sekarang aku merasa bahwa aku sudah bertahun-tahun melakukannya pada seseorang: diriku sendiri!"
-Sastrawan-

"Ketika kita jujur pada Allah atas target-target kita, Dia akan menggenapkannya untuk kita. Pasti."
-Salim A. Fillah-

"Ada tiga golongan yang wajib bagi Allah menolong mereka. Pertama, budak mukatab yang ingin melunasi dirinya agar bisa merdeka. Dua, orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya dari ma'shiat. Dan ketiga, para mujahid di jalan Allah"
-HR Tirmidzi-

"Maka aku katakan kepada mereka: "Beristigfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?"
-QS Nuh 10-13-

"Bila cemburu, bila rindu, bila sedih kehilangan sesuatua, ucapkanlah "Ma Fi Qalbi Ghairullah (Tiada dihatiku melainkan Allah)"
-Nur F-

"Hiburan dan keramaian ini oleh Rasulullah disebut sebagai pembeda antara yang haram (perzinaan) dengan yang halal (pernikahan), karena pernikahan seharusnyalah diumumkan pada khalayak dengan keramaian sementara perzinaan umunya sembunyi-sembunyi"
-Salim A. Fillah-

"Kalaupun dia tidak tahu kita menyukainya.
Kalaupun dia tidak tahu kita merindukannya.
Kalaupun dia tidak tahu kita menghabiskan waktu memikirkannya.

Maka itu tetap cinta. Tidak berkurang se-senti perasaan tersebut.

Justeru dengan ngotot ingin bilang, ingin pacaran, ingin aneh-aneh, perasaan itu tiba2 ber-metamorfosis menjadi egoisme dan sebatas keinginan yang tidak terkendali saja.

Bersabar dan diam lebih baik. Jika memang jodoh akan terbuka sendiri jalan terbaiknya. Jika tidak, akan diganti dengan orang yang lebih baik"
-Tere Liye-

"Mereka sudah cukup senang dengan mimpi-mimpi dan teruji dengan keberuntungan. Mereka bilang menyelami laut perjuangan, tapi mereka toh tak teruji. 'Celakalah hamba dinar, celakalah hamba dirham, celakalah hamba selimut'"

"Jangan panggil aku
Kecuali dengan seruan "Hai hamba-Nya,"
Karena itulah semulia-mulia namaku"
-RPIM hal 65-

"Islamlah ayahku,
Aku tak punya ayah selain itu
Biarlah mereka bangga dengan Qais atau Tamim"
-RPIM hal 65-

"Katakanlah, 'Inilah jalan(agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata.' Mahasuci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik."
-Q.S Yusuf : 108-

"Kami juga ingin agar umat kami -dan kaum muslimin semua adalah umat kami- mengetahui bahwa Ikhwanul Muslimin membawa misi dakwah yang bersih dan suci, bersih dari ambisi pribadi, bersih dari kepentingan dunia, dan bersih dari hawa nafsu"
-Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin-

"Kami tidak mengharapkan sesuatu pun dari manusia, tidak mengharap benda atau imbalan yang lainnya, tidak juga popularitas, apalagi sekedar ucapan terima kasih"
-Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin-

"(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, 'Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,' maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung'"
-Q.S Ali-Imran : 173-

"Jika Allah menolong kamu, niscaya takkan ada yang sanggup mengalahkanmu"
-Q.S Ali Imran : 160-

"Kalau manusia menolak hujjah
dan bersikap tiran,
Perang lebih baik bagi dunia
dari perdamaian"

"Kekuatan adalah jalan yang paling aman untuk memunculkan kebenaran. Sungguh suatu keindahan yang sepurna bila suatu saat kekuatan bisa berjalan beriringan dengan kebenaran"
-RPIM 1-

"Barakallahulaka wabaraka alaika wajama'abainakuma fikhoirr"

"Pohon yg besar dan kokoh pasti tertimpa panas matahari secara langsung, karena yg ditempat teduh dan dingin itu hanya lumut dan benalu"

"Puncak ketenangan,
Penuh alunan yang syahdu,
Terasa sangat tentram, sangat nyaman
Rasa-rasanya..
Siap untuk kembali ke dalam koridor, mempersiapkan amunisi, mengumpulkan semangat yang sempat berserakan dan melesat jauh menempus impian.. Menuju pemaknaan hidup yang hakiki"
-Elmo Juanara-

"Long-term goal should supersede short-term decision making or goals. Develop, work, grow, and align the company towards a common goal that is bigger than making money"
-The Toyota Way-

"Productivity is never an accident. It is always the result of a commitment to excellence, intelligent planning, and focus effort"
-Paul J. Meyer-

"Knowing exactly what you want to do, and then seeing that they do it the best and cheapest way"
-Fredrick W. Taylor-

"Orang-orang yang briman kepada Allah dan hari kemudian, TIDAK AKAN MEMINTA IJIN untuk tidak ikut kepadamu berjihad dengan harta dan jiwa mereka. ALLAH mengetahui orang-orang yang bertakwa"
-At-Taubah: 44-

"Mereka melakukan itu bukan karena ambisi kekuasaan, bukan pula karena semangat ekspansionis. Semua orang tahu kezuhudan mereka terhadap kedudukan dan popularitas. Agama Islam telah mengenyahkan semua kecenderungan menuju kesana, dimana sekelompok orang menikmati hidup dengan cara mengorbankan sebagian besar manusia lain"
-RPIM 1-

"Dalam Islam, seorang Khalifah tidak berbeda sama sekali dengan rakyat pada umumnya. Ia mendapatkan gaji dari Baitul Mal sama seperti gaji yang diberikan kepada orang lain. Tidak ada yang membedakannya dengan rakyat kecuali wibawa dan kehormatan iman yang dianugerahkan oleh Allah swt. Kepadanya"
-RPIM 1-

"Jadi, mereka keluar dari rumah-rumah mereka bukan karena ambisi kekuasaan, bukan juga untuk memburu harta dan popularitas, apalagi nafsu imperialisme. Mereka keluar semata-mata untuk menunaikan satu misi suci sebagaimana yang telah diwasiatkan nabi mereka, Muhammad saw. Sebuah amanat yang mengharuskan mereka berjihad di jalan Allah swt"
-RPIM 1-

"Mahasiswa itu sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah. Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat"
-Campus Undercover-

"Apa mungkin tercapai saat kita hanya mengurung diri kita dalam tembok angkuh ruang kelas dan laboratorium?"
-Campus Undercover-

"Ingin rasa mengajak mereka berlari, namun bagaimana mungkin engkau berlari sedangkan mereka masih merangkak, berjalan bahkan butuh dituntun dan didampingi"
-Idzkhir al-Mu'adz-

"I just wanna share especially to the young people in the audience

You don't have something called free time, guys. You don’t. You are members of this ummah. Every member of this ummah is constantly working to make this society better. To do something good for people. You don’t time to play video games for 8 hours, you don’t have time for the new movie that’s coming out, you have time to do more important things.

Hold yourself to a higher standard. Not because the elders are telling you, because the sheikh is telling you, because somebody else is telling you. Because your own conscience should tell you. Your “La Ilaha illAllah” should tell you, man.

You will see corruption around you in society, you will see youth that are getting away from Allah. Who do you think will invite them? Me? No! Those kids don’t come to the masjid. Those kids don’t come to any halaqaat. I have no way of reaching them, they’re your friends! You gotta go to them, you have to be their duaat, you have to be an inspiration to them. Make sure that you have to become a person of concern for those around you. Don’t just complain about your friends.”
-Ustadh Nouman Ali Khan-

"Seandainya seekor kambing di Irak terpeleset kakinya, maka aku menganggap dirikulah yang harus bertanggung jawab di hadapan Allah. Mengapa aku tidak membuatkan jalan untuknya?"

“Lima tahun dari sekarang Anda akan tetap sama seperti hari ini, kecuali jika Anda melakukan dua hal berikut ini: buku-buku yang Anda baca dan orang-orang baru yang menjadi sahabat Anda”
-Charles Tremendous-

"Kebekuan ketika terjaga, memperberat langkah kaki untuk bersuci, dan ketika air mengguyur kulit diri, dingin itu merasuk sampai ke tulang, tetapi ingat pesan nabi 'sempurnakanlah wudhumu!'"
#SubuhDiKereta #SarnasFSLDK

"Selayang impian beberapa tahun silam, Allah menggenapkannya di tahun ini, menghantarkan akselerasi diri, bertatap dengan saudara seiman se-Indonesia, 'maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?'"
#RoadToIPBBogor , Sarasehan Nasional FSLDK 2013

"Menginjak bumi Bogor, kampus mahsyur IPB. Berbesih diri dengan kesejukan air Bogor. Terasa kehangatan di setiap jabat tangannya, terpancar kelip-kelip cahaya di setiap senyuman, terpatri kuat di dalam hati jejak-jejak para pendahulu, dan tertunduk syahdu dalam nikmat sujud kepadaNya. Hari esok lebih menantang!"
#SarnasFSLDK2013, IPB Bogor

"Mentari pagi Bogor menerpa sekujur tubuh, menelisik di setiap rongga-rongga badan, hangatnya, membakar semangat untuk terus mengisi ruang-ruang galeri karya anak bangsa

Pun dengan diri kita, refleksi dari hangatnya sinar mentari ini semoga dapat melebur dosa, membersihkan segala kekhilafan lampau yang melekat, dan memurnikan keburukan-keburukan yang sempat belepotan di dalam diri

Karena, dekatnya masalah dan solusi itu sama dekatnya seorang hamba ketika ia sujud kepada Tuhannya"

#MuhasabahPagi #AlHurriyahBogor #SarnasFSLDK2013

"Karena beda engkau dengan profesi lainnya adalah sebuah keniscayaan

Ketika orang lain menerima, engkau memberi
Ketika orang lain dibina, engkau membina
Ketika orang lain berbuat, engkau bertanggung jawab

Guru bukan hanya sekedar yang mengajarkan menyelesaian soal atau menuntaskan kurikulum, tapi lebih menanamkan pembelajaraan yang sarat akan makna-makna kehidupan.

Belajar dari Jepang, ketika dua kota besarnya di luluh lantakkan oleh bom atom, lantas apa yang di tanyakan oleh pemimpinnya? "Berapa jumlah guru yang masih hidup?"

#SelamatHariGuru #TeacherMakesBetter

"Pola pikir anti-demokrasi ini pernah menjadi alat propaganda Orde-Baru agar pelajar kembali ke kelas dan akhirnya terjadi pembusukan organisasi pelajar"
-Ridwansyah Yusuf A-

"Ada masanya gemerlap dunia yang kita rebutkan ini ternyata sangat pendek, singkat, remeh, sirna, tidak berharga, tak ada guna"
-Sayyid Quthb-

"Allah Maha Tahu, kapan kita akan siap untuk menerima sebuah tanggung jawab besar untuk membentuk suatu peradaban kecil yang di mulai dari sebuah keluarga"
-Kiptiah Hasan-
 "Menikmati subuh dengan segala kesyahduannya, dengan segala keheningannya, dengan segala semilir angin-angin sejuk yang bergelintir-lintir.
Ditemani dengan dinginnya air wudhu dan hangatnya pakaian yang di berikan oleh Allah, melangkahkan kaki ke masjid,
'Sesungguhnya sholat terberat bagi orang munafik adalah isya & subuh berjamaah di masjid'"
#SemilirAngin #PagiSyahdu #PakaianHangat

"Bagi saya kampus itu adalah alam liar. Layaknya burung yang keluar dari sarangnya, maka ia akan terbang dengan cepat, tinggi dan mengangkasa, sebebas-bebasnya. Demikian dengan kampus, ketika keluar dari terkukungkungan ruang
akademik yang mengekang (kelas sewaktu SMA), maka sudah sewajarnyalah seekor Rajawali terbang menjelajah alam liarnya, mencari mangsanya, mengasah kukunya, menanjamkan paruhnya, dan ia pun berkata, 'maka inilah saatnya mengakselerasi diri!'"
-Elmo Juanara, Tentang Kampus-

“We think about our problems all the time, but we don’t think about all the problems Allah saved us from.”
- Ustadh Nouman Ali Khan-

"Ilmu tidaklah diukur berdasarkan banyaknya riwayat dan perkataan, namun ilmu adalah cahaya yang dimasukkan ke dalam hati yang dengannya seseorang dapat mengenal kebenaran, membedakan antara yang haq dan yang bathil, kemudian disampaikan dengan ungkapan yang ringkas dan padat untuk mencapai maksud yang dikehendaki"
-Mutiara Hikmah-

"Orang Besar masalahnya Besar, Orang Kecil masalahnya Kecil. Orang Besar pasti selalu berusaha di jatuhkan dan ia berani melewati tantangan itu, karena memang yang kecil tidak berani jatuh dan takut untuk melangkah

Buka Pikiran, Buka Hati, Karena Hidup ini Hanya Sekali, sayang jika Tidak Berarti ..

Kalimat ini yang menjadi penyejuk dan pengobar semangat serta harapan untuk terus berkarya dalam sakit, “Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan tipu daya mereka, tetapi Allah justru menyempurnakan cahayaNya, walau orang-orang kafir membencinya”
-Elmo Juanara-

"Silahkan berbinis, silahkan berdagang apapun yang kau sukai, tetapi ingat jika niatnya hanya untuk mencari keuntungan diri sendiri, tunggu saja masa kehancurannya. Bukankah Google dan YouTube dibangun atas dasar 
#Kebermanfaatan untuk orang lain?"
#MuhasabahEntrepreneur

"Padahal Islam menganjurkan kepada mereka untuk melihat alam, memikirkan rahasia-rahasia penciptaan, dan berjalan di muka bumi untuk kemudian merenungkan kalam Allah"
"Katakanlah, "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi." (Yunus: 101)"
-RPIM 1-

"Apa yang kita inginkan? Apakah kita ingin menumpuk harta, padahal ia adalah kenikmatan yang cepat sirna? Ataukah kita menginginkan kedudukan, padahal ia sesuatu yang tidak abadi? Ataukah kita menghendaki kekuasaan di muka bumi?"
#MenjagaNiat,MenataHati

"Mutiara itu sejatinya ada di dasar laut. Sesuatu yang bernilai itu selalu jauh, dalam, dan susah untuk didapatkan. Jika ada sesuatu yg nampak seperti mutiara, tapi berada di permukaan. Percayalah, itu buatan dan bualan"
-Enje-

"Kalau tak menemukan pundak tempatmu bersandar, jangan putus asa, masih ada lantai untuk tempatmu sujud "
-Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Jika kerja hanya untuk gaji, jika sekolah dan kuliah hanya demi nilai, jika dagang hanya demi laba, jika berdakwah hanya demi sebutan ustadz, jika sedekah dan dhuha hanya demi dunia, jika status hanya demi like, jika twitter hanya demi jumlah follower, lalu apa yg kelak kita bawa menghadap Allah?"
-Ahmad Rifa'I Rif'an-

"Aku tak peduli atas keadaan susah atau senangku, karena aku tak tau mana yg lebih baik bagiku"
-Umar bin Khotob-

"Ajarilah wanita apa yang dibutuhkannya dengan melihat kepada tugas dan peran yang telah dititahkan oleh Allah kepadanya, yakni mengurus rumah dan mendidik anak"
-Hasan Al Banna-

"Tingkatkan kualitas kata-katamu, bukan meningkatkan nada suaramu, adalah air hujan yang mampu membuat bunga-bunga tumbuh bermekaran, bukan keras dan dahsyatnya suara petir & halilintar"
-Jalaludin Rumi-

"Kami akan katakan pada kalian akan apa yang diakibatkan oleh kelezatan bertemu dan kenikmatan bercengkramanya lelaki-perempuan. Akibat itu adalah hilangnya kehormatan, rusaknya jiwa dan perilaku, kehancuran rumah, kesengsaraan keluarga, rawannya kriminalitas, degradasi moral, tidak mempunyai kejantanan yang tidak hanya sekedar sampai pada kebancian dan kelembekan. Sungguh hal ini bisa dibuktikan dan tidak akan membantah kecuali oleh orang yang sombong"
-RPIM 2-

"Dampak negatif ikhtilat ini seribu kali lipat lebih banyak daripada manfaatnya. Jika bertentangan antara maslahat dan kerusakan, maka tentunya menghalau kerusakan itu lebih di utamakan"
-RPIM 2-

"Oleh karena itulah, kami berseru bahwa masyarakat Islam itu adalah masyarakat tunggal, bukan masyarakat ganda. Para lelaki punya masyarakat sendiri sebagaimana wanita punya masyarakat sendiri"
-RPIM 2-

"Pengharaman khalwat dengan lawan jenis yang bukan mahramnya adalah salah satu hukum dari sekian hukum-hukumnya. Menundukkan pandangan adalah bagian dari kewajiban-kewajibannya. Menetap di rumah bagi seorang wanita sampai ketika shalat merupakan syi'ar dari sekian banyak syi'ar-syi'arnya. Dan menjauhi rangsangan, baik suara maupun gerak dengan segala macam fenomena berhias adalah salah satu dari sekian banyak garis ketetapannya"
-RPIM 2-

"Wahai Nabi katakan pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang dengan demikian itu supaya mereka mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu"
-QS Al Ahzab : 59-

"Pandangan itu anak panah beracun dari anak-anak panah iblis. Barangsiapa yang menghindarinya karena takut kepada-Ku, Aku akan menggantinya dengan iman yang akan ia dapatkan manisnya keimanan itu di dalam hatinya"
-HR At Thabrani dan Al Hakim-

"Janganlah seorang wanita berpergian selama dua hari, kecuali bersama orang yang menjadi mahramnya atau bersama suaminya"
-HR Bukhari dan Muslim-

"Sesungguhnya Islam melihat adanya tugas yang aksiomatik (kebenaran yang tidak perlu pembuktian lagi) dan asasi bagi wanita, yakni mengurus rumah dan mendidik anak. Maka hendaklah ia sebagai anak gadis yang dipersiapkan untuk masa depan keluarga, sebagai istri yang intens dalam mengurus rumah dan berbakti kepada suaminya, sebagai seorang ibu yang menjadi pendaping suami dan pendidik anak, serta berkonsentrasi penuh untuk rumah. Ia adalah pengurus, pengatur, dan ratu rumah tangga. Maka adakah waktu bagi wanita untuk selesai dari urusan-urusan rumahnya untuk kemudian mengurus yang lainnya?"
-RPIM 2-

"Tidak ada gunanya perkataan seorang khatib di atas mimbar setiap Jum'at, "Sesungguhnya khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan. " (Al Maidah : 90) Padahal pada saat yang sama undang-undang negara mebolehkan mabuk-mabuk dan para aparat pun tidak segan-segan melindungi para pemabuk, bahkan mengantarkan mereka (ketika mabuk) sampai ke rumah dengan aman"
-RPIM 2-

"Adapun buih itu, ia akan hilang sebagai sesuatu yang tiada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan"
-QS Ar Ra'd : 17-

"Begadangnya mata ini Rabbi jika bukan untuk wajah-Mu adalah sia-sia. Dan isak tangisnya jika bukan lantaran kehilangan diri-Mu Ilahi adalah kebatilan belaka"
-Sang Arif Bijak Bestari-

"Memang tiada yang memberi manfaat lebih baik bagi hati, selain kesunyian yang merasuki pemikiran. Tiada yang menyucikan jiwa lebih utama, selain dari rakaat yang ditunaikan secara khusyu', yang menghapus dosa, membasuh noda dan aib, menanamkan cahaya iman dalam kalbu, dan menentramkan dada dengan sejuknya embun keyakinan"
-RPIM 2-

"Anda pasti lebih heran ketika mengetahui bahwa sebagian orang yang bekerja di lahan dakwah dan duduk di lembaga pengadilan Islam ada yang mengabaikan urusan shalat dan menganggapnya remeh. Seakan-akan Nabi saw. belum pernah berkata bahwa shalat itu adalah tiang agama"
-RPIM 2-

"Tanggal 4 di Tahun 2014:
Akhir tahun menjadi kado terindah, awal tahun pun memberi banyak fenomena mengejutkan dan mengharukan. Banyak yang dulunya kecil dan melingkar, dikata sekumpulan aktivis berkompeten juga bukan, apalagi sekumpulan mahasiswa yang prestatif nan unggul dalam segala bidang. Itu bukan mereka. Yang kutahu dari mereka, saudaraku itu punya semangat belajar, konsistensi berkontribusi yang panjang, serta selalu menyisipkan keceriaan dalam berkarya. Sekarang mereka membesar bahkan menjadi panutan, AWAS gelombang POPULARITAS dan ajakan KEANGKUHAN. Ingat tujuan awal yang pernah kita tuliskan bersama di malam yang dingin mungkin di skitaran mushola, atau bahkan di warung2 makan kecil tempat peraduan harapan didampingi makanan kesukaan.

Salam untukmu kawan2 kecil yang sekarang berada di bahtera yang besar. Sekilas lihatlah sekitar, ancaman ombak yang senantiasa mengintai nan dahsyat mulai mendekat. Nikmati saja perjalanan itu nahkoda jagoanku. Itu mengasyikkan. Jangan seperti Nahkoda TITANIC yang hancur karena kenagkuhan. Kalau anda yakin bisa, apalagi saya. Dermaga itu sudah dekat. Muhammad dan rasul yang lain menunggu di dermaga itu. Mereka bersiap berjamaah bersama kita dalam jannah yang dinanti setiap insan. Dermaga yang bakal menjadi hadiah ketika anda (memang) amanah. Pesanku untuk saudara2 kecilku yang menjadi aktor dalam "theatre of dream" Kampus UB *minimal setahun kedepan. Ingat yang diatas (Allah SWT) serta ingat yang dibawah (staf/rakyat/jundi) anda. Itu kekuatan anda. Yakinkan kami kalau anda mendekati karakteristik PEMIMPIN dari SORGA yang dilantunkan indah oleh Armand Maulana.....

"Pimpinlah KAMI dengan cinta, Pimpinlah KAMI dengan rasa, Pimpinlah KAMI dengan sayang, Jadilah PEMIMPIN dari SORGA...." (GGIG Band)

KAMMI tunggu fenomena2 selanjutnya,,,,,wahai saudara seiman???? atau bahkan saya harus juga berada didalam lingkaran fenomena itu. Hemm... merenung, berfikir, dan harus segera beertindak...

BAHAGIA (pernah) belajar bersama ANDA. Belajar dalam hening dan sayup-sayup indah iringan ayat suci al-qur'an dari lisan.

#untukINDONESIAdanISLAM"

-Dedi Cah(a)yadi-
Menjelang Maghrib di Bumi Arema

"Al-Quran memperingatkan agar ada segolongan di antara kita yang mempelajari agama, dan tidak ikut berperang. Dengan demikian, seakan-akan Al Quran memperingatkan kita untuk tidak jatuh pada fallacy of composition"
-Rekayasa Sosial-

"Tiada terlalu dikenal oleh manusia, tiada di eluh-eluhkan keberadaannya, apalagi menjadi populer di hadapan manusia, ia pribadi yang hanya bicara jika diminta, tetapi .. semua penduduk langit merindukan kehadirannya" 
#ProfileSahabat #Terasing #BerkaryaDalamDiam
-Elmo Juanara-

"Setiap kita akan senantiasa diuji oleh Allah SWT pada titik-titik kelemahan kita. Orang yang lemah dalam urusan uang namun kuat terhadap fitnah jabatan dan wanita tidak akan pernah diuji dengan wanita dan jabatan. Tetapi orang yang lemah dalam urusan wanita namun kuat dalam urusan uang tidak akan pernah diuji dalam masalah keuangan.

Orang yang mudah tersinggung dan gampang marah akan senantiasa dipertemukan oleh Allah dengan orang yang membuatnya tersinggung dan marah sampai ia bisa memperbaiki titik kelemahannya itu sehingga menjadi tidak mudah tersinggung dan tidak pemarah"
-Ust Radhmat Abdullah-

"Pemerintah Islam adalah pemerintah yang anggotanya terdiri dari kaum muslimin yang menunaikan kewajiban-kewajiban Islam, tidak berterang-terangan dengan kemaksiatan, dan konsisten menerapkan hukum-hukum serta ajaran Islam"
-RPIM 2-

"Tidaklah mengapa menggunakan orang-orang non Islam (jika dalam keadaan darurat) asalkan bukan untuk posisi jabatan strategis. Tidak terlalu penting mengenai bentuk dan nama jabatan itu, selama sesuai dengan kaidah umum dalam sistem undang-undang Islam"
-RPIM 2-

"Seseorang berjalan (pergi) dalam rangka memenuhi hajat saudaranya itu lebih baik daripada I'tikaf satu bulan di masjidku ini"

"Menunggu detik-detik terpejamnya mata hingga saat terlelap
Ternyata berpayah-payah itu itu nikmat, berlelah-lelah itu lezat"
#NikmatnyaBeraktivitas
-Elmo Juanara-

"Di balik kekafiran yang meledak-ledak, terdapat hati yang belum pernah berbenturan dengan arus Islam yang kuat dan belum pula berbenturan dengan "strum listrik" yang besar. Kalau saja perbenturan itu sangat kuat, niscaya akan mengubah seluruh eksistensi dirinya. Inilah yang terjadi dalam takdir Allah dan mendorong Islamnya seorang tokoh besar Umar bin Khaththab ra."
-Manhaj Haraki, Jilid 1-

"Kadang-kadang puncak kekejaman dan kediktatoran seorang thaghut bisa hancur dari dalam dan rontok di hadapan ketegaran orang-orang yang tertindas dalam mempertahankan kebenaran dan keteguhan, serta pengorbanan para mujahidin di jalan Allah"
-Manhaj Haraki, Jilid 1-

"Tetapi, kita keliru besar jika menyamakan semua orang dengan Umar. Di samping peristiwa Islamnya Umar, juga ada kepribadian Sa'I'd ra. yang menyembunyikan keislamannya dari kaumnya, padahal ia termasuk sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga. Juga ada kepribadian Khabbab yang bersembunyi ketika mendengar suara Umar, padahal ia termasuk generasi pertama di kalangan Muhajirin. Kaum muslimin, pada masa itu, tidak pernah mencela Khabbab dan Sa'id, atau menuduh keduanya sebagai pengecut dan sebagainya"
-Manhaj Haraki, Jilid 1-

"Semangat yang membabi buta dalam MENGIKUTI PRIBADI TERTENTU atau peristiwa tertentu dalam Islam adalah sikap yang tidak benar. Sebab, tidak semua pribadi adalah Umar dan Hamzah. Juga tidak semua orang adalah Khabbab dan Sa'id. Islam menerima semua contoh teladan tersebut. MASING-MASING PUNYA PERAN, TANGGUNG JAWAB, dan MISI TERSENDIRI"
-ManHar, hal 104-

"Tak ada ikhwah yang tak retak..
Dalam realitas yang selalu "retak", aktivitas mencermati, mengkritisi, dan mengoreksi adalah aktivitas yang sehat dan sangat diperlukan dalam dakwah ini.

Semoga Allah menjaga kita semua, karena di tangan dan hati kita sebagian persoalan umat terbebankan

Mari kita hargai ikhwah karena keunggulannya, bukan menilai dari kelemahannya"

"Sungguh, kehidupan dunia ini hanyalah sementara ..

Setiap perasaan senang, gelisah, benci, rindu, atau terharu yang datang silih berganti merupakan bumbu di kehidupan ini

Perjumpaan dengan orang-orang menginspirasi yang kamu temui, kejadian-kejadian tak terlupakan yang kamu lewati, serta masalah-masalah yang menghebatkan dirimu, akan menjadi kenangan yang terindah ..

Karena, inilah setetes kecil nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kamu, agar kamu bersyukur"
#SyukurTiadaAkhir
-Elmo Juanara-

"Keywords pematik semangat, penyadar diri : Future (masa depan), Syabab (pemuda), Problem (masalah), Perbaikan Diri"
#RekSos
-Elmo Juanara

"Kembali di ingatkan akan makna hidup ini, kembali di bangkitkan semangat akan tauladan dari pribadi-pribadi luar biasa yang lahir dari rahim tarbiyah, dan kembali disadarkan akan urgensi bergantung tanpa syarat kepada Allah"
#M2D #KarenaMenangisItuNikmat
-Elmo Juanara-

"Berperangnya nabi, bukan berperang antara hidup dan mati, tetapi antara ada dan tidak adanya Islam nanti"
-CircleNight-

"Ya Allah, jadikan diriku lebih baik daripada sangkaan mereka, janganlah Engkau hukum aku karena ucapan mereka dan ampunilah daku lantaran ketidaktahuan mereka"
-Abu Bakar Ra-

"Sesungguhnya Tuhanmu kagum kepada seorang pemuda yang tidak memiliki sifat shabwah (kejahilan dan kekanak-kanakan)"
-Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah 1225; Arbain Ruiyah No.8-

"Andai dosa-dosa kita mengeluarkan bau, pasti tak ada seorangpun yang mau duduk dekat dengan kita"
-Aa Gym-

Tambah lagi Pengetahuan, Relasi, dan Pengalaman menarik selama kembali ke Bekasi.

Bertemu orang-orang yang luar biasa, menjadi relawan banjir IKIP, melingkar bersama, emperan nasi kucing, mabit bareng, memahami makna 'pernikahan', wirausaha sosial, senam mujahid, membangun sistem, nasyid mentoring, sampai ketika saat kembali ke kerinduan ukhuwah.

Tidak sekedar quality time, tapi Progresif, Produktif, dan Inspiratif! Izinkan bungkusan Oleh-Oleh Ilmu ini menjadi bekal tambahan untuk Survive di tanah rantau sana"

#PemudaUntukNegeri #StatsiunGambir #KarenaBahagiaItuSederhana

"Pernikahan adalah satu-satunya bentuk persahabatan dengan lawan jenis yang memungkinkan untuk bersikap adanya, mengetahui apa adanya, dan tidak ada ruangan yang memungkinkan untuk banyak berpura-pura atau bersikap manis terus-menerus, terkecuali jika karakternya memang demikian"
-M. Fauzil Adhim-

"Sungguh, sekiranya seorang pemuda yang telah memiliki kesiapan ruhiyah datang meminang, ia lebih utama untuk di dahulukan sekalipun belum memiliki ilmu maupun bekal ma'isyah"
-M. Fauzil Adhim-

"Bekerja berbeda dengan mengamalkan ilmu. Bekerja merupakan kewajiban atas setiap muslim, tidak  peduli apakah dia berpendidikan atau tidak. Bekerja tidak bergantung sama sekali pada latar belakang pendidikan. Jika saya mengenyam pendidikan di fakultas psikologi, tidak ada syarat apa pun bahwa pekerjaan saya harus pula "berbau" psikologi"
-M. Fauzil Adhim-

"Cukuplah kita disebut zalim jika kita tidak bekerja karena tidak ada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan kita, sementara peluang itu tersedia dan kita tidak bisa menghidupi diri kita kecuali dengan bekerja"
-M. Fauzil Adhim-

"Saya perlu menegaskan sekali lagi bahwa kesiapan memberi nafkah tidak berhubungan dengan adanya pekerjaan tetap bagi calon suami. Seseorang yang sudah memiliki pekerjaan tetap dan penghasilannya besar, belum tentu memiliki kesiapan untuk memberi nafkah"
-M. Fauzil Adhim-

"Umat Islam bukanlah "tanah air" di mana Islam hidup di sana, bukan pula suatu kaum yang para leluhurnya hidup di suatu zaman sejarah dengan tatanan Islam. Namun, umat Islam adalah sekelompok manusia yang kehidupan, konsepsi, sikap, tatanan, nilai-nilai dan pertimbangannya, terpancar dari manhaj Islam"
-Sayydi Quthb-

"Jika bangsaku bertanya: Siapakah sosok yang akan menyelamatkan negeri kami?
Aku merasa akulah yang mereka harapkan, tak ada rasa malas dan tak akan berlaku cuek pura-pura tak tahu"
-Pepatah Arab-

"Sejatinya, Al-Quran tidaj akan membeberkan rahasia-rahasianya kecuali terhadap pribadi yang bisa diterimanya karena memiliki sebuah mentalitas, yakni mentalitas intelektual yang berinisiatif pada pengalaman"
-Sayyid Quthb-

"Al-Quran tidaklah hadir sebagai sebuah kitab yang memperkaya akal, tidak pula rujukan sastra dan seni, apalagi kitab dongeng dan sejarah. Akan tetapi, Al Quran turun untuk menjadi "jalan hidup" (way of life) dan sebagai petunjuk Ilahi (divine guildline) yang suci"
-Sayyid Quthb-

"Iringan sepeda motor terasa membersamai keberangkatan, meninggalkan kota Malang dengan perlahan. Wajah-wajah sayu terlelap dalam istirahatnya, ada juga yang terlelap dalam lantunan tilawahnya. Melalui bis ini menerobos pekatnya malam.

Ya, kami mencoba meluruskan niat safar ini untuk menimba ilmu, menjalin silaturahim, dan menapaki bumi-bumi lain dari ciptaan-Nya. Ya InsyaAllah!"
#BisMalam #RoadToUGM #Jogja

"Jika kita membuka lembaran-lembaran foto kenangan, pasti selalu ada wajah-wajah yang telah hilang, tak lagi membersamai kita dalam dakwah ini

Tidakkah engkau merasa kehilangan kawan? Tidakkah kau rindu akan seri-seri indah di wajahnya? Ketahuilah, pundak-pundak kita tidak akan sanggup memikul semua ini, maka kita perlu saudara-saudara kita yang bersedia meminjamkan pundaknya, yang siap berjuang bersama, untuk berbagi amanah dan saling menguatkan

Maka, izinkanlah doa ini terucap deras mengiringi setiap hari-harimu wahai saudaraku, agar Allah tetap menjagamu dan membolakkan hati pada yang haq. Pun dengan diri yang lemah ini, turut berdoa agar tetap di istiqomahkan hingga kaki-kaki ini menginjak surga-Nya nanti"
#BisMalam #RoadToUGM #Jogja
-Elmo Juanara-

"Menyegarkan diri dengan basuhan air wudhu yang dingin, terhampar tanaman-tanaman yang teratur nan indah di sekitar halaman, di selasar masjid ku bersama teman-teman berdiskusi, bersiap-siap melaksanakan sholat ashar, di masjid terbuka, ya Masjid Kampus Universitas Gajah Mada"

#JSUGM #Backpackeran #Jogja
-Elmo Juanara-

"Tidakkah engkau tahu, segala ‘udzur telah dihapus dengan firmanNya,
“Berangkatlah dalam keadaan ringan ataupun berat!"?

"Kelak, dari mereka-mereka ini, setidaknya kita belajar tentang satu kaidah; Jika kita melakukan sesuatu karena Allah, maka yakinlah! Allah akan memberikan balasan terbaik atas apa yang kita lakukan.

Dari mereka pula, kita memahami, bahwa menanggung romantika, dinamika permasalah keluarga dalam bingkai kehalalan dan ibadah, adalah jauh lebih terhormat dibanding memperpanjang masa maksiat. Sementara diri, tak kunjung memperbaiki kualitasnya"
-Ikhwan Gaul-

“Cintailah orang yang kamu cintai sekadarnya. Bisa jadi orang yang sekarang kamu cintai suatu hari nanti harus kamu benci. Dan bencilah orang yang kamu benci sekadarnya, bisa jadi di satu hari nanti dia menjadi orang yang harus kamu cintai”
-HR. At-Tirmidzi no. 1997-

"Siapa yang taat kepada Allah maka dia wajib ditaati dan dan siapa yang tidak taat kepada Allah, maka dia tidak wajib ditaati"
-Umar bin Abdul Aziz-

"Sungguh setiap mukmin bersaudara, dan kadang ukhuwah tk perlu dirisaukan karena ia hanyalah akibat dari iman"
-Dalam Dekapan Ukhuwah-

"Dan.. Mata ini pun terpejam perlahan. Gurat hati mencoba bangkit, tetapi tidak, sepertinya tubuh sudah berkoalisi dengan sang mata.

Sekelebat aktivitas menghebatkan telah menghempasnya, jadi wajar, jika ia terpejam menanti sang fajar

Ya, kesibukan dunia yang berorientasi akhirat, karena itulah ia rehat!"

#KarenaMalamDiCiptakanUntukIstirahat
-Elmo Juanara-

"Tidak ada orang yang terlalu besar untuk dinasihati, dan tidak ada orang terlalu kecil untuk menasihati"

"Berbahagialah seorang hamba yang memegang tali kudanya di jalan Allah, rambutnya acak-acakan, dan dua kakinya berdebu. Bila ia (ditugaskan) di pos penjagaan, ia tetap di pos penjagaan, dan bila (ditempatkan) di barisan belakang, ia tetap di barisan belakang tersebut"
-Fathul Bari 6/95, no. 2887-

"Amanah itu memang ibarat musuh, jangan dinanti jangan dicari. Akan tetapi bila ia sudah datang menghampiri, jangan pergi dan melarikan diri"

"Malam berlalu,
tapi tak mampu kupejamkan mata dirundung rindu kepada mereka
Yang wajahnya mengingatkanku akan surga
Wahai fajar terbitlah segera
Agar sempat kukatakan pada mereka
"aku mencintai kalian karena Allah"
-Umar bin Khattab-

"Jika kau merasa besar, periksa hatimu
mungkin ia sedang bengkak
Jika kau merasa suci, periksa jiwamu
mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani
Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu
mungkin ia sedang melayang kehilangan pijakan
Jika kau merasa wangi, periksa ikhlasmu
mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus dibakar riya'"
-Dalam Dekapan Ukhuwah-
"
#TentangKepemimpinan

Banyak sekali pemimpin di kehidupan ini, tetapi kebanyakan dari mereka hanya menjadi pemimpin secara 'struktural' bukan 'kultural'

Yang dengan kekuasannya itu bertingkah sewenang-wenang, yang dengan kekuatannya itu meluluhlantahkan potensi-potensi pengikutnya, dan dengan sikapnya itu meretakkan barisan diantaranya

Maka, belajarlah menjadi sebenar-benarnya pemimpin, pemimpin secara 'kultural' bukan 'struktural', bukankah 'Jika kamu berlaku Keras lagi Kasar tentu mereka akan Menjauh darimu?'
-Elmo Juanara-

"Silahkan hidup sesukanya
Silahkan berbuat apa saja yang kamu mau
Silahkan memprioritaskan dunia daripada akhirat
Silahkan berkata-kata kotor setiap harinya
Dan Silahkan menzolimi orang yang lebih rendah darimu
Tetapi ingat, Semua Itu akan Dimintakan Pertanggung Jawabannya!"
-Elmo Juanara-

"Para Pahlawan harus berhasil membangun 'bunker' dalam jiwa mereka. Tempat kunci-kunci daya hidup mereka tersembunyi dengan aman. Itulah yang membuat mereka selalu tampak santai dalam kesibukan, tersenyum dalam kesedihan, tenang di bawah tekanan, bekerja dalam kesulitan, optimis di depan tantangan dan gembira dalam segala situasi"
-Anis Matta-

"Tarbiyah itu mengantar, membuat rindu, dan mendorong semangat"
-Kaderisasi-

"Tidaklah dua orang yang saling berkasih sayang karena Allah berpisah, kecuali disebabkan oleh dosa yang dilakukan oleh salah seorang di antara keduanya"
-H.r. Al-Bukhari dan Ahmad-

"Amanah, dengannya seseorang menjaga diri dari apa-apa yang bukan haknya walaupun terdapat kesempatan untuk melakukannya"
-Ust Suryanto-

"Keluarlah kamu pada malam hari untuk melihat apa yang terjadi, tetapi jangan keluar untuk menikmati malam tersebut"
-Ust Suryanto-

"Amal Thullabi yang terfleksi pada buku, guru/dosen, sekolah, kampus, tulisan ilmiah, lembaga kemahasiwaan, baik di tingkat fakultas atau perguruan tinggi, adalah lingkaran awal masyarakat madani. Selanjutnya diikuti oleh organisasi profesi yang mengembangkan amal thullabi di berbagai spesialisasi profesi, diteruskan oleh partai yang menjaga iklim kemerdekaan dan dekomkatisasi sebagai lingkaran akhir untuk membentuk masyarakat dengan nilai-nilai Islam yang lurus"
-Risalah Pergerakan Pemuda Islam-

"Lemahlah bagi yang ingin lemah, mundurlah bagi yang tidak kuat bertahan, silahkan bagi yang ingin mengalami kefuturan

Sekiranya semua sepakat berhenti mengusung kemuliaan ini, aku akan tetap disini bersama Rabbku hingga kemenangan menjadi nyata dan syahid memuliakanku"
-Sayyid Quthub-

"Menjadi mentor adalah cara kita bersyukur menjadi seorang muslim"
-SOM2, Samantha Krida UB-

"Ketika aku bangun pagi & merenungkan kunci sukses hidup:

Jendela kamar bilang:
Lihat dunia diluar!!

Langit-langit kamar berpesan:
Bercita-citalah setinggi mungkin!!

Jam dinding berkata:
Tiap detik itu berharga !!

Cermin bilang:
Berkacalah sebelum bertindak !!

Kalender berbisik:
Jangan menunda sampai besok !!

Pintu berteriak:
Dorong yang keras, pergi & berusahalah !!

Tapi.. tiba-tiba ..
Lantai berbisik:
Berlutut & Berdoalah
Karena kunci kesuksesan kita harus dimulai dengan DOA"

"Tidak ada keIslaman tanpa jamaah, tidak ada jamaah tanpa kepemimpinan, dan tidak ada kepemimpinan tanpa ketaatan"

"Jika aku sudah memilih jalanku, jika aku harus mati sekalipun, aku akan melakukannya"
-Monkey D. Luffy-

"Kadang ketika menjadi peserta syuro, kita dapat melihat seluruh kondisi dengan ideal, dengan sempurna. Tetapi ketika menjadi pemimpin syuro, kita akan terbutakan dengan bahasan satu hal"
-Elmo Juanara-

"yang menangih Haknya terlebih dahulu sebelum tertunaikan Kewajibannya, maka tidak ada sedikitpun jiwa kedewasaan dalam dirinya, dan (mungkin) asanya tidak akan kemana-mana"
#GrownUp
-Elmo Juanara-

"Kunci segala sesuatu adalah kesabaran. Perhatikanlah bahwa kita mendapatkan anak ayam dengan mengeramkan telur, bukan memecahkannya"
-Arnold H. Glasgow-

"Maka bersabarlah, sebab dakwah seperti lari marathon. Nafas panjang selalu diperlukan. Dan jangan sampai kehabisan nafas di tengah jalan"
-Anis Matta, Menikmati Demokrasi-

"ketika pasukan telah erat disatukan
yang pemberani tak berkesempatan maju seorang diri
Yang pengecut takkan bisa mundur berlari-lari"
-Sun Tzu-

"Semakin mengenali manusia
Yang makin akrab bagi kita
pastilah aib-aibnya,
Sedang mengenali Allah
pasti membuat kita
mengakrabi kesempurnaanNya"
-Salim A. Fillah-

"Orang besar, dengan tindakan terlampaui besar, terkadang merepotkan"
-Salim A. Fillah-

"Kerja itu cuma selingan, untuk menunggu waktu sholat"
-Griya Tilawah-

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama dia tak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah"
-Om Pram-

"Sakura adalah sakura
Azalea adalah azalea
Mereka semua tampak cantik karena berbeda
Manusia juga sama seperti bunga, tak perlu tampak sama
Setiap orang harus berusaha untuk mekar dan menampakkan
Keindahannya sendiri-sendiri"
-Fariz Abdillah-

"I know where I'm going and I know the truth and I don't have to be what you want me to be. I'm free to be what I want"
-Muhammad Ali-

"..biarkan mimpi dan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung di depan kening kamu. Dan sehabis itu kamu perlu.. cuma.. cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari pada baja. Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdoa.."
-Buku 5 Centimeter-

"Hidup adalah pilihan. Anda boleh memilih apapun dalam hidup ini. Namun tidak boleh memilih konsekuensi"
-Arif Dahsyat, Motivator-

"Tidak menyerah kepada nasib. Tetapi berikhtiar lebih untuk mengubah nasib. Karena sebagai manusia kita punya pikiran, yang berfungsi untuk memilih dalam hidup ini"
-Elmo Juanara-

"Tegaslah dalam memilih pilihan. Ekstrimlah dalam memutuskan. Karena setengah-setengah itu adalah munafik"
-Elmo Juanara-

"Iblis dan setan berhasil menyesatkan manusia, karena mereka Tegas dan Ekstrim!"
-Arif Dahsyat-

"I despise war. I always felts that to take a life of another, for whatever reason, was wrong. And yet I become a military strategist, and took many lives"
-Mathiu Silverberg- 
"And Allah has made the earth as carpet, that you may go about therein in spacious road"
-The Holy Al Qur'an 71: 19-20-

"Setruman-setruman iman itu kembali merasuk, menghantarkan gelora-gelora semangat mempelajari Islam seperti 6 tahun yang lalu. Polos, lugu, banyak tanya seperti masa-masa itu. Dan beroleh hamasah sekembali ke rumah.
Di waktu yang sama, pekat malam yang sama, jajanan yang sama, tetapi dengan pencapaian yang berbeda. Maha Suci Allah Yang Membolak-balikan hati"
-Elmo Juanara-

"The dawn is very calm, comfort, and quiet. The stars scattered in the sky. And I pray to Allah, to be able to see it in other parts of the world"
-Elmo Juanara-

"Seperti sidik jari, semua orang pasti memiliki ciri itu dengan berbeda.
Begitu dengan jejak dari setiap orang, ukurannya pun tidak selalu sama.

Maka, jangan suka membanding-bandingkan kapasitas diri dengan orang lain, tapi bersyukurlah atas karunia Allah,
Karena ...
Sakura adalah sakura
Azalea adalah azalea
Mereka semua tampak cantik karena BERBEDA
Manusia juga sama seperti bunga, tak perlu tampak sama,
Setiap orang harus berusaha untuk mekar dan menampakkan KEINDAHANNYA Sendiri-Sendiri"
-Elmo Juanara-

"Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman, Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan, Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang.
Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa, 
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran,
Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam, Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang.

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan"
-Imam Syafii(767-820M)-

"Jadilah bagai Jantung yang tidak terlihat
Tetapi terus berdenyut setiap saat, hingga kita terus dapat hidup, berkarya dan menebar manfaat bagi sekeliling kita sampai diberhentikan olehNya"

"Jika yang kau cari adalah kemuliaan yang abadi, jangan biarkan hatimu memuliakan hal-hal yang fana"
-Ibn 'Athaillah-

"Setelah melakukan penelitian, para cendekia menemukan hal baru tentang sesuatu yang memabukkan. Ternyata ada yang lebih memabukkan dari pada khamr/miras/ganja dsb ialah Pujian"
"Semangatlah dalam menggapai apa yang manfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bersikap lemah. Jangan pula mengatakan: 'Andaikan aku berbuat demikian tentu tidak akan terjadi demikian' namun katakanlah: 'ini takdir Allah, dan apapun yang Allah kehendaki pasti Allah wujudkan' karena berandai-andai membuka tipuan setan"
-HR. Muslim 2664-

"Kebahagiaan tak selalu berada pada kenikmatan yang dirasakan oleh jasa. Itu fana, itu sementara. Lebih dari itu, ia ada dalam rasa penghambaan kepada Allah, kelegaan atas tertunaikannya amanah, dan ruh yang dipenuhi harapan suci akan lahirnya jundi-jundi yang mengisi bumi dengan akhlaq terpuji"
-Salim A. Fillah-

"Setinggi apapun orang memanah tetap tidak akan sampai ke bintang. Yang indah tak harus direngkuh kan? Orang cerdas paham bener apa itu batasan"
-Istiqomah Isty-

"Ketika masalah membuat jiwa lelah, berwudhulah
Ketika diri tak kuasa memikul, bersujudlah
Ketika gelisah membuat hati resah, berdzikirlah
Ikhlaskan semua dan mendekatlah kepada-Nya, Allah lah sebaik-baik tempat kembali"
-Salim A. Fillah-

"Yang pintar seolah tak mau peduli dengan yang lain
Yang kaya terlalu tunduk akan nafsu belanjanya
Yang bersuara keras semakin membisingkan si suara kecil
Yang membentak selalu merhardik yang rendah
Dan yang memiliki kelebihan lebih, terbiasa menganggap remeh orang yang dibawahnya"

"Sejenak tinggalkanlah handphone, gadget, laptop, tulisan di word, dsb
Mulailah berlari kecil menuju masjid, sujudlah disana, bukalah Al Quran, nikmatilah buku-buku bacaan agar ruhmu tidak kering"

"Bila pria merasa dirinya tidak membuat perbedaan positif dalam kehidupan seseorang lain, sulit baginya untuk terus mempertahankan hidupnya dan hubungan-hubungannya. Sulit baginya untuk merasa termotivasi bila dirinya tidak dibutuhkan. Agar jadi bergairah lagi, ia harus merasa dihargai, dipercaya, dan diterima. Tidak dibutuhkan berarti kematian perlahan-lahan bagi pria"
-Men Are From Mars Woman Are From Venus-

"Kalau diberi peluang untuk membuktikan kemampuannya, pria dapat menampilkan dirinya yang terbaik. Tapi bila merasa tidak dapat berhasil, ia akan mundur kembali ke cara-cara lamanya yang egois"
-Men Are From Mars Woman Are From Venus-

"Saling mendoakan lebih penting daripada berjumpa. Dan bertemu sesekali lebih menguatkan cinta daripada selalu bersama"
-Salim A. Fillah-

"Keberuntungan mempengaruhi segalanya dalam hidup, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan tujuan yang terencana serta berjuang dengan sepenuh jiwa dan raga untuk mencapainya"
-Hideyoshi Toyotomi, Pemersatu Jepang pada Zamannya-

"Dan pada akhirnya, manusia akan di uji pada titik-titik terlemahnya. Jika mampu melewatinya, maka Allah sediakan ujian yang baru. Jika tidak, ujian yang sama di titik yang sama akan terus berulang"
-Elmo Juanara-

"Tahukan engkau tentang pengkerdilan tertajam dalam hidup? Yakni membiarkan pikiran cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, mendahulukan istirahat sebelum lelah!"
"Don't expect anyone to understand your journey, especially if they haven't walked your path"
-'Adilla Ulfiati-

"Karena saat ikatan melemah, saat keakraban kita merapuh..
Saat salam terasa menyakitkan, saat kebersamaan serasa siksaan.. 
Saat pemberian bagai bara api, saat kebaikan justru melukai..
Aku tahu, yg rombeng bukan ukhuwah kita, hanya iman2 kita yg sedang sakit atau mengerdil, mungkin dua2nya... Mungkin kau saja, tentu terlebih sering imankulah yg compang camping"
-Salim A. Fillah-

"Pemahaman yang utuh dari sebuah gerakan akan melahirkan karakter dan pemikiran yang jernih dari sebuah individu.
Pemahaman murni yang berlandaskan manhaj dan tidak ternodai dengan unsur taklid atau ashobiyah, bermuara pada keteguhan hati dan kokohnya fisik dari seorang penggerak perubahan"
-Elmo Juanara-

"Kecenderungan umum seorang laki-laki suka jika ia ditempatkan sebagai peletak dasar, sementara perempuan cenderung menghindari tugas ini dan lebih suka jika suaminya menjadi peletak dasar. Kecenderungan umum seorang perempuan suka mengerjakan hal teknis yang telah digariskan oleh suaminya"
-Eko Novianto, Menjadi Laki-Laki-

"Maka, bukan masalah besar jika para suami kerap tidak terampil dalam hal-hal teknis dan bukan persoalan besar jika para istri kurang memiliki visi.
Adalah bonus jika Anda bersuamikan seseorang yang terampil mengelola hal teknis. Mahir memasak, mahir mengasuh anak, mahir menggendong anak-anak, mahir mengajak anak-anak makan, mahir menemani anak-anak tidur, dan kemahiran sejenis. Anggap itu bonus"
-Eko Novianto, Menjadi Laki-Laki-

"Seiring amanah yang bertambah, haruslah diiringi oleh kapasitas yang berimbang"
"Seketika kamu merasakan bahwa dakwah ini yang telah memilihmu, untuk menjadi tonggak penggeraknya, maka mencabut kantuk dari pelupuk mata adalah hal yang biasa, membina generasi bawah adalah keharusan, dan mempersiapkan diri adalah keniscayaan. Maka bersiaplah, menggantikan angkatan tua"
-Elmo Juanara-

"Mengambil keputusan bukanlah semata-mata menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang disediakan. Pengambilan keputusan bukan bermakna memilih satu keputusan dan mengabaikan alternatif-alternatif lainnya. Lebih jauh dari itu, pengambilan keputusan adalah sebuah proses yang dilakukan oleh banyak pihak dalam organisasi serta memerlukan analisis terhadap manfaat keputusan dan memperhitungkan segala konsekuensi yang ditimbulkannya"
-Eko Novianto N-

"Saya tak punya prestasi akademis yang memukau. Namun, saya suka dengan proses belajar. Jika sedang tafakur dan ingat tak banyaknya waktu tersisa untuk menghadap-Nya, kadang saya jadi sedikit tergesa-gesa untuk belajar dan mengajari anak-anak dan istri saya"
-Eko Novianto N-

"Seiring amanah yang bertambah, haruslah diiringi oleh kapasitas yang berimbang
Kualitas pemimpin yang mengalami degradasi dari waktu ke waktu adalah bukti nyata dari cideranya alat cetak duplikasi. Maka aktivitas membina dan mengupgrade diri adalah sebuah keniscayaan yang harus diupayakan sejak dini"
-Elmo Juanara, Muda dan Berbahaya-

"Kadang suasana sepi dan senyap menjelang siang hari di rumah itu lebih menetramkan. Terpaan udara dingin setelah subuh hari saat mengantarkan ibu begitu menyegarkan. Satu dua bungkus nasi uduk setelahnya mampu mengisi perut yang kosong.
Maka, saat itu adalah nikmat-nikmat yang jarang terulang. Sejenak melupakan kehidupan kampus, segudang aktivitas menghebatkan di kota bakwan itu. Kembali ke peraduan, kampung halaman. Menarik nafas, menyusun mimpi, membangun relasi, dan berbakti."
#‎Namanya juga penulis #‎jadi sering bersastra
-Elmo Juanara-

"Dan pada akhirnya, yang dibutuhkan adalah Kesabaran. Sabar dalam memulai, sabar dalam membersamai, dan sabar ketika mengakhiri. Karena sedikit saja melapangkan nafsu bergelayut mengendalikan keputusan, maka kau akan menyesali keputusan itu selama-lamanya"
-Elmo Juanara-

"Tak peduli keterampilan yang kau tekuni saat ini, jalani dengan tulus, geluti dengan cinta, asah dengan tekun, libatkan jiwa, lakoni dengan sepenuh hati, dan berdisiplinlah. Maka tak lama Allah akan mempertemukanmu dengan momentum. Kesiapan + Momentum = Kesuksesan"
-Ahmad Rifa'i Rif'an-

"Marahnya kita. Ngambeknya kita. Ketawanya kita. Senyumnya kita. Nangisnya kita. Menjadi warna dalam dakwah ini. Sebegininya saya yang suka kecap, saya lebih suka kalian. Karena kalian begitu manis"
-Dinda Aisyah-

"Laki-laki itu harus keluar. Medan laki-laki itu di luar. Laki-laki harus tampil meski tak harus sangat hebat. Karena, kadang laki-laki menjadi hebat dengan keterpaksaan yang diciptakan ini"
-Eko Novianto N-

"Tulisan yang berkualitas itu lahir dari emosional yang meledak-ledak, yang meluap-luap.
Emosional yang meluap-luap itu hasil dari ketenangan hati dan pikiran. Dan ketenangan hati dan pikiran itu berawal dari ruh yang merasa dekat dengan Tuhannya
Maka, dekat dengan Allah adalah hal mutlak untuk seorang penulis"
-Elmo Juanara-

"Jika engkau mencintai kebaikan, engkau akan memastikan setiap detailnya berjalan sempurna. Totalitaslah!"
-Fildzah Amalya-

"Mungkin dia yang hebat dan selanjutnya akan menghebatkan
Tapi bisa jadi dia bukan yang terbaik, tapi yang akan menggerakan potensi-potensi kebaikan"
-Fildzah Amalya-

"Jomblo itu harus kayak bendera. Sendirian tapi di atas dan dihormati"
-Ust Bendri-

"Every SWOT is different. You do your own. Nobody else can do it for you. Your situatuon is unique, and only you know what it is!"
-Edi Purnama-

"Semaksimal apapun kita berbuat baik, tetap saja akan ada yang tak suka, itu adalah ujian untuk mengukur ketulusan hati kita"
-Aa Gym-

"Menurut teori psikologisnya, kematangan adalah keadaan saat umur biologis setara dengan umur psikologis dan diikuti oleh berkembangnya fungsi sosial, fungsi psikologis, dan fungsi ekonomi seseorang"
"Kesucian suatu tujuan menuntut kesucian cara dalam merealisasikannya"
"Seseorang di hari kiamat nanti pasti tidak terlepas dari empat pertanyaan: usia dihabiskan untuk apa, masa muda digunakan untuk apa, harta benda bagaimana cara mendapatkannya dan memanfaatkannya, ilmu diamalkan untuk apa"
-HR Tirmidzi-

"Terkadang manusia suka keluar dari koridor fitrahnya. Lupa kita sama-sama berasal dari tanah, lupa ketika 'memaksa' mengajaknya melangkah bersama, lupa bahwa pria dan wanita berasal dari dua planet yang berbeda
Kita tidak sedang 'mengeksploitasi' mahasiswa. Tetapi yang kita lakukan adalah 'mengeksplorasi' potensi-potensi mereka
Orang yang hidup untuk orang lain akan hidup dan mati sebagai orang besar. Adapun orang yang hidup untuk dirinya sendiri, akan hidup dan mati sebagai orang kerdil (Sayyid Quthb)
Bersabarlah dan Kuatkanlah Kesabaranmu!"
-Elmo Juanara-

"Untuk dakwah carikan yang terbaik. Untuk pribadi, yg sederhana saja"
-ust Mahatir-

"Jabatan pemimpin itu tak lama, yang lama adalah pertanggungjawabnya dunia akherat"
-Aa Gym-

"Ketika masalah datang, Allah tidak meminta kita untuk memikirkan penyelesainnya sampai penat, Allah hanya meminta kita sabar dan shalat"
-Fildzah Amalya-

"Jika kamu bangun dini hari tanpa urusan lain selain sholat, ketahuilah, kamu sudah menemukan tujuan hidup"
-Dr Bilal Philips-

"Mutiara yang bersatu di kalung perhiasan, harus rela ditusuk jarum agar benang menyatukan. Berjamaa'ah mungkin melukai, tapi ia memberi arti"
-Salim A. Fillah-

"Hendaklah kalian mengadukan segala urusannya hanya kepada Allah saja, walaupun hanya (mengadukan) tali sandal yang putus"
-HR. Tirmidzi-

"Jalan menuju Allah adalah jalan dimana:
Adam kelelahan..
Nuh mengeluh..
Ibrahim dilempar ke dalam api..
Islamil dibentangkan untuk disembelih..
Yusuf dijual dengan harga murah & dipenjara selama beberapa tahun..
Zakaria digergaji..
Yahya disembelih..
Ayub menderita penyekit..
Daud menangis melebihi kadar semestinya..
Isa berjalan sendirian..
Dan Muhammad shallallahu alaihimussallam mendapatkan kefakiran & berbagai gangguan

Sementara kalian ingin menempuhnya dengan bersantai ria & bermain-main?? Demi Allah takkan pernah bisa terjadi!"
"Terkadang ada suatu kesempatan dalam kehidupan yang meminta kita cepat dalam mengambil keputusan. Dan itu adalah hal yang jika tidak diambil maka akan menjadi penyelesalan dalam hidup kita. Karena itulah yang membuat saya berani melangkah lebih jauh"
-Elmo Juanara-

"Sebuah cita-cita besar hanya akan bisa di inspirasikan oleh orang-orang yang bervisi, di laksanakan dengan keyakinan dan keikhlasan yang mendalam, dimulai dengan kecerdasan dan keberanian, digerakkan dengan motivasi yang bergelora, di rencanakan dengan matang, dihasilkan oleh kerjasama tim yang militan dan solid serta dilalui dengan kerja tuntas"
-Anonim-

"Hari ini, beberapa orang pergi ke gym, hanya untuk menjaga bentuk tubuh mereka, sementara sebagian lainnya bersujud kepada Allah untuk menjaga bentuk jiwa mereka"
-Maulana Nanang-

"Orang-orang yang takut pada perubahan dan berusaha mempertahankan keadaan yang ada saat ini merupakan musuh internal yang paling berbahaya"
-Michael Hammer, Re-engineering Business Revolution-

"Jangan berlari untuk dikejar, jangan menghilang untuk dicari, karena berjuang tak sebercanda itu"
"Karena sejatinya perjalanan adalah pembelajaran, mengambil napas yang lebih panjang dan mengevaluasi apa yang telah dikerjakan"
-Sahruman Nurhuda-

"Bukan memikirkan apa yang bisa kita dapat, tetapi untuk apa kita bermanfaat. Karena hidup tidak selalu tentang diri sendiri, melainkan memberi arti kepada insani.
Bersama UKKI UNY, mari kita mengakselerasi diri, menebar cinta setiap hari, berdedikasi sepenuh hati, untuk Indonesia yang Madani"
-Elmo Juanara, Testimoni untuk UKKI UNY-

"Nelangsanya hidup ketika padatnya kesibukkan kita malah menjauhkan diri dari Allah. Celakanya hidup ketika banyaknya hal yang membebani pkiran kita malah tidak mendapat ridho dari Allah.
Naudzubillah.. Semoga Allah senantiasa ridho dan menurunkan keberkahan di setiap aktivitas-aktivitas kita"
-Elmo Juanara-

"Ketinggian adab yang dipelajari manusia adalah, dia siap untuk mendengar setiap pendapat dan menghargainya, dan tidak mesti dia harus menerimanya"
-Sam Hatir-

"Sesuatu yang tidak sempurna pelaksanannya kecuali dengannya, maka ia adalah wajib hukumnya"
-Kaidah Ushul Fiqh-

"Hiburlah hati suatu ketika. Karena jika dipaksa terus menerus terhadap sesuatu, ia bisa membuta"
-Ali bin Abi Thalib-

"Kamu merahasiakan maksiatmu di dalam kamar dengan pintu tertutup rapat, terkunci pula. Dan Allah masih mengirimkan oksigen melalui celah-celah pintu untuk kamu hirup"
"Keberanian pada dasarnya adalah ketetapan dan ketahanan hati, kepercayaan penuh kepada Allah dan tidak takut mati yang disebabkan oleh sifat gila dunia dan benci mati"
-Fiqh Dakwah Jilid 1-

"Keberanian yang paling utama ialah berani mengatakan yang haq dengan terus terang, pandai menyimpan rahasia, mau mengakui kesalahan, menyadari keadaan dirinya dan dapat mengendalikan hawa nafsu terutama ketika marah"
-Fiqh Dakwah Jilid 1-

"Apabila datang (meminang) kepadamu orang yang kamu ridha agamanya dan akhlaknya maka nikahilah ia. Jika tidak engkau berbuat (demikian), akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas"
-H.R Ibnu Majah dan al-Hakim-

"Di tengah gerimis hujan, derap laki bersipadu, melangkah santun, menyambut haru seruan 'kemenangan' di waktu ashar, menuju bangunan impian, yg membebaskan yang terikat, Kemerdekaan! kembali dipertemukan dengan masjid Al Hurriyyah IPB"
-Elmo Juanara-

"Apa yang aku cari, adalah apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain"
-Ging Freecss-

"Nikmati tiap perhentian yang kau lalui, dengan sepenuh hati. Karena di situlah, kau akan menemukan hal-hal yang lebih penting daripada yang kauinginkan"
-Ging Freecss-

"Setiap anak diwariskan tingkat intelektual dari kromosom 1 gen ibunya, bukan dari ayahnya. Oleh karena itu, carilah calon istri yang pandai, bukan yang cantik"
-dr. Dr. Rina Masadah Sp. PA, M.phil-

"Kita meminta pertolongan hanya kepada Allah swt. yang siapa pun tidak dapat melemahkan-Nya. Kita hanya berkewajiban berusaha dan mempersiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan. Kita tidak dimintai pertanggung jawaban terhadap hasil usaha. Keberhasilan sepenuhnya berada di dalam genggaman Allah dan kita serahkan kepada-Nya"
-Fiqh Dakwah-

"Tidak selamanya yang terdzolimi itu hina. Tidak semuanya yang gagap bicara itu rendah. Tidak selamanya yang terkena musibah itu sial, dan tidak pula yang di uji hidupnya itu malapetaka.
Kita mungkin kasian dengan mereka, iba, miris, dsb. Pandangan orang boleh jadi seperti itu, tetapi ketahuilah, jauh dibalik itu bersamanya Allah titipkan karunia-Nya. Yusuf as, Musa as, Ayub as, Nuh as menjadi mulia karena hal-hal tsb"
-Elmo Juanara, dalam kepasrahan diri kepada Allah atas sikap makhluk-makhlukNya-

"Manusia adalah makhluk yang tak kan pernah selesai kita kenal. Karena, saat kita merasa sudah mengenalnya, ada saja hal baru yang mengejutkan kita. Entah kebaikan atau keburukan, tapi akan selalu ada yang mengejutkan"
-Mario Teguh-

"Di dalam kehidupan akan selalu ada pertemuan dan perpisahan, banyak diantaranya melibatkan perasaan"
-Bahrul Ulum-

"Di dalam kehidupan akan selalu ada pertemuan dan perpisahan, banyak diantaranya melibatkan perasaan
Skenario Allah memang begitu indah, selalu saja ada makna dalam setiap episodenya. Pertemuan demi pertemuan dengan setiap manusia di kehidupan ini, membuat kita terus berfikir tentang sebuah alasan mengapa kita dipertemukan
Pernahkah kamu memikirkan ini lebih dalam, kawan?"
-Elmo Juanara-

"Jangan pernah memaksakan perasaan seseorang. Sebab bukan dia yang memilikinya. Paksalah Allah untuk mengubah perasaannya. Sebab Dialah penggenggam hati setiap manusia -yang dengan mudah membolak-balikannya"
-Herri Cahyadi-

"A bird sitting on a tree is never afraid of the branch breaking because its trust isn't on the branch, but on its own wings"
"Wanita yang tidak biasa bergaya, mudah merona merah pipinya, karena kuatnya rasa malu. Sebaliknya, yang biasa bertingkah harus memakai pemerah pipi yang tebal agar senantiasa merona karena sudah tidak punya rasa malu"
-Mohammad Fauzil Adhim-

"Bukan memikirkan apa yang bisa kita dapat, tetapi untuk apa kita bermanfaat. Karena hidup tidak selalu tentang diri sendiri, melainkan memberi arti kepada insani. Saya Elmo Juanara dari LDK UAKI UB, mengucapkan barakallah wa innalillah kepada pengurus baru LDK SKI UNG periode 2015-2016. Semoga makin dikuatkan pundak-pundaknya dalam memikul amanah dan menambah keberkahan untuk kampus univ negeri Gorontalo" 
-Elmo Juanara-

"PERISTIWA SUBUH
Akan selalu ada momen baru yang hadir dikala selepas terjaga itu.
Dibawah naungan kesyahduan peristiwa subuh, jiwa kembali terasa baru. Ada yang hilang selama ini, mungkin, tapi tidak, ia diangkat secara halus oleh Allah

Segala macam masalah dan peliknya kehidupan hari kemarin, seakan-akan hilang ketika kita bangun dari tidur. Beban-beban yang belum terselesaikan di malam kemarin, seakan-akan lenyap ketika kita mengucap syukur kepada Allah atas istirahat kita. Seperti reinkarnasi tepatnya.
Tetapi sungguh, dia yang bangun, kemudian memikirkan dunia terlebih dahulu tanpa sempat bersyukur kepada Allah, maka celakalah!
Saat subuh, yang perlu kita lakukan adalah bersyukur dan berdoa, setelah itu lalui hari tersebut dengan basmallah, dan yakinlah semuanya akan baik-baik saja"
-Elmo Juanara-

"Cinta sejati selalu menemukan jalan. Ada saja kebetulan, nasib, takdir, atau apalah sebutannya. Tapi sayangnya, orang-orang yang mengaku sedang dirundung cinta justru sebaliknya, selalu memaksa jalan cerita, khawatir, cemas, serta berbagai perangai norak lainnya. Jika berjodoh, Tuhan sendiri yang akan memberikan jalan baiknya. Termasuk "kebetulan2" yang menakjubkan"
-Tere Liye, novel "kau, aku & sepucuk angpau merah"

"Para pencetak generasi rabbani, tidak pernah berhenti, mereka terus mengabdi, terus mendedikasi diri, meski lelah memenuhi, meski lawan mencaci"
-Elmo Juanara-

"Selasar pagi masjid kampus Nurul Huda UNS, memanggil-manggil syahdu, ayunan langkahnya berderap dzikir, ruang estetikanya menantang fikr, semoga da ukhuwah disana, ada barokah disana"
-Elmo Juanara, Rakornas FULDKT di UNS-

"Salah satu ciri khas NAM adalah menganggap bahwa era menerima sumber dari luar (Allah) dan menerapkan perintah dari luar (agama telah selesai. Pada zaman baru, manusia dengan akal dan segala kemampuan yang tak terbatas mampu menciptakan kehidupan dan masa depannya sendiri menurut kemauannya. Maka, dia sudah menjadi tuhan!"
-Fouz A. Kurdi, buku New Age Movement-

"Akan tiba saatnya anak panah akan melesat, tak ada ambisi, hanya ada dedikasi"
-Recep T Erdogan-

"Hijrah yang terbaik yaitu setinggi-tinggi ilmu, sepintar-pintar siasat, dan semurni-murni Tauhid"
-Tjokroaminoto-

"Mereka yang dididik Islam lebih lurus jalannya, lebih kuat tekadnya, lebih mampu memikul tanggung jawab, lebih serius dalam mengambil dan melaksanakan sesuatu. Sebab, mereka punya hati nurani sebagai penjaga, punya agama sebagai sandaran, dan punya Al-Qir'an sebagai pentujuk jalan"
-Sayid Quthb-
"Ketinggian adab dan kedewasaan seorang manusia ketika pikiran dan asanya tertuju pada hal-hal yang bersifat kekal dan abadi.
Tak mudah goyah dengan godaan sebelah, tak cepat puas dengan hasil yang didapat, dan selalu melakukan perbaikan yang berkesinambungan.
Karena dunia terlalu menyilaukan, berjalanlah meski sendiri, teguhlah meski sekelilingmu terjembab, fokuslah pada lini apa yang menjadi bagianmu, dan nantikan tidak lama lagi akselerasi dari usahamu akan membuahkan hasil yang manis"
-Elmo Juanara-
"Lembaga dakwah kampus merupakan bagian intergral dari perbaikan moral bangsa. Brawijaya dan Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin yang mempunyai integritas, spirtualitas, dan moralitas.
Ketika kematangan psikis dan kesiapan manajerial telah bermuara, maka keseimbangan gerak sebuah lembaga akan menuai hasil gemilangnya.
Maka, melalui Pelatihan Manajerial Lembaga Dakwah Kampus (PMLDK), keseimbangan gerak itu terbentuk, rapih, dan terstruktur"
-Elmo Juanara-
"Perjalanan ini hanya sekali, aku tidak ingin tersesat, atau jatuh nelangsa dalam lembah kenistaan, ketika gambaran Firdaus-Nya begitu menggiurkan"
-Elmo Juanara-
"Halusnya gerak syaitan dalam merasuki jiwamu, menuntun tutur katamu, mengambil alih hatimu, menjadikan dirimu sombong, angkuh, merasa paling benar, dan besar.
Tiada yang paling syahdu, ketika posisi hati terus tertambat kepada Sang Pemilik hati. 'Dan ingatlah Allah disaat kamu berdiri, duduk, dan terbaring'"
-Elmo Juanara-
"Kesucian justru akan lebih terjaga dengan tidak menahan sesuatu yang menjadi anjuran Rasulullah saw"
-Mohammad Fauzil Adhim-
"Visi adalah esensi dari sebuah ide besar seorang muslim. Seperti mimpi, visi terkesan hanya angan-angan, yang membedakannya adalah pada tataran misi, strategi dan agenda aksi yang jelas, terencana dan terstruktur"
-Amang Syafrudin, Lc.-
"'Hidup itu adalah seni meledakkan'
Kira-kira begitulah yang sempat terucap oleh Deidara, salah satu anggota Akatsuki dalam serial Anime Naruto
Hidup itu adalah Pilihan
Berhati-hatilah dalam memilih. Sekali salah memilih, lalu tersesat dalam rimba kefanaan dunia, tentu akan sulit untuk kembali
Maka, kiranya kebenaran dan cahaya itu telah sampai kepadamu, sebelum datangnya kegemerlapan dunia, berfikirlah berulang kali, merenunglah ke tepi, dan berdialoglah dalam sunyi, karena pada hakikatnya hati kita fitrah dan cenderung menyukai hal-hal yang baik. Jangan condongkan ia kepada ambisi sesaatmu!
Kawan, kita masih di jalan yang lurus, in sya Allah.."
-Elmo Juanara-
"Hari ini adalah hari terakhir perkuliahan di semester genap. Dan fase ini adalah fase-fase rawan iman kita turun.
Tetap kobarkan semangat!
Kholaskan semester ini dengan mumtaz, akhiri amanah tengah tahun ini dengan baik. Tidak ada yang dikorbankan salah satunya. Allah menolong orang yang menolong agama-Nya!
Setelah ini kita akan bertemu dengan Ramadhan & kampung Halaman, persiapkan diri ikhwah! Apapun yang terjadi, life should must go on!"
"Jika yang dijalani selama ini terasa berjalan lurus-lurus saja, mulus-mulus saja, curigalah kita tidak sedang berjalan di koridor yang benar.
Kita dapati perjuangan orang-orang terdahulu dalam meraih kemuliaan dengan perjuangan yang berat, siksaan yang kejam, pengusiran yang menggusur, dan kebijakan-kebijakan yang memangkas
Maka, seketika cobaan dan tantangan itu datang, tegakkan kepala, kepalkan genggaman tangan, dan bersyukurlah, ada sebuah ujian yang akan membuat kita 'naik kelas' dan untuk menguji keimanan kita, percaya akan pertolongan Allah yang begitu dekat
Dari situlah, dengan segala kerendahan hati dan kepasrahan jiwa, kita memohon untuk selalu di tempatkan di koridor yang benar"
-Elmo Juanara-

"Karena jangan sampai kita yang diberikan amanah mengecewakan Sang Pemberi Amanah (Ilahi Rabbi)"
-Khonsa, 2015-

"Dalam setiap kebangkitan pemuda adalah rahasia kekuatannya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya"
-Hasan Al Banna-

"Terkadang jalan hidup yang kita pilih selalu menuai banyak konflik, perbedaan tradisi, dan perbedaan kesepahaman dengan masyarakat umum. Lalu, yang berbeda itu disebut gila, tidak waras, dan menyimpang.
Padahal Allah menyuruh kita bertebaran di muka bumi manapun, selama pegangan dasar dan landasan kehidupan kita Al Quran, Hadist Arbain, Fiqh Sunnah
"Jika kau telah berada di jalan Allah, melesatlah dengan kencang. Jika sulit, maka tetaplah berlari meski kecil langkahmu. Bila engkau lelah, berjalanlah menghela lapang. Dan bila semua itu tak mampu kau lakukan, tetaplah maju meski terus merangkak, dan jangan pernah sekalipun berbalik ke belakang"
-Asy Syafi'i-

"Barangsiapa yang bangun dipagi hari dan hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah ia tidak melihat hak Allah dalam dirinya maka Allah akan menanamkan 4 penyakit dalam dirinya:
1. Kebingungan yang tiada putus-putusnya
2. Kesibukan yang tidak pernah ada ujungnya
3. Kebutuhan yang tidak pernah terpenuhi
4. Keinginan yang tidak akan tercapai"
-H.R. Imam Thabrani-

"Rasa ini sunggu terlalu haus, namun kan terganti dengan sepenggal surga Firdaus"
-Website Armada-

"Perubahan besar adalah akumulasi dari kebaikan-kebaikan kecil. Dan kebaikan kecil adalah bentuk komitmen dan konsistensi diri seorang muslim. Dan setiap kebaikan-kebaikan kecil itu, ia ada dalam Brawijaya Muslim Week. Temukanlah!"
-Elmo Juanara, Tetimoni untuk BMW-

"Yang perlu dicatat adalah tidak semua produk kreatif adalah inovatif, tetapi produk inovatif sudah pasti hasil kreatifitas"
-Sensei Edi Sukur-

"People come into your life either as a blessing or a lesson"

"Dalam dekapan ukhuwah, kelembutan nurani menuntun kita untuk menjadi anak Adam sejati; memiliki kesalahan, mengakuinya, memperbaikinya, dan memaafkan sesama yang juga tak luput dari khilaf dan lupa"
-Salim A. Fillah-

"Any woman who understands the problems of running a home will be nearer to understanding the problems of running a country"
-Margaret Thatcher-

"Sebagaimana hukum kausalitas, Allah akan menjaga izzah orang-orang yang menjaga izzah saudaranya di depan publik. Respect others if you want to be respect. Dan Rasul mengajarkan kita, untuk menjadi baik, baik dengan sesantun-santun akhlak, semampu kita, kepada saudara-saudara sekitar"
-Elmo Juanara-

"Sebagai seorang kaderisasi, yang saya fahami, mengelola manusia bukanlah urusan yang mudah. Perlu pikiran yang disatukan, hati yang bertaut, dan visi yang menyelaras. Tetapi tunggu! Nikmatnya akan sangat manis diecap dan gemuruh haru hati ketika para penerus itu berhasil mencapai titik posisi optimal mereka, yang strategis, yang prestatif, yang kontributif"
-Elmo Juanara-

"Jika orang yang terpilih yang kuat diantara kita maka kritiklah dia supaya tidak keluar dari jalur dengan sendirinya dan jika orang yang terpilih yang lemah diantara kita maka dukung dia dan dampingi dia agar dia menjadi kuat"
-Fahri Hamzah di Muktamar IX-
"Barangsiapa yang menguasai pagi hari, maka ia menguasai seluruh waktu di hari tersebut. Dan pejuang subuh itu begitu heroik, hadirilah meski dengan merangkak! Tidakkah pahala itu begitu menggirukan?"
-Elmo Juanara-

Tentang penggunaan Teknologi untuk anak..
"tapi yang sering salah pengeertian adalah, ekspose ke teknologi itu diartikan sebagai pengguna teknologi, seperti pengguna komputer, pengguna HP, pengguna tablet dlll. Bukan ini menurut saja. Yang harus diekspose adalah "bagaimana jalannya teknologi tu" bukan "bagaimana menggunakan teknologi" karena itu dua hal berbeda.
Sehingga bagi saya jawabannya untuk SD yang lebih penting adalah memberikan/memotivasi sesuatu ke si anak didik agar tertarik terhadap cara kerja/analisa sesuatu baik teknologi, seni, sains dll."

-Dr. Eko Fajar Nur Prasetyo, M.Eng, dalam sebuah diskusi Tasqif Telegram-

"Tapi saya sudah bertekad. Dan saya yakin saya bisa berkarya dengan baik. Urusan rezeki Allah yang ngatur. Tapi yang saya percaya, ketika kita mengerjakan segala aktivitas dengan totalitas dan cinta, biasanya aktivitas itulah yang akan membesarkan nama kita nantinya. Rezeki itu mengikuti passion"
-Ahmad Rifa'i Rif'an-

"People can copy your idea, your job, your strategy. But none can copy your passion. Kindly reminder, your dream is yours"
-Gamal Albinsaid-

"Ketika senja menunjukkan saganya, terjuntai benang-benang yang siap dirajut. Jangan kau menunggu pagi hari! Kerjakan sekarang juga, atau besok pagi kau harus bersiap mengenakan gaun yang compang"
-Elmo Juanara-

"If your vision doesn't make you want to jump out of the bed in the morning, you need a new vision"
-Gamal Albinsaid-

"Mereka yang kepergiannya membuatmu merasa rindu, dan kedatangannya membuatmu tenteram, orang yang apabila kau dengar namanya disebut maka kau akan mengingat Allah, yang apabila menatapnya maka semakin bertambah kuat keimananmu, dan setiap tutur katanya selalu memberimu pemahaman baru dan membuatmu ingin melakukan kebaikan"
-Kata Sahabat, tentang Orang Tertarbiyah-
"Keramahan dan kesopanan datang dari kerendahan hati, orang yg sombong akan sulit ramah kecuali pura pura dan ada kepentingan"
-Aa Gym-

"Pemain sejati akan terus fight saat ada atau tiada sorak dari penonton baik itu positif maupun negatif. Tugas kita adalah bermain bukan berdebat dengan penonton. Permainan kalau ga ada yang nyorakin ga asik, mari kita tunjukkan siapa yang pemain dan siapan penontonnya?"
-Feri Dwi Sampurno-

"Karakter, milikilah karakter yang kuat agar pendirianmu tetap kokoh.
Kelembutan, milikilah kelembutan agar sekitarmu merasa nyaman dan tentram seketika bersamamu.
Keseriusan, milikilah ia, agar dirimu tetap pada koridor visi besarmu.
Sungguh, dalam diri pemuda itu tersimpan banyak potensi besar, jangan sia-siakan itu!
"Innallaha yuhibbu minassyababilladzi laysat lahu shobwah (sesungguhnya Allah mencintai pemuda yang tidak memiliki sifat kekanak-kanakan"
-Elmo Juanara-

"Sesungguhnya melawan gerakan ini, berusaha mematikannya, membatasi gerak, laju, dan pertumbuhannya adalah usaha yang akan sia-sia. Akidah tidak bisa dilawan dengan besi atau api. Itu sunnatullah. Itu janji Allah. Janji kepada orang-orang yang membela-Nya"
-Menuju Kemenangan Dakwah Kampus-

"Itulah yang terjadi saat kita kelelahan. Kemampuan pengambilan keputusan kita terkikis. Kita mulai melewatkan berbagai hal yang biasa dilakukan di hari-hari normal lainnya"
-Outlier-

"Kamu mahasiswa? Masih bingung dengan masa muda? STOP! Jangan bingung! Allah berikan segudang potensi pada dirimu. Gali dan temukan potensi tersebut, hari ini, disini, di UAKI"

"Mereka yang melawan sunnatullah tidak akan bertahan lama"
-Femina Sagita Borualogo-

"Aliif Laam Miim. Adakah manusia menyangka bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan kami telah beriman, padahal mereka tidak diuji. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka. Lantaran itu Allah mesti mengetahui orang-orang yang benar dan orang-orang yang berdusta"
-Al-Ankabut: 1-3-

"Berkatalah pembesar-pembesar dari kaum Fir'aun (kepada Fir'aun): Apakah kamu akan membiarkan Musa dan kaumnya untuk membuat kerusakan di negeri ini (Mesir) dan meninggalkan kamu serta tuhan-tuhanmu? Fir'aun menjawab: 'akan kita bunuh anak-anak lelaki mereka dan kita biarkan hidup anak-anak perempuan mereka dan sesungguhnya kita berkuasa penuh atas mereka"
-Al-A'raf: 128-

"Musa berkata kepada kaumnya: "Mohonlah pertolongan dari Allah dan bersabarlah, sesungguhnya bumi ini kepunyaan Allah, dipusakakan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dari hamba-hamba-Nya, dan kesudahan yang baik itu bagi orang-orang yang bertaqwa"
-Al A'raf: 127-

"Ada pun buih itu akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada harganya, ada pun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi"
-Ar Ra'd: 17-

"Kami selalu berkwajiban menolong orang-orang yang beriman"
-Ar Rum: 47-

"Andai kamu tahu bagaimana Allah mengatur urusan hidupmu, pasti hatimu akan melelh karena cinta kepada-Nya"
-Ibnu Qoyyim Jauziyah-

"Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, "Kapankan datang pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat"
-QS. Al Baqarah: 214-

"Seorang hamba harus memiliki jadwal atau waktu untuk menyediri. Yaitu untuk berdoa, dzikir, shalawat, merenung, muhasabah, menata hati, dan menuntaskan kewajiban pribadinya"
-Ibnu Taimiyah-

"If you only do what you can do, you will never be more than you are"
-Kungfu Panda-

"Orang yang selalu keras dan kasar bukanlah orang kuat. Ia lemah dan menyelimuti kelemahannya dengan sikap keras. Anjing menyalak kepada orang yang melintas sambil memperlihatkan taringnya adalah karena takut kepada orang yang disalaknya, bukan karena berani. Jika diambil sebuah batu kecil, belum juga dilemparkan, dia telah lari dengan mengulaikan ekornya"
-Buya Hamka, Pribadi Hebat-

"Sungguh saya telah berjumpa dengan beberapa kaum, mereka lebih bersungguh-sungguh dalam menjaga waktu mereka daripada kesungguhan kalian untuk mendapatkan dinar dan dirham"
-Al Hassan Basri-

"Dream as if you'll live forever, live as if you'll die today"

"If you dreams don't scare you, they're not big enough"

"If it doesn't challenge you. It doesn't change you"

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi"
-38:25-

"Budaya untuk memahami suatu pelajaran dan mencoba explore lebih lanjut tentang pengetahuan itu, akan menghasilkan suatu budaya research university"
-Hadi Teguh Yudistira-

"Tatkala Ia mendekatkan kami dengan nikmat dan musibah, kami tahu, bahwa di saat apapun, barakallah itu membawakan kebahagiaan"

"Sakura adalah sakura
Azalea adalah azalea
Mereka semua tampak cantik karena berbeda
Manusia juga sama seperti bunga, tak perlu tampak sama
Setiap orang harus berusaha untuk mekar dan menampakkan
Keindahannya sendiri-sendiri"
-Kyoto Imperial Palace, Japan-

"Hidup adalah kumpulan masalah yang tak boleh melemahkan tekad. Bersama waktu, berbagai masalah akan terurai sesuai jadwalnya. Maka boleh jadi kita tak selemah yang kita kira, hanya saja kita salah menghargai diri"
-Usna Syuhadah-

"..Mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakan untuk memahami,
mereka mempunyai mata, tetapi tidak dipergunakan untuk melihat,
dan mereka mempunyai telngia, tapi tidak dipergunakannya untuk mendengar. Mereka itu penaka binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai"
-Q.S Al A'raaf: 179-

"Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan atau mempersilakan. Ia adalah keberanian, atau pengorbanan"
-Jalan Cinta Para Pejuang-

"Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan. Itulah keberanian. Atau mempersilahkan, yang ini pengorbanan"
-Jalan Cinta Para Pejuang-

"Bahwa cinta bukanlah gejolak hati yang datang sendiri melihat paras ayu atau jenggot rapi. Bahwa, sebagaimana cinta kepada Allah yang tak serta merta mengisi hati kita, setiap cinta memang harus diupayakan. Dengan kerja, dengan pengorbanan, dengan air mata, dan bahkan darah"
-Jalan Cinta Para Pejuang-

"Kami siap untuk mendengar dan taat, baik dalam keadaan rajin maupun malas, baik dalam suka maupun duka, dalam keadaan rela maupun terpaksa"
-Bai'at Para Sahabat-

"Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak)"
-QS. Al Muzzammil: 7-

"Mintalah fatwa kepada hatimu. Karena kebenaran itu adalah apa-apa yang terasa mentramkan di hati, dan keburukan itu adalah apa-apa yang meresahkan hati"

"Tidak ada satu musibah yang menimpang setiap muslim, baik rasa capek, sakit, bingung, sedih, gangguan orang lain, resah yang mendalam, sampai duri yang menancap di badannya, kecuali Allah jadikan hal itu sebagai sebab pengampunan dosa-dosanya"
-HR. Bukhari-

"Kita juga belajar bahwa 'membunuh' bibit kerusakan ketika dia baru berkecambah adalah pilihan bijaksana. Dalam beberapa hal seringkali ada manfaat diraih sekaligus kerusakan yang meniscaya. Padanya, sebuah tindakan didahulukan untuk mencegah bahaya. Ada tertulis dalam kadaih fiqh, "Dar'ul mafaasid muqaddamun 'alaa jalbib mashaalih. Mencegah kerusakan didahulukan atas menarik kemashlahatan"
-HxH-

"Every strike brings me closer to the next home run"
-Haka FBK-

"Perjalanan ini hanya sekali, aku tidak ingin tersesat, atau jatuh nelangsa dalam lembah kenistaan, yang aku tahu, bersama Allah dan kamu, semua akan baik-baik saja"
-Elmo Juanara, with Gratitude in Walimatul Ursy-

"Di hutan, kulihat dua cabag jalan terbentang. Kuambil jalan yang jarang dilalui orang. Dan itulah yang membuat segala perbedaan"
-Robert Forst, The Road Not Taken-

"Kita tidak dapat terhindar dari celaan orang lain"
-Ust Jalal-

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok..."
-QS. Al Hasyr: 18-

"If all the people are pleased with you but Allah is not, what have you gained? If Allah is pleased with you but no one else is, what have you lost?"
-Dewi Nur Aisyah, PhD Student UK-

"Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), "Sembahlah Allah, dan jauhilah Tagut," kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul)"
-QS. An Nahl: 36-

"Jiwa akan terus meminta jika selalu kau manjakan.
Sebaliknya, jika dikembalikan pada yang sedikit, dia pasti akan puas juga"
-'Aidh al-Qarni-

"Jika tiada kemesraan antara kita dan Allah maka ia tidak akan mampu menerima beban yang berat"
-Andika MJR SJS-

"Many people come and go in our life. Everyone that's been in our life has been there for a reason, to teach you, to love you, or to experience life with you"
-INP, Nagoya-

"Selalu kerja keras, usaha tanpa henti, tanpa mengeluh dan putus asa, selalu berpikir positif kepada-Nya, berdoa tiada henti, in syaa Allah semua akan beres sebagaimana mestinya"
-Pesan Sponsor dalam buku Catatan Inspirasi dari Jepang-

"If Allah can take away something you never imagined losing, then surely Allah can grant you something you never imagined gaining"
-MJR 2-

"You can do what I cannot do. I can do what you cannot do. Together we can do great things"
-M.T-

"A husband said to his wife, "50.000 years before sky was introduce to the sea, Allah Azza Wajjal wrote your name next to me"
-Dela Anjelawati-

"Perjalanan akan menghilangkan kesedihan"
-Bijak Lestari-

"I've learned a lot from people that never existed"
-Anime Facts-

"Orang yang mengaku meneladani Rasulullah hanya akan berinteraksi sesuai koridor akhlak Rasulullah serta tidak memiliki tujuan lain dalam hidup selain tujuan utama penciptaan dirinya"
-Syarah 10 Muwasofat-

"It was all of you who truly made me the person I am today"
-Erica Goldson, Outstanding Student in Graduation America"
"Jika dunia terasa berjalan begitu cepat, berhati-hatilah! Bisa jadi kita yang terlalu lambat"
-Anonymous-

"Modernization is not about the matter of technology, but is more about the way we think and be have"
-Anonymous-

"Seorang mukmin adalah ia yang berlaku ihsan dalam setiap urusannya. Dalam ihsan itu, ilmu menjadi faktor penjuru. Apalagi, dalan Islam hal demikian terpandang sebagai ibadah. Dan ibadah diterima, jika dan hanya jika ada ikhlas dan ittiba' kepada apa yang diturunkan Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam"
-Ust Salim A. Fillah-

"Bahwa cinta bisa tumbuh setelah menikah, maka Allah mengajari kita untuk mengupayakan cinta. Seperti cinta kita padaNya yang tidak datang dengan sendirinya. Ia datang dengan iman. Iman datang karena hidayah. Hidayah datang karena jihad menjemput karuniaNya. Dan sebelum itu ada ikhtiyar"
-Ust Salim A. Fillah-

"Jika cinta pada Yang Maha Agung adalah buah ikhtiyar, mengapa kita tak mengupayakan cinta pada dia yang dihalalkan untuk kita dan justru terbelenggu oleh cinta pada yang tidak dihalalkanNya?"
-Ust Salim A. Fillah-

"Ikhtiyarkanlah cinta dengan kata-kata. Dan dunia akan menyaksikan kelahiran pujangga baru. Katakan. Tuliskan. Tuangkan. Senandungkan"
-Ust Salim A. Fillah-

"Alhamdulillah idul fitri tahun ini bisa bersama keluarga dan isteri. 'Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?'"
-In Gratitude, Walimatul Ursy-

"Perjalanan mengenalkan kesejatian karakter yang spontan, kejenakaan yang tak dibuat-buat, dan perilaku mempesona yang tak terduga"
-Salim A. Fillah-

"Pilihlah teman sebelum memilih jalan, dan siapkanlah bekal sebelum berangkat"
-HR Al Khathib, Qabasun Min Nuuri Muhammad (58/10)-

"Sometimes Allah allows you to taste the bitterness of this world, so that you could fully appreciate the sweetness of faith"
-Omar Suleiman-


2 comments:

  1. terimakasih, terus menginspirasi ya!

    ReplyDelete
  2. terimakasih, terus menginspirasi !

    ReplyDelete

please.... give me comment for my blog