Wednesday, November 27, 2013

Nama Acara Itu.. Sarasehan Nasional!




Hari itu dengan rasa penuh syukur, ku langkahkan kaki ku ke dalam kelas pembelajaran, sebuah kelas yang menyatukan beberapa teman-teman dari daerah lain untuk menuntut satu disiplin ilmu yang sama di sebuah ruang berisi kursi-kursi.

Pada saat itu, aku mendapat kesempatan belajar terkait 'networking'! oh mann! Singkat cerita, ketika memasuki kelas sambil menunggu pembicara datang, kita saling berkenalan, menuliskan nomor telpon masing-masing, dan tak lupa aku memberikan kartu nama (promosi) hehe

Pembicara pun tiba, kelas di mulai, dan JENG JENG JENG JENG!

Pematerinya itu terlihat kalem, permulaannya sangat tenang, yang akhirnya ku ketahui bahwa beliau adalah mantan Ketua Umum Salam UI 2012. YsGunawan begitu di beliau ingin di panggil. Dengan mempromosikan Twitternya, @YsGunawan beliau menutup sesi perkenalannya itu, dan sekarang memasuki materi, eh sebenernya lebih ke sering sih bro. cekidot!

Kelas Networking - Connect!


Temanya Networking, judulnya Connect. Materi dimulai dengan pembentukkan mindset dulu mengenai pentingnya networking dengan analogi jika ada dua negara yang terpisah, maka yang di butuhkan apa? Jembatan atau Menara? ya Jembatan lah! judul materinya aja Networking! hehe

Materi dilanjutkan dengan pemahaman-pemahan dan alasan mengapa kita HARUS punya jaringan. Sedikit meringkas materi, ada tiga alasan mengapa sebuah LDK (Lembaga Dakwah Kampus) membutuhkan jaringan,
  1. Akselerasi, untuk percepatan dari LDK itu membangun dan mempromosikan oroduk-produk dakwahnya. Tidak hanya jaringan dalam kampus, tapi juga luar kampus.
  2. Upgrade, meningkatkan kapasitas LDK di mata lembaga lain dan meningkatkan sumber daya manusia yang ada di LDK itu untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak luar.
  3. Ekspansi, ekspansi produk-produk dari LDK harus disebar luaskan seluas-luasnya. Akan lebih mudah produk itu tersebar jika memiliki jaringan yang banyak dan baik.
Setelah itu materi di lanjut dengan sharing-sharing dari mas Gunawan dari pengalamannya ketika mempin LDK Salam UI. Ternyata ketika itu Salam UI sudah banyak melakukan akselerasi-akselerasi dakwah, contohnya menjalin hubungan yang baik antar UKM-UKM yang ada di UI, pun dengan organisasi-organisasi kepemudaan di luar kampus.

Sedikit saya kasih contohnya, ketika itu kemuslimahan Salam UI mulai mendekati komunitas-komunitas Hijabers, ternyata komunitas Hijabers itu sangat terbuka, mereka bahkan ingin sekali bergabung dengan teman-teman kemuslimahan Salam UI, tetapi mereka masih ragu karena mereka belum se sholih dan jilbab mereka belum lebar-lebar seperti mereka. Tetapi karena pendekatan dan hubungan yang baik, akhirnya mereka jadi ikut juga kok di setiap kajian-kajian Salam UI. Nah lho! It's strength of networking! 

Lingkup Jaringan LDK


Setelah itu ada tanya jawab, antusias peserta untuk tanya jawab sangat tinggi. Sampai-sampai saya tidak kebagian 'jatah' nanya. But, it's okay. Pertanyaan yang mau saya ajukan sudah di tanyakan oleh peserta lain hehe

Kalian tahu apa saja permasalahan-permasalahan dari setiap LDK yang hadir waktu di kelas itu? Intinya adalah sulitnya membangun jaringan di awal dan bagaiamana orang atau lembaga lain menerima produk-produk dari LDK kita.

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa sekarang ini adalah era nya Kolaborasi. Banyak lembaga berkembang dan melesat maju karena  terbukanya mereka dengan lembaga lain dan kemauan yang kuat untuk berkolaborasi. Intinya di Era Kolaborasi ini, maka ilmu Networking akan sangat Working untuk kemajuan LDK antum.


Kesan Pesan selama di IIF Sarnas FSLDK IPB Bogor, 22-24 November 2013

Pertama kali liat Al-Hurriyah itu dari video pas masih SMA. Pas lagi pesantren kilat, pematerinya muterin video mas Danang Ambar Prabowo. Tentang impian. Saya terkagum, ada orang luar biasa yang di lahirkan dari Al Hurriyah, IPB itu. Rasa-rasanya saat itu juga impian untuk kesana itu muncul.

Dan alhamdulillah Allah memberikan menjawab mimpi itu pada tanggal 22-24 November 2013. Tidak hanya mengunjungi Al Hurriyah Bogor, tetapi di berikan kesempatan juga untuk 'belajar' dan bertemu dengan saudara-saudara se iman se Indonesia. 


"Selayang impian beberapa tahun silam, Allah menggenapkannya di tahun ini, menghantarkan akselerasi diri, bertatap dengan saudara seiman se-Indonesia, 'maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?'" 
#RoadToIPBBogor, Sarasehan Nasional FSLDK 2013

Kesan, pesan, dan perjuangan menuju Sarnas itu sesuatu banget deh. Mulai pas mau berangkat naik kereta aja udah ketar ketir takut ada teman yang tertinggal. Sampai di kereta itu nikmatnya bisa naik kereta bareng teman-teman, biasanya kalau naik kereta itu sendiri dan paling tujuannya rumah, tapi kali ini adalah sebuah perjalanan yang luar biasa, perjalanan dengan orang-orang luar biasa, menuju tempat yang luar biasa.

Hari-hari disana pun di isi denga hal-hal yang selalu terngiang di memori (insyaAllah seumur hidup). Tak kuasa tubuh ini, ketika menginjakkan kaki di Al Hurriyah menjadi delegasi dari Rohis Universitas (@UAKIUB).

Sampai ketika hari terakhir, ketika itu setelah melaksanakan sholat dhuha, kami (Puskomdan Malang Raya) duduk-duduk di tangga masjid. Pemandangan ketika itu adalah sekelompok anak-anak SD yang sedang senam sehat, terdengar riang ketawa mereka. Ku tengok lebih sedikit ke atas, sinar matahari terasa menyilaukan, tetapi menghangatkan sekujur tubuh. Hati ketika itu sangat halus dan lembut, sangat bersyukur sekali atas nikmat-nikmatnya, dan... tak terasa beberapa air menetes dari mata. Allahukabar!


"Mentari pagi Bogor menerpa sekujur tubuh, menelisik di setiap rongga-rongga badan, hangatnya, membakar semangat untuk terus mengisi ruang-ruang galeri karya anak bangsa

Pun dengan diri kita, refleksi dari hangatnya sinar mentari ini semoga dapat melebur dosa, membersihkan segala kekhilafan lampau yang melekat, dan memurnikan keburukan-keburukan yang sempat belepotan di dalam diri

Karena, masalah dan solusi itu sama dekatnya dengan seorang hamba ketika ia sujud kepada Tuhannya"


#MuhasabahPagi #AlHurriyahBogor #SarnasFSLDK2013


Al Hurriyah, IPB Bogor
Peserta Sarnas FSLDK 2013
Puskomda Malang Raya
Rohis Kampus UAKI UB
Penggalangan Dana Untuk Syiria
IPB Bogor


Signature



Elmo Juanara
(www.ElmoJuanara.com)

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog