Sunday, March 13, 2022

Gelombang Ke 3 SDM Strategis Indonesia

Gelombang Ke 3 SDM Strategis Indonesia

oleh Elmo Juanara

Dalam sebuah webinar salah satu asosiasi penelitia Indonesia di Luar Negeri, seorang moderator dalam webinar tersebut menyampaikan sebuah statement yang dia dapatkan dari KBRI Korea Selatan, statementnya kira-kira seperti ini (tidak sama percis), "Gelombang pertama orang-orang (SDM) strategis di Indonesia itu alumni2 dari Eropa, Amerika. Kemudian gelombang kedua nya adalah orang2 Indonesia yang sekolah ke Jepang. Dan sekarang, di gelombang ke 3.. adalah mereka yang kuliah dan alumni dari Korea Selatan"

Saya sempat terdiam mendengarnya, kemudian berfikir dan merenung, sepertinya memang Korea Selatan ini pas sekali sebagai benchmarking yang apple to apple untuk Indonesia dalam parameter akselerasi kemajuan negara.

Saya tidak terlalu faham apa yang terjadi di lingkup perdagangan global, yang pasti secara grafik, ekonomi Korea Selatan bertumbuh signifikan. Brand2 dan perusahaan Korea Selatan sudah mulai masuk untuk investasi di Indonesia.

Selain itu,  banyak saat ini muncul peneliti-peneliti berprestasi di kampus2 tanah air yang merupakan jebolan Korsel. Tak lupa juga, ada suatu universitas di Indonesia Timur sana yang dua rektornya berturut-turut diambil dari alumni Korea Selatan.

Jika benar memang istilah2 gelombang itu, maka gelombang pertama itu sekarang menjadi top leader di pos2 strategis di Indonesia, di susul gelombang kedua. Dan gelombang ketiga ini yang mungkin akan memberikan dampak besar di Indonesia secara bertahap (karena masih banyak yang stay disana belum kembali ke tanah air).

Kesimpulan saya berarti 10-15 tahun ke depan, model2 kebijakan pembangunan Indonesia sedikit banyak akan dipengaruhi oleh gelombang ke 3 :p

Allahualam (random thought)

No comments:

Post a Comment