Friday, January 27, 2012

Cara Mempercantik Blog dengan Widget

"AHA! Akhirnya Blog saya jadi juga. Lalu apa yang harus saya lakukan selanjutnya? hmm Bagaimana cara mempercantik dan mendekorasi Blog agar tampak menarik dan supaya banyak di kunjungi orang ya?? "

Itulah beruntun pertanyaan yang saya lontarkan sewaktu saya baru mengenal Blog. Setelah saya pelajari dan bertanya sana sini dengan berbagai sumber, dan dengan di dukung perkembangan Blogspot yang semakin memadai, maka untuk Mempercantik dan Mendesain Blog dengan Blogspot tidaklah sesulit dulu. Nah sekarang pihak Blogspot telah menyediakan banyak macam Widget. Widget atau Gadget adalah suatu alat pendukung blog Anda, seperti gambar, video baris, Slide Show, java script, followers, Feedburner, popular post, statistik pengunjung blog Anda, kotak penelusuran, teks, polling, label, news, logo, profil Anda, arsip blog, dll. Pokoknya buannyaakk deh. Itu baru sekedar Widget yang ada di blogspot lho, belum yag dari laen-laen. dan untuk mempercantik dan mendesain blog selain dari widget, bisa juga dari Template/Tema blog. Nah untuk cara mengubah template Blog (khususnya blogspot) bisa lihat artikel disini.

Sejenak kita tinggalkan tentang Template, kembali kepada Widget. Langsung aja untuk cara mempercantik Blog dengan Widget, ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Login pada www.blogger.com
  • masuk ke halaman dashboard (bagi yg menggunakan tampilan baru saya sarankan untuk mengubahnya ke tampilan lama / old display, karena itu lebih mudah di pahami (: )
  • Masuk ke Menu Rancangan/Design
  • disana akan di tampilkan elemen lama, klik add widget/gadget
  • selanjutnya akan terbuka tampilan windows baru, pilih widget yang ingin Anda tambahkan. untuk awal pilihlah yang kategori dasar-dasar dulu. misalkan Anda mau menambahkan gambar, ya Anda bisa nge-add nya.dll sama, kalau mau tinggal di klik Add --> Simpan.
  • Setelah di simpan Widget tersebut sudah terpasang di blog Anda. Anda bisa menggunakan Drag untuk memindahkan dan menentukan urutan widget yang terpasang di blog Anda.
Itulah sedikit Tips untuk mempercantik blog dengan Widget/Gadget, masih banyak cara -cara lain untuk mendesain blog menjadi lebih menarik. Anda bisa lihat di kategori 'Tips Blogspot'. Nah jangan lupa bagi yang ingin mengganti Template atau Theme Blog bisa klik disini.

Elmo Juanara
081807538830
www.ElmoJuanara.blogspot.com

No comments:

Post a Comment