Friday, May 3, 2019

Belajar dari Turki dan Erdogan

Tulisan ini di dapat dari sensei ES



ES: Cucunya Erbakan baru cerita. Mereka sekeluarga meninggalkan Turkey dan pindah ke US karena istrinya tidak boleh pake hijab saat di kampus (istrinya adalah dosen). Belasan tahun mereka di US sampai mendapat citizen US. Th 2010 sempat mau pulang, tapi dg syarat istrinya melepas hijabnya dan ganti dg burqa. Mereka menolak karena mereka meninggalkan Turkey ke US agar bisa menjalankan syariat dimanapun. Mereka baru balik th 2015 setelah ada aturan baru bahwa hijab boleh dipakai di lembaga pemerintah, kampus bahkan di militery.

CBP: Padahal Erdogan sdh menjabat menjadi Perdana Menteri Turki sejak 14 Maret 2003 sampai 28 Agustus 2014...

Berarti  Erdogan jg ikut melarang pemakaian hijab ? .

ES: Bukan begitu masvroh...
ES: Ini perlu lihat perjalanan panjang sejarah Islam di Turki juga.

Sejak Turki Usmani runtuh th 1924, Turki berubah jadi sekuler. Orang2 yg tetap ingin menjalankan syariat Islam, semua keluar dari Turki ke negara2 eropa lainnya.

Itulah sebabnya klo ke negara eropa akan mudah mencari makanan halal karena banyak penjual kebab turki. Saat ini mereka di sana sdh sampai generaai ketiga yg sebagian besar sdh gak.bisa bahasa turki.

Sejak berubah jadi sekuler itu semua perangkat yg sebelnya menggunakan bahasa arab dirubah jadi bahasa turki yg baru dibuat aejak 1924an itu. Akar bahasanya audah ada tapi bahasa turki itu campiran berbagai macam bahasa seperti arab, uyghur dlk.

Saat perubahan jadi negara sekuler itu sistem pemerivtahan sangat otoriter si bawah militer. Itu terjadi bertahun. Berbagai macam upaya dilakukan agar militer bisa turun. Makanya para aktifis pergerakan masuk politik utk.bisa menguasai pemerintahan bia jalur normal.

Akaj tetapi karena militer itu sangat represif makanya setiap ada partai politik yg mulai nampak akan menang akan diberangus. Walaupun begitu upaya itu tetap dilakukan. Salah satu tokoh yg terkenal adalah Erbakan.

Erbakan sempat menguasai parlemen dan menjadi PM. Sayangnya oendekatan Erbakan adalah pendekatan dari hulu. Saat dia jadi PM dia merubah aturan dasar pwmerintah menjadi lebih islami tanpa melihatvkondisi masyaramat yg saat itu masih miskin dan militer yg masih sangat kuat.

Akibatnya saat militer kudeta, Erbakan tidak mendapat dukungan kuat dari masyarakatnya.

Sejak itu masa Erbakan lewat. Lalu munculah Erdogan (bacanya Erdowan, yg dalam bahasa Arab menjadi Ridwan).

Erdogan maju melalui AK Party. Klo disingkat jadi AKP, tapi AKP ini sebetulnya hanya dipakai oleh orang2 yg kontra thd keberadaan partai itu. Untuk yg pro mereka menyebutnya AK Party. AK berarti putih, bersih. Sehingga AK Party secara tidak langsung berarti partai yang bersih.

Pendekatan Erdogan dengan AK Partynya ini berbeda dg Erbakan dalam mengelola isyu dan permasalahan. Pendekatan yang dilakukam adalah oendekatan Ekonomi. Makanya dia masuk lewat perbaikan ekonomi, tdk mwnyentuh masalah aturan dasar negara. Awalnya dia mwrubah Istanbul yg berantakan jadi lebih tertata. Ekonomi Istanbul juga meningkat. Lalu dia terpilih jadi PM sejak 2003. Saat itu pendapatan perkapita Turki sekitar 3600USD. Masuk dalam negara beekembang. Tapi th 2017 Pendapatn lerkapitanya sudah mencapai 12.000an.

 Jadi dalam waktu kurleb 15th dia bisa meningkatkan pendapatn lerkapita sampai 3 kali lipat. Dengan kata lain fokua dia bertahun2 habya di ekonomi. Merubah rakyatnya yg miskin jadi lebih sejahtera.

Baru th 2015 dia membuat aturan baru ttg Hijab, ttg diperbolehkannya Azan dikumandangkan di luar mesjid. Itu baru dia lakukan aetelah maayarakatnya menerima keberadaan dia yg mampu merubah ekonominya.

Th 2016 Ketua Parlemen Turkey mengusulkan ke Erdogan agar Turki meeubah UU dasarny dengan mmeasukkan agama sebagai dasar negara. Tapi saat itu tetap dijawab oleh Erdogan bahwa Turki tetap jadi megara sekuler. Karena di nwgara sekuler, erdogan bisa tetap pula memasukkan nilai2 islam yg universal walaupun tentunya paham2 yg lain pun akan tetap diperbolehkan.

 Makanya Erdogan tdk meeubah aturan ttg hijab di saat kebutuhan dasar masyarakatnta blm terpenuhi. Saat terpenuhi secara ekonomi maka apa yg dilakukan oleh erdogan akan diaetujui saja oleh rakyatnya.

 Itu pula kenapa dalam kudeta th 2016 Erdogan bisa selamat karena didukung oleh rakyatnya yg mau berkorban berhadapan dg tank2 sebagian militer yg membelot.

 Jadi apa yg dilakukan oleh Erdogan adalah mencari keseimbangan dan kestabilan politik dengan melihat prioritas yg harus dilakukan.

 Bwfitu dah.. jadi oanjang.. 🤣⛏