Thursday, October 25, 2018

INDONESIA IS A POTENTIAL




Perkembangan teknologi dan ekonomi di tanah air membuat saya sedikit terpanah dan mulai sedikit demi sedikit mempelajari gerak dan lajunya. Salah satunya, ialah bidang teknologi atau startup yang banyak digandrungi dan di inisiasi oleh anak muda Indonesia. Saya akan menjelaskan sedikit mengapa Indonesia dapat dikatakan potensial dalam rangka invention (menemukan) temuan-temuan baru, yang bisa saja mendunia.

Sewaktu saya mendatangi acara Tech in Asia Jakarta 2018 kemarin, saya banyak melihat potensi-potensi anak bangsa yang menjelma menjadi sebuah bisnis/aplikasi, tidak hanya sekedar ide, tetapi applicable.

Dalam sebuah main stage diacara tersebut saya melihat beberapa pembicara dengan jenis startup yang berfokus pada bidang agriculture. Beberapa contohnya yaitu pada sektor pertanian, perikanan, dan pengembangan pedesaan. Dan fokus saya tertuju pada satu sektor yaitu perikanan. Startup tersebut berhasil menjelma menjadi salah satu startup sektor perikanan yang sukses, bahkan ditingkat internasional.

Beberapa waktu lalu kita tidak mungkin tidak terlalu peduli dengan sektor tersebut, padahal sektor agriculture merupakan sektor yang mempunyai masalah paling banyak di Indonesia, tetapi disaat yang bersamaan mempunyai potensi yang paling besar juga. Bagaimana tidak? dari agrikultur tersebut segala macam kebutuhan sekunder (pangan) berasal, yang mana kita tahu saat ini, Pangan/Food menjadi isu strategis global.

Saya jadi berpikir, sebuah negara yang besar, kepulauannya banyak, beragam ras dan bahasa, serta disebut sebagai zamrud khatulistiwa, terlebih pada potensi maritimnya yang luar biasa, bisa-bisa panjang jika saya jelaskan disini. Mestinya potensi ini menjadi sebuah jawaban dari segala permasalahan global seputar pangan dan sebagainya. Tetapi nyatanya tidak, Indonesia masih belum bisa mengelola semua anugerah ini.

Melihat kondisi demikian, maka saya berpikir lagi, Indonesia mempunyai segudang masalah, tetapi disaat yang bersamaan segudang masalah itu adalah sebuah potensi! Ya betul, potensi. Sesiapa bisa menyelesaikan permasalahan salah satu sektor strategis di Indonesia, maka ia bisa menyelesaikan permasalahan yang serupa di negara lain!

Kira-kira begitu yang terlintas dalam bentak saya tentang dahsyatnya potensi Indonesia dalam menjadi wadah pilot project ketahanan global.

Nah, minna san. Jika kita menjadi warga Indonesia, jangan bingung lagi tentang apa yang harus kita perbuat, segala macam masalah (beserta opportunity nya) juga tersaji di negeri kita sendiri. Saya percaya setiap kita mampu menjadi problem solver atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di negara kita ini. Dan suatu saat nanti, saya percaya, negeri ini akan banyak melahirkan inventor-inventor yang mampu memberi solusi pada permasalahan global.