Tuesday, November 6, 2012

Sandiaga Uno VS Bob Sadino

Sandiaga Uno dan Bob Sadino
Wahai para entrepreneur! pernah mendengar nama Sandiaga Uno atau Bob Sadino? saya yakin sebagian besar dari pembaca telah dan sering mendengar kedua nama ini. Bagaimana tidak, kedua sosok ini menjadi ikon entrepreneur Indonesia di bidangnya masing-masing.

Sandiaga Uno VS Bob Sadino?
lho kok versus? kenapa sesama pengusaha versus? jadi gini, disini setelah saya membaca buku dan mendengar beberapa hal tentang mereka berdua saya menyimpulkan, bahwa pendapat dari Sandiaga Uno dan Bob Sadino itu bertolak belakang? Nah lho?!

Pendiri Kem Food Bob Sadino pernah berkata, bahwasanya menjadi pengusaha itu bisa dari orang (maaf) goblok / bodoh. Bahwasanya pengusaha itu tidak harus pintar dalam pendidikan, bahkan tidak harus Sarjana.  yang di butuhkan kemampuan untuk membaca peluang. Banyak pengusaha-pengusaha sukses Indonesia di lahirkan bukan dari universitas-universitas, tetapi dari pelosok-pelosok desa.

Pernyataan Bob Sadino ini 100 % betul! Faktanya sebagian besar pengusaha sekarang yang benar-benar sukses, tidak memiliki pendidikan formal yang terlalu tinggi. Tetapi toh nyatanya mereka bisa sukses. Pernyataan ini juga di dukung kuat oleh fakta keberhasilan Bill Gates yang berlabel DO (Drop Out) dari kampusnya namun sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Sandiaga Uno berpikir lain.Dalam buku biografinya yang saya baca, beliau menyebutkan bahwa pengusaha besar akan di lahirkan dari orang-orang pintar yang telah mengenyamkan pendidikan tinggi. Dari situlah akan muncul pengusaha-pengusaha hebat yang beretika, berpendidikan, dan bermental kuat. Beliau adalah bukti nyata dari semua itu. Beliau (Sandiaga Uno) merupakan seorang S2 yang menamatkan kuliahnya di Amerika berdanakan beasiswa dari suatu perusahaan. Setelah beliau memutuskan menjadi pengusaha, ilmu-ilmu yang di pelajari di kampus sangat berguna dalam membangun bisnisnya dan beliau sekarang menjadi salah satu anak muda terkaya di Indonesia.

Lantas, yang manakah yang benar??

Jika kita lihat dari kedua pendapat yang bertolak belakang tersebut, tentulah kita menjadi bingung, untuk menjadi seorang pengusaha apakah harus pintar dan berpendidikan tinggi atau harus pandai membaca peluang? Menurut saya kedua pendapat itu tidak ada yang salah. Masing-masing benar dengan pendapatnya. Bill Gates Drop Out dari kampusnya karena memang tujuannya hanya ingin menjadi pengusaha, fokus pada tujuan. Sandiaga Uno belajar di kampus dengan serius dan ilmu nya pasti akan berguna untuk menjadi bekal pada saat berwiraswasta nanti.

so, apapun keadaan pun sekarang, apapun pilihanmu sekarang, tetaplah fokus pada tujuanmu. yaitu menjadi Entrepreneur!

Signature



Elmo Juanara
(www.ElmoJuanara.com)

0 komentar:

Post a Comment

please.... give me comment for my blog