Tuesday, July 24, 2018

Konsistensi dan Permainan Angka

pict by Lusiana

Kali ini kita akan bermain dengan angka. Tetiba tadi pagi saat macet-macet di tol saya ingat 3 angka luar biasa, yaitu 0.99, 1 dan 1.01

Apa yang istimewa dari 3 angka ini?

Kalau diurutkan dalam sebuah deret ukur, angka ini punya selisih sama yaitu hanya 0.01. Kalau dibuat dalam prosentase hanya 1%. Sekarang apa jadinya jika masing-masing angka ini kita pangkatkan dengan 365?

0.99 dipangkatkan 365 hasilnya adalah 0.03
1 dipangkatkan 365 hasilnya adalah 1
dan 1.01 dipangkatkan 365 hasilnya adalah 37.8

See.. what the different...
Begitulah kita...

Andaikan setiap hari kita mengeluarkan sedikit potensi saja dari diri kita secara terus menerus dan konsisten, setelah setahun (365 hari) hasilnya akan luar biasa.

Kita akan jadi pribadi yang berbeda

Jika kita begini-begini saja setiap hari tanpa ada usaha untuk merubah ke arah yang lebih baik..maka setahun ke depan kita akan tetap menjadi seperti sekarang.

Sebaliknya jika kita malas saja atau ogah-ogahan..walau hanya sedikit setelah setahun kita tidak akan jadi apa-apa.

Dalam bahasa jepang ini adalah 1.01 housoku yang berbunyi kotsu kotsu doryoku sureba ookina chikara ni naru, dan 0.99 housoku yang berbunyi sukoshi zutsu saboreba chikara ga nakunaru.
Kalau diterjemahkan.. 

Rule 1.01 adalah jika kita berusaha walaupun sedikit namun konsisten maka lama-lama akan jadi satu kekuatan besar.

Sedangkan rule 0.99, jika kita malas sedikit saja lama-lama kekuatan kita akan hilang
37.8 kali lebih kuat dibandingkan dengan sebelumnya.

Rule atau hukum ini memang biasanya diajarkan saat olah raga kanuragan. Dimana jika setiap hari melakukan latihan dengan konsisten kita akan bisa punya kekuatan yang luar biasa..

Begitulah sesungguhnya alam mengajarkan kita. Bahkan Islam juga telah mengingatkan dengan berbagai macam ayat-ayat dan hadits yang mengajak kita untuk change ke arah yang lebih baik.

So.. pesan saya buat semua yang ada di sini.. just lakukan perbaikan diri setiap hari. Lakukan sedikit sedikit saja namun konsisten..insya Allah hasilnya akan luar biasa.

Allah SWT menyukai ibadah yang dilakukan secara konsisten dan kontinue walaupun sedikit.
Pernah dengar bagaimana satu saat Rasulullah SAW mengatakan kepada Bilal bahwa beliau sudah mendengar terompahnya (Bilal) di surga?

Dan Allah SWT meridhoiNya atas ibadah yang sederhana namun konsisten dan kontinue itu.

Ternyata Bilal sang Muadzin Rasulullah SAW mempunyai ibadah unggulan yang sangat sederhana, namun beliau tidak pernah tinggalkan, yaitu sholat sunnah wudhu.

Hal yang sama sebetulnya akan kita dapatkan pula di dunia ini jika kita mau dan bersabar dalam melakukan passion kita.

Memang sangat berat, namun kalau kita perhatikan orang-orang besar, rerata mereka punya hal-hal kecil yang selalu dilakukan namun konsisten dan kontinue.

Michael Jordan, saat masih muda sehari melempar bola ke basket sampai 10 ribu kali.
Jet lie sang aktor holliwood juga melakukan latihan-latihan berat sejak dia muda sehingga mempunyai gerakan tendangan kaki dan tangan yang cepat sehingga dia diberi julukan "Jet" karena kecepatannya itu.

Di Jepang ada juga istilah 10.000 jam.
Semua dilakukan dalam proses panjang, sedikit demi sedikit dan kontinue.Maksudnya jika kita ingin ahli dalam sebuah bidang minimal kita melakukan latihan untuk keahlian tersebut selama 10ribu jam.

So..mari kita change our mindset dan cari passion kita, lejitkan potensi diri kita walau sedikit setiap hari dalam apa saja. Insya Allah kita akan menuai hasilnya.

#pesan khusus buat grup ini agar terus konsisten dan memperbaiki diri setiap hari.

20 tahun lagi dari sekarang kalian yang akan pegang posisi-posisi penting di berbagai lini. Siapkan diri dari sekarang dalam berbagai hal.

(Sensei Edi Sukur, 2014)
Sumber : MJR SJS

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog