Friday, March 9, 2012

3 Tipe Orang Penanya

Umumnya tanya atau dalam bahasa inggris 'ask' adalah sebuah kegiatan keingintahuan seseorang terhadap sesuatu. Menanya sudah menjadi hal yang lumrah, bisa saja dalam beberapa minggu terakhir kita sudah menanyakan beratus-ratus ribu hal tentang apapaun.

Menanya itu di bagi menjadi dua, yaitu pertanyaan formal dan pertanyaan tidak formal. Pertanyaan formal contohnya ketika kita menanyakan sesuatu kepada guru, mentor, narasumber di suatu tempat acara. Contoh di kelas, seminar, lapangan. Kalau pertanyaa non formal, adalah pertanyaan yang di ajukan secara spontanitas, tidak mengenal tempat atau situasi, ketika kita mau tanya yah kita langsung bertanya.


Ternyata dari banyaknya atau beragamnya cara orang menanyakan sesuatu, terbagi menjadi 3 tipe orang penanya, yaitu :
  • Just to know. Yang pertama adalah orang yang bertanya karena memang ingin mengetahui sesuatu.
  • Compare something. Yang kedua ialah tipe orang yang bertanya karena ingin mengetahui pendapat orang yang di tanya untuk membandingkan jawabannya dengan pemahaman yang dia punya.
  • Test your skill. Nah yang ketiga ini nih, biasanya mereka pas nanya tuh tujuannya bukan untuk ingin tahu atau membandingkan pendapatnya, tetapi untuk mengetes apakah kamu bisa menjawab pertanyaan yang mereka ajukan? sedang mereka sudah mengetahui jawabannya.

Nah itulah 3 tipe orang penanya yang saya rangkum dari beberapa kajian ilmu di sekolah. Tentu semua dari kita pernah menanya, dan saat itu kita belum tahu kita itu penanya yang seperti apa sih? Nah mungkin artikel ini dapat membantu teman-teman :)

Untuk tipe yang ketiga, biasanya adalah seorang guru, ketika di tanyai sesuatu oleh muridnya maka guru tersebut tidak langsung menjawab, melainkan melemparkan pertanyaan tersebut kepada murid-muridnya yang lain untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menjawab sebuah pertanyaan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat :D


Elmo Juanara
081807538830
www.ElmoJuanara.blogspot.com

No comments:

Post a Comment