Sunday, June 21, 2020

Global Warming dan Climate Change

sumber Google

Bismillaah

Sedikit membagikan cuplikan-cuplikan ringan dari mata kuliah Environmental Engineering. Topiknya seputar perbedaan antara Global Warming dan Climate Change.

Global Warming dan Climate Change merupakan istilah yang sering kita dengar belakangan ini. Tetapi, mungkin sebagian besar masih bingung dan salah mengerti perbedaan dari dua istilah tersebut.

Global warming dapat di jelaskan sebagai fenomena meningkatnya suhu permukaan bumi terutama akibat tingginya tingkat gas rumah kaca di atmosfer. Istilah ini pertama kali menjadi terkenal di media pada tahun 1980-an. Menurut National Oceanic and Atmospheric Association, sejak 1880 suhu permukaan Bumi rata-rata telah meningkat sekitar 0,95 derajat Celcius.

Sementara itu, climate change yaitu fenomena perubahan cuaca. Cuaca sendiri di deskripsikan sebagai kondisi di atmosfer dalam rentang waktu yang cukup lama, misal 30 tahun. Climate change juga bisa bersifat regional atau global. Climate change dapat terjadi jika, setidaknya satu dari variabel cuaca - curah hujan, angin atau suhu - yang berfluktuasi selama periode yang panjang di tempat yang sama, bisa di lingkup regional saja atau global.

Ringkasnya, global warming yaitu peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi karena adanya gas di atmosfer, dan ini merupakan penyebab dari munculnya climate change. Climate change spt yg tadi dijelaskan diatas, ia merupakan fenome yg terjadi akibat fluktuasi dalam rentang waktu yang panjang, dan bisa saja terjadi di lingkup regional saja, tidak harus global. Contohnya peningkatan curah hujan  di wilayah Australia yang sebelumnya gersang selama beberapa dekade terakhir ini dapat disebut sebagai climate change, tetapi dibelahan bumi yg lain tidak terjadi.

No comments:

Post a Comment