Tuesday, August 27, 2013

R4BIA Simbol Keteguhan , Kekuatan , Perlawanan dan Kebebasan.

Belakangan muncul simbol 4 jari berwarna hitam dengan tulisan R4BIAH dengan latar berwarna kuning, simbol apakah itu?

Berikut sedikit penjelasan singkat mengenai Arti Simbol 4 jari Rabia / Rabi’ah / Rab’ah dalam Konflik Mesir yang saya kutip dari berbagai sumber.

Dalam bahasa Arab, Rabi’ah/arba’ah artinya Empat . Rab’ah (angka 4) dijadikan sebagai simbol keteguhan , kekuatan , perlawanan dan persatuan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan.
Simbol 4 jari sebagai simbol untuk mengenang markas demonstran Pro Mursi di Rabi’ah yang telah dihancurkan oleh tentara junta . Simbol 4 jari untuk menunjuk ikon Rabi’ah.
Di Mesir kebanyakan tempat atau daerah menggunakan istilah nomor dan mereka menggunakan simbol isyarat jari dalam keseharian. Sebagai contoh Hayyu Asyir (Daerah 10) , Hayyu Sabiek (Daerah 7) biasanya menggunakan simbol peace V, Hayyu Sadis (Daerah 6), Hayyu Thamin (Daerah biasanya menggunakan simbol atau isyarat V terbalik dan lain sebagainya.
Simbol 4 jari ini telah diluncurkan oleh Perdana Menteri Turki , Recep Tayip Erdogan mulai Sabtu (17/8/ 2013) setelah mengecam keras pembantaian yang dilakukan tentera junta Mesir yang terjadi pada hari Jumat dan Sabtu di Ramses Square dan Masjid Fatih yang dikepung tentara junta.
Tujuan simbol #R4BIA dipakai oleh pendukung Presiden Muhammad Moursi sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap apa yang terjadi di Mesir . Selain itu bisa juga untuk menggugah kesadaran masyarakat umum mengenai krisis kemanusiaan yang terjadi di Mesir sekarang ini.


Sekian tulisan mengenai Arti Simbol 4 jari Rabia / Rabi’ah / Rab’ah dalam Konflik Mesir, semoga bermanfaat.


source : Islamedia
Categories: ,

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog