Tuesday, March 6, 2012

5 Jam itu Cukup

Ya para medis atau ahli-ahli mengatakan bahwa setiap orang sehari minimal tidurnya itu harus 8 jam. Kalau kurang dari segitu bisa ga semangat nanti atau bawaannya ngantuk terus, kalau lebih dari segitu bisa-bisa rezekinya di patok ayam, eh maksudnya bisa ga seimbang juga tubuh dan otak karena kebanyakan tidur.

Yah jadilah orang tidur mulai pukul 21.00 sampai pukul 05.00. Ya tepat 8 jam. Itulah hal kebanyakan orang lakukan dari kecil hingga mereka dewasa. Padahal yang beberapa orang sukses yang pernah saya kenal, itu tidurnya sedikit . Mungkin itulah hal krusial yang menyebabkan perbedaan diantara orang sukses dan orang biasa. "Perbedaan orang sukses dan orang biasa, di tentukan dari seberapa besar mereka memanfaatkan waktu luang mereka."

Sedikit disini berarti tidurnya 3-4 jam saja sehari. Lho? kok bisa? apa tidak pusing tuh? engga sakit? InsyaAllah engga. mereka memanfaatkan waktu siang mereka untuk bekerja, dan malamnya untuk istirahat. tapi tidak sekedar beristirahat (baca:tidur), melainkan istirahat (baca:ibadah).

Bahkan saya pernah dengar dari beberapa sahabat saya tentang tidur efektif. Tidur efektif yaitu 4 jam tidur deep sleep , 4 jam lagi istirahat. jadi totalnya kan 8 jam tho? ya itu baru betul. Deep sleep disini adalah tidur yang bener-bener tidur. Kalau istirahat itu engga harus tidur, bisa saja relaksasi, bercanda, beribadah, memanjakan hobi, itu juga istirahat namanya. Dan itu juga termasuk dari bagian tidur.

Yuk. Mari kita buka pikiran kita untuk menerima hal-hal baru. Yang mungkin kita abaikan selama bertahun-tahun ini. Tulisan ini didedikasikan kepada penulis sendiri dan keluarga untuk terus bisa mengingatkan diri sendiri.

Semoga sedikit tulisan saya di pagi hari ini dapat memberikan manfaat. :)


Elmo Juanara
081807538830
www.ElmoJuanara.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog