Friday, February 17, 2012

3 Cara Membuat Orang Senang Kepada Kita

Pernah baca How to Win Friends and Influence People? itu buku pengembangan diri yang membahas mengenai cara memikat dan mempengaruhi orang lain. disini saya akan menshare 3 Cara Membuat Orang Senang Kepada Kita. 3 Tips tersebut ialah ....

1. Ucapkan salam saat bertemu
Mengucapkan salam disini yang di maksud berjabat tangan, dan ucapkan assalamualaikum. Karena assalamualaikum merupakan doa untuk saudara kita, dan ketika mereka membalas itu akan menjadi doa juga untuk kita. Berjabat tangan yang erat, dan berikan senyuman, pada saat masih berjabat tangan, tanyalah sedikit hal-hal mengenai dirinya (basa-basi). jabat tangannya harus lama? sttt ngomong-ngomong jabat tangan itu (sesama muslim) meruntuhkan dosa lho.
2. Berikan kelapangan atau keluasan dalam suatu keadaan
Maksudnya kita memberikan kemudahan kepada mereka. contoh kalau dalam seminar, ada seorang peserta yang terlambat datang, adalah wajib bagi kita untuk memberikan atau mempersilahkan orang itu untuk duduk dalam acara seminar itu. Contoh lain adalah di busway, belakangan ini keadaan people skill orang-orang di busway sudah mulai terlihat, ketika ada seorang tua, ibu yang sedang mengandung, atau orang cacat, seseorang bangkit dari tempat duduknya dan mempersilahkan mereka untuk duduk di kurisnya tersebut. dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Nah itu dia yang di maksud memberi kelapangan atau keluasan dalam suatu tempat. Maka dengarlah pernyataan berikut itu, "kalau kita sering memudahkan seseorang, maka kita akan sering mendapat kemudahan juga."
3. Panggil saudaramu itu dengan nama yang paling mereka sukai
Kebiasaan orang sekarang, memanggil nama dengan nick name, atau nama gaulnya, misalnya kiki, padahal namanya udah bagus-bagus Rizky (yang artinya rezeki), dll. Coba kita belajar berempati, berlajar menempatkan diri kita di posisi mereka. ketika kita di panggil dengan nama yang tidak kita sukai lantas apa respon kita? engga suka? iyalah. Maka dari itu panggillah saudaramu itu dengan nama yang ia sukai. Seperti kata pepatah, "Karena nama adalah musik yang paling indah" iya tho?

Elmo Juanara
081807538830
www.ElmoJuanara.blogspot.com

1 comment:

  1. Hmm

    mantap mas bro...

    tpi dalam menjaga pertemanan tolong di post juga yaaa

    ReplyDelete

please.... give me comment for my blog