Thursday, February 2, 2012

Peluang Bisnis Internet

"Kita tuh hidup di dua dunia. Dunia Nyata dan dunia Maya." tutur seorang trainer. Saya setuju dengan pernyataaan itu, kenapa? karena fakta telah menjawab. Dulu, orang menggunakan internet itu sangat sedikit sekali, karena dulu pengetahuan orang tentang internet belum terbuka dan dulu harga untuk membayar koneksi internet agak mahal. Coba bayangkan sekitar lima tahun yang lalu, harga sewa internet per jam nya mencapai 4000-5000 rupiah. Tetapi sekarang, bisa kita lihat ada warnet yang memberikan harga reguler sekitar 2000-3000 per jam. belum lagi kalau ada paket-paket. WOW! bisa terbilang biaya internet sekarang sangat terjangkau.

Keadaan inilah yang memaksa seorang pengusaha untuk melirik internet. Ada apa sih di internet? Begini, seorang coba membuka sebuah toko, terletak di pinggir jalan. Dia mempromosikan tokonya dengan menggunakan spanduk/banner di dekat tokonya. Pertanyaannya seberapa besarkah pasar yang bisa dia ambil? Tentu pasti hanya sekitar tokonya saja. Akan sangat menjanjikan jika kita menggunakan internet untuk membantu kita mempromosikan atau bahkan menjual produk kita. Lho kok bisa? kan barangnya ada di dunia nyata, kok bisa di masukin di internet? tenang tenang. di internet kita hanya membutuhkan sebuah laman atau website yang berisikan produk-produk yang kita jual. jadi kita hanya perlu meletakkan gambar produk dan deskripsi produk saja. Dengan biaya promosi hampir nyaris NOL! paling yang kita butuhkan hanya koneksi internet, dan sedikit pemahaman tentang cara membangun toko online.

Dengan kita membuat website, kita telah membuka toko kedua kita, tepatnya toko online. Toko yang tidak nyata, tetapi bisa memberikan hasil yang berkali-kali lipat. Dan dengan memasarkan produk lewat internet, kita akan mempunyai market yang luas. bahkan bisa ke luar negeri.

Tapi apakah toko online itu aman? kan sekarang banyak penipuan? jadi orang jarang percaya dong sama jualan produk di internet? . Nah untuk membangun rasa percaya konsumen, kita buktikan dengan layanan kita yang bersifat jujur. Dengan banyaknya website-website yang menipu, dan ketika konsumen sudah tidak percaya lagi, di situlah kita muncul, mempelopori sikap kejujuran di dalam transaksi online. Maka, untuk menjual produk secara online bukanlah hal yang mustahil lagi. Ingat, "People don't care how much you know until they know how much you care" :)

Jadi dapat di simpulkan, kenapa harus bisnis/toko online?
  • Modal kecil dan resiko kecil (hanya koneksi internet)
  • Tidak di perlukan keterampilan khusus
  • Pasar lebih luas
  • Lebih targeted (artinya pembeli memang yang membutuhkan barang tersebut)
  • Bisa work at home
  • Tidak perlu sewa tempat

Jika Anda tertarik dengan konsep Bisnis/Toko Online, Anda bisa mulai pelajari dan baca buku tentang Bisnis Online, atau Anda bisa lihat artikel-artikel tentang Internet Marketing di kategori dalam blog saya. Semoga bermanfaat :)


Elmo Juanara
081807538830
www.ElmoJuanara.blogspot.com


0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog