Tuesday, February 28, 2012

Pilih Laptop atau Notebook?

Hari itu tepatnya hari minggu, tempat pelatihan pun mulai di penuhi oleh setiap orang. Berbeda dari seminar atau training biasanya, pelatihan kali ini diadakan di suatu Masjid di Jakarta, Masjid Sunda Kelapa tepatnya. Pada hari itu akan di adakan training blog/website untuk beginner. Saya hadir dengan beberapa teman saya satu jam sebelum acara dimulai, sambil menunggu acara kami memperhatikan ruangan se isi masjid. Corak bangunan yang luar biasa. Setelah itu orang-orang yang berdatangan semakin ramai saja, begitu mereka sampai, mereka langsung duduk, tidak mengeluarkan handphone atau sapu tangan, melainkan mengeluarkan Laptop atau Notebook mereka. Dan hampir semua orang melakukan itu.

Saya terkesima melihat mereka, mereka mirip seperti engineering microsoft, hebat kemana-mana bawa laptop atau notebook, hehe. Saya yang waktu itu masih SMP ke pingin sekali punya laptop atau notebook, supaya kalau pergi bisa di bawa-bawa. hehe :D

Setelah melihat beberapa fenomena ini, beberapa tahun kemudian saya makin sering sekali menjumpai banyak orang yang sudah menggunakan laptop atau notebook. Hampir di semua tempat, yakni kantor, rumah makan, cafe, bahkan sekolah. Bayangin sekolah SMA anak-anaknya sudah bawa laptop. Kerenn kan!!

Yah itulah sekarang harga laptop dan notebook sudah murah, beberapa tahun yang lalu berbeda dengan sekarang (kalau mau lihat harga laptop disini). Sekarang, saya tidak terlalu kagum lagi kalau ada orang bawa laptop hehe. Yah bagi teman-teman mungkin ini kesempatan bagus untuk membisniskan Laptop, jangan sampai kelewatan nih peluang. Bisnis apa? yah apa aja, mungkin menjual laptop, aksesoris laptop, dll. Itu sih bagaimana cara temen-temen melihat peluang ini. :) (untuk peluang bisnis laptop saya tidak bahas disini)

Kembali ke topik, jika mana laptop, notebook, dan netbook telah marak, dan PC sudah jarang di gunakan itu berati dunia sudah berputar ke arah yang berbeda. Bisa di sebut Era Informasi/Teknologi. Dengan semakin banyaknya beragam pilihan mungkin bisa membuat kita pusing, mana yang akan kita pilih? PC (personal computer), Laptop, Notebook, Netbook?

Itulah mungkin pertanyaan yang sering di ajukan oleh orang-orang yang ingin membeli perangkat keras ini. Sedikit tambahan yang saya tahu perbedaan di antara keempat itu adalah :
  • PC (Personal Computer), biasanya di pakai di rumah-rumah, bentuknya gede, kayak di warnet-warnet. dan ga bisa di bawa kemana-mana :)
  • Laptop, bentuknya agak besar, ada DVD roomnya, harga lebih mahal di bantuk note atau net book
  • Notebook, sesuai nama note yang berati catatan, isinya di khususkan untuk catatan kita aja, ga ada DVD room, dan ga bisa masukin game yang berat
  • Netbook, lebih kecil dari notebook, dan khusus untuk browser aja, ga ada DVD room apalagi main game yang berat :)

Yah itulah sedikit perbedaan yang bisa saya jelaskan, nah untuk masalah bagus atau engganya, disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman. Ada lho yang butuh komputer untuk main game saja, yah saya sarankan untuk membeli PC. Ada juga yang khusus tugas kantor/kuliah/sekolah, saya sarankan antara beli Notebook atau Netbook. Kalau untuk bener-bener friendly yang bisa di bawa kemana-mana ya beli aja Notebook atau Netbook. Beneran! jangan coba beli Laptop deh, karena berat. Semoga sedikit tulisan dari saya ini dapat bermanfaat. :)


Elmo Juanara
081807538830
www.ElmoJuanara.blogspot.com


Categories:

2 comments:

  1. notebook & laptop itu sama aja mo...
    kalo netbook itu ya beda benerr..
    dan sekarang udah ada yg namanya ultrabook mo.. notebook tapi super slim... spek-nya juga agak lebih dari notebook.. gw pengen bgt bisa punya ultrabook.. T__T

    ReplyDelete

please.... give me comment for my blog