Sunday, September 2, 2012

Apa itu Homesick?

Homesick atau rindu kampung halaman tidak jarang kita alami, khusunya bagi para perantau.Homesick adalah perasaan yang biasa hinggap pada orang yang bepergian jauh dan dalam jangka waktu yang panjang. Gelaja homesick ini sering kali membuat seseorang memiliki perasaan sangat rindu akan orang-orang di kampung halamannya serta rutinitas biasanya.

Biasanya seseorang merasakan penyakit homesick ini karena merasa kehilangan orang-orang terdekatnya, keluarga, teman, pacar. Selain itu lingkungan baru yang berbeda dengan aktivitas yang berbeda pula membuat seseorang merasa asing di lingkungan tersebut. Kebiasaan lama yang kemudian berubah atau hilang di tempat baru juga bisa membuat orang merasa homesick.

Perasaan homesick ini akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan melankolis. Ia cenderung mendramatisir perasaan sedih yang dialaminya. Ia akan mudah merasa terisolasi, sedih, dan kosong. Selain berpengaruh pada kondisi mental kejiwaan seseorang, homesick juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Seseorang yang dilanda homesick biasanya akan mudah kehilangan nafsu makan hingga menyebabkan berat badannya berkurang, selalu merasa pusing, hingga sakit perut tiba-tiba.

Homesick biasa terjadi pada mahasiswa daerah yang terpaksa merantau jauh dari rumah selama berbulan-bulan untuk menimba ilmu,seperti aku ini.hehee..,
Penyakit ini juga bisa terjadi pada seorang mahasiswa tingkat awal yang baru saja meninggalkan bangku SMA. Perbedaan kebiasaan membuatnya ingin mengulang kembali masa-masa sekolah dulu yang jauh berbeda dengan dunia kampus. Atau bahkan homesick juga terjadi pada seseorang yang berpergian jauh meski hanya dalam waktu beberapa hari.

Perasaan seperti ini bisa bertahan dalam jangka waktu beberapa hari hingga berminggu-minggu. Semuanya itu tergantung dari kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Memang bagi beberapa orang, homesick justru bisa menyebabkan depresi. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus mengawasi perasaanmu dan mencari bantuan jika kamu sudah merasa terlalu berlebihan.


Source: http://www.zona-remaja.com/2010/11/cara-mengatasi-homesick.html#ixzz25MpDxvAn
Categories:

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog