Saturday, January 7, 2012

Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Apa itu blog? blog adalah semacam homepage atau halaman pada situs atau web tertentu. Blog biasanya merupakan milik pribadi. Blog digunakan sebagai tempat menulis artikel atau aktivitas si pemilik blog, tempat curhat, tempat berbagi ilmu, dan sebagainya. Ada juga orang yang memanfaatkan blognya untuk berbisnis. Berbisnis dengan blog? apa maksudnya? maksudnya kita akan berbisnis online dengan hanya mempunyai blog. Contohnya berbisnis dengan blog adalah kita sebagai publisher. Tugas publisher adalah menempatkan iklan dari advertiser ke dalam blog Publisher. Ada salah satu konsep dari cara kerja pembayaran advertiser adalah PPC(pay per clic). Yaitu pembayaran yang di lakukan bilamana ada seorang yang mengklik iklan anda, maka anda akan mendapat uang atau komisi dari jasa publisher. Nominal pembayarannya pasti dong di tentukan oleh pihak advertisernya sendiri. Hhe.

Di dunia maya, Pihak yang menyediakan jasa membuat blog free (gratis) Blogger, Wordpress, Multiply.(yang saya tahu baru itu, mungkin teman2 lebih mengetahuinya).
Disini kita akan membahas cara membuat Blog dengan Blogspot. Karena menurut saya, dengan blogspot akan lebih mudah.

Pertama anda surfing dahulu ke www.blogger.com
Setelah itu, anda temukan tulisan yang seperti ini "Create a blog. it's free" (mungkin kayak gtu ya...)
Ada tiga langkah untuk membuat blog di blogspot.
1. Buat Google Account
2.Tentukan nama Blog Anda
3. Pilih Template

Kita mulai dari langkah yang pertama ya, yaitu yang membuat Google Account terlebih dahulu.
Note: Jika anda sudah mempunyai Google Account, anda tinggal ikuti langkah yang kedua dan yang ketiga.

1. Membuat Google Account:
Anda diharuskan mengisi kolom-kolom yang ada, harap diisi dengan benar. seperti email harus eksis atau aktif, dan kekuatan password.
Setelah itu klik continue

2. Tentukan nama Blog anda
Disini anda diminta mengisi kolom-kolom yang akan menjadi dasar bagi blog anda. Anda akan mengisi URL blog, Nama blog, dan lain-lain. (Note: URL blog sangat penting bagi pengunjung yang sering berkunjung ke blog anda. Pastikan sebelum mencantumkan URL blog, Anda pikirkan matang-matang kira-kira URL apa yang cocok untuk blog Anda. Karena jika Anda terlalu sering mengganti-ganti URL, pengunjung blog Anda akan bingung mencari Blog Anda, yang ada mereka malah pergi meninggalkan blog Anda)
Setelah mengisi semuanya, klik continue

3. Pilih Template Blog Anda
Akhirnya sampai juga pada tahap terakhir, anda tinggal memilih template untuk blog anda. Anda pasti tahu template bukan? jika belum tahu, template adalah semacam background yang ada di dalam website atau blog. Template sangat berpengaruh terhadap jumlah visitor Blog Anda .Dengan Template yang menarik dan bagus, pengunjung akan bedah berada di blog Anda. Demikian blog Anda akan semakin terkenal dan banyak di kunjungi oleh orang-orang. Jika sudah seperti itu, kemungkinan Advertiser menyewa space di blog Anda untuk menaruh iklannya, besar.
Oke, setelah memilih Template yang cocok. Anda tinggal klik continue. Dan selanjutnya blog Anda sudah jadi, silahkan Anda mulai Blogging. Blogging maksudnya Anda sudah bisa mengotak-atik blog anda. Jangan lupa jika mau blog Anda bagus, anda tambahkan Postingan, Widget, atau pernak-pernik yang lainnya. (Ingat! blog yang memiliki widget yang banyak dan tidak sangat berguna akan menjadi berat, dan akan susah untuk di akses oleh pengunjung, nanti jadinya akan pembuat pengunjung boring and leave your blog (bosan dan keluar dari blog Anda). Tidak mau seperti itu kan?

Oke, mungkin sampai disini Anda sudah mengerti. Bagi Anda yang baru mengenal blog(sebernarnya saya juga pemula sih...) ber-kreasilah di blog dengan cara memposting artikel-artikel yang berkualitas, yang dapat membantu orang lain dalam sisi positif.

Signore

Elmo Juanara
(www.elmojuanara.co.cc)
Categories:

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog