Thursday, June 25, 2020

Persiapan Aging Population di Negara Maju (Jepang)

Gambar 1
Disaat negara2 berkembang spt Indonesia sedang menyiapkan agenda menyambut bonus demografi, negara2 maju, semisal Jepang, tengah menyiapkan segalanya menyambut aging population. Saat-saat ini riset dan konsentrasi untuk Elderly people mulai menjadi perhatian. Mulai dari persiapan fasilitas perawatan, asuransi, kebutuhan harian, sampai kendaraan canggih khusus elderly.

 Beberapa waktu lalu saya mengikuti seminar dari pemerintah prefektur, disana saya melihat info terkait ada perusahaan Jepang yang core businessnya fokus pada produksi makanan untuk elderly. Karena elderly harus memakan makanan yang halus dan mudah di cerna, jadilah itu sebagai kunci dan celah bisnis mereka. Selain itu sektor makanan, ada juga sektor perawatan dan entertaiment for elderly. Laundry dan kebutuhan2 kebersihan untuk elderly juga ada.

Saya tidak tahu ini di lihat sebagai peluang bisnis, atau mengabdian yang tulus kepada elderly people. Tapi kira2 begitu yang saya perhatikan.

Dalam satu mata kuliah, saya juga melihat banyak profesor yang juga sedang mengembangkan kendaraan untuk elderly people. Mengambil tema Future Vision, A Diverse and Individualized Social Innovation Hub, dengan goals yaitu: Kendaraan yang aman dan nyaman untuk elderly, information service untuk elderly bisa ikut agenda2, dan social structure ygn mendukung elderly untuk ikut agenda2 dan mendukung daily life nya.

Untuk kendaraan yang aman yang nymana tersebut menarik, definisinya yaitu driver assisted system to prevent car accidents and relieve anxiety by understanding human factors of the elderly.

Kalimat yang saya tebalkan merupakan kata kunci dari riset2 yang sedang berkembang di Jepang sekarang.

No comments:

Post a Comment