Thursday, May 16, 2019

#LifeJourney 03: AKSELERASI DOA


Pertemuan dengan bulan suci Ramadhan, merupakan kesempatan langka yang harus dijaga dengan baik, dioptimalkan se maksimal mungkin dan jangan sampai ia terlewat dengan sia-sia.

Betapa baiknya Allah masih mengizinkan kita bertemu pada bulan ini, jadi ayo maksimalkan bulan ini dengan beribadah dan memperbanyak amal kebaikan. Salah satunya dengan memperbanyak membaca al-quran, karena bulan ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Quran.

Di bulan ini, sudah sering kita dengar bahwa ayat al quran yang berkaitan dengan bulan ramadhan ini termaktub dalam surat Al Baqarah ayat 183-187. Dari keseluruhan ayat tersebut, semuanya menyangkut bulan ramadhan. Seperti kewajiban berpuasa, beberapa keringanannya, hingga penjelasan mengenai turunnya al quran pada bulan tersebut.

Tetapi jika kita menelaah lebih detail, ada satu ayat yang tidak berbicara tentang ramadhan direntang ayat tersebut, yaitu ayat 186. Ayat tersebut berada direntang ayat 183-187 tetapi tidak membicarakan tentang ramadhan.

Ayat 186 itu berbicara tentang doa. Ya betul, tentang sebuah kabar gembira bagi orang yang berdoa, terkhusus pada bulan ramadhan.

Dalam ayat tersebut ternyata Allah memberikan sebuah garansi, bahwa Allah akan mengabulkan semua permintaan (doa) hamba-hambaNya. Tetapi ada lagi yang lebih menarik, yaitu permohonan (doa) tersebut akan dikabulkan, dengan syarat kita harus memenuhi perintah Allah dan beriman kepada Nya.

Tentang sebuah syarat memenuhi perintah Allah, ternyata ini mungkin menjadi kunci akselerasi dari sebuah doa. Doa akan cepat terkabul jika kita cepat/bersegera memenuhi perintah Allah juga. Ini adalah kunci menurut saya.

Bulan ramadhan adalah bulan doa, mari memperbanyak doa di bulan ini, in the meantime, kita juga harus berusaha untuk memenuhi segala perintah yang Allah berikan.

Semoga akselerasi doa itu menjadi nyata.

ps: berbicara mengenai doa, maka Allah Maha Baik telah mengabulkan salah satu mimpi saya untuk merasakan kereta super cepat Nozomi Shinkansen dengan rute Tokyo-Osaka.

#11Ramadhan