Wednesday, December 7, 2011

Dana Liburan: Ready or Not?

Vacation is coming!

Ya akhir tahun sudah tiba danbanyak orang sudah siap-siap menanti hari libur yang telah mereka rencanakan.Liburan menjadi saat yang ditunggu-tunggu karena merupakan refreshment moment dan saat menghabiskan waktu bersama keluargatercinta, jadi hopefully it will have ahappy ending, right?

Beberapa sudah membeli tiket darijauh-jauh hari dan memesan hotel/penginapan yang akan ditempati disana, tapitidak sedikit yang melakukan semuanya onthe spot alias mendadak.

Ada beberapa hal yang bisa kitasiapkan agar liburan dapat kita nikmati dan pastinya tidak membawa beban,supaya jangan setelah liburan selesai bingung dengan hutang konsumtif yangmenumpuk..itu namanya nikmat membawa sengsara..hehe..

Tentukan budget liburan

“Yah..budget lagi..budget lagi..” beberapa mulai mengeluh..but that’s the basic rule! Kalau kitatidak pernah menentukan budget/anggaranliburan maka jangan heran kalau dana yang dihabiskan sangat besar sehinggamungkin bonus akhir tahun habis semua untuk liburan, atau bela-belain gesek credit card tapi nanti bingung bayar minimum payment-nya. Budget itu bisa dianggap sebagai our guardian atau penjaga kita yangmengingatkan bahwa ada batas yang jangan kita langgar, demi kebaikan kita juga.Budget perlu dibuat detil, untuk tiketpulang-pergi, penginapan, makan & minum, transport, jajan,belanja/oleh-oleh, tempat wisata, dll. Jangan sampe ada yang ketinggalan yaa..

Pilih tempat liburan yang sesuai

Jadi sudah bisa menentukan budget ya..okay next saat menentukan tempat tujuan ya harus disesuaikan dengan budget, mo keluar negri boleh-boleh aja, tapi kalo budget-nya cuma cukup buat beli tiketpesawatnya ya jangan dipaksakan, nexttime prepare well okay, don’t be sad. Kalo memang bener-bener pengenkesitu tapi budget-nya belum cukup yakalo gitu ada dua pilihan, pertama tetap pergi berlibur ke tempat yang sesuai budget atau menunda liburan dan mulaimenambah dana liburan supaya bisa ke tempat impian, yang penting hati tenangdan senang ya kan.. ;)

Keep in control

Liburan memang saatnyasenang-senang tapi bukan berarti lupa diri kan? Apalagi lupa pulang..hihi..nahbuat yang hobby belanja tetap waspadasudah berapa banyak uang yang dihabiskan, kalo buat budget-nya udah okeh banget tapi pelaksanaannya gagal yahhsusah-susah juga deh akhirnya. Jadi ya sisihkan cash/uang tunaiuntuk belanja (sesuai budget yang sudah ditetapkan) kalo sudah habis ya udahstop! Tapi gimana donk kan kapan lagikesitu?? Ya kapan-kapan..hehe..there’salways an excuse to over your budget, so decide wisely..Jangan lupa punyatujuan keuangan yang lain yaa..

So are you ready to go? I hopeyou are well prepared and will have a happy holiday!

Sumber :http://blog.ngaturduit.com/2011/12/dana-liburan-ready-or-not/
Categories: ,

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog