Sunday, November 4, 2012

4 Pilar Memahami Materi Lebih Dalam

Sering melihat sebuah seminar, kelas belajar, forum diskusi atau sederet kegiatan yang sifatnya mendengarkan? Pernahkah Anda bayangkan betapa menariknya dan bergunanya isi dari pembicaraan tersebut? Pernahkah terlintas di pikiran Anda bagaimana susah payahnya panitia (saya pernah mengalami) menyiapkan pembicara-pembicara dari setiap materi untuk mem share ilmu mereka kepada peserta? Namun sayang, hal bagus dan bermanfaat yang sering di sampaikan pembicara sering dan hanya masuk kuping kanan dan dengan mudahnya keluar di kuping kiri.

Suatu saat setelah beberapa kali mengikuti rangkaian suatu acara, akhirnya saya mengerti. Ada 4 Pillar dasar yang harus di miliki peserta untuk menerima, mencerna, dan memahami materi secara utuh dan keseluruhan. Saya berterima kasih kepada para sosok-sosok yang telah membuka rahasia ini, keempat pillar itu adalah :


1. Fokus
Fokus merupakan hal krusial yang harus di miliki setiap orang dalam kehidupannya. Khususnya dalam mencapai tujuannya. Nah fokus ini juga sangat di perlukan peserta pada saat menerima materi.

2. Logis
Jawaban dan pemikiran yang logis yang berhubungan dengan materi adalah salah satu kunci dalam memahami materi secara keseluruhan.

3. Etika
Pada saat menerima materi, para peserta harus menjaga etika dan sikapnya. Hal ini sangat berguna untuk membantu fokus kita dalam menerima materi dan membantu merilekskan badan kita.

4. Review
Nah hal ini sangat penting juga. Disini peserta harus bisa menceritakan kembali isi materi secara sistematis dari awal sampai akhir berdasarkan pemahaman masing-masing peserta. Bukan textbook. Review ini sifatnya wajib.

Nah itulah 4 Pillar yang mudah-mudahan dapat membantu para peserta dalam menerima, mencerna, dan memahami suatu materi. Agar ilmu yang di sampaikan tidak sia-sia.


Signature



Elmo Juanara
(www.ElmoJuanara.com)


0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog