Thursday, September 19, 2019

Belajar E-Commerce dari Rakuten




Bismillaah

Pagi ini tidak disengaja mulai melakukan searching-searching perusahaan Jepang, khususnya Rakuten. Awalnya iseng baca-baca Job Fair Jepang yang dishare senpai di grup Shizudai, akhirnya tertarik untuk baca-baca dan cari tahu perusahaan Jepang lainnya.

Yang sempat terpikir ialah Rakuten, ini nama sudah saya ingat dari dulu dan keren banget kelihatannya, jadilah sedikit research tentang perusahaan ini.

Ternyata pas baca-baca, sudah banyak banget yang diakuisisi oleh perusahaan Jepang ini, mulai dari Eropa sampai AS. Target-target utama Rakuten kayaknya AS dan Eropa, baru-baru ini saja yang masuk ke Asia. Terakhir Rakuten pada 16 November 2016, mengumumkan kesepakatan €220 juta untuk sponsor global dengan klub sepak bola Spanyol FC Barcelona mulai La Liga musim 2017-18 hingga 2020, menggantikan Qatar Airways untuk peran ini. Ma syaa Allah ya!

Saya yang tinggal di Indonesia, jarang dengar Rakuten, tahunya BL, Tokped, dsb. Tapi jujur, ini Rakuten sesuai passion saya banget (karena skripsi saya dulu juga tentang e-commerce), suka bisnis, digital, e-commerce, dan Jepang lagi!

Kalau diperhatikan, besarnya sesuatu hal karena pernah mengalami kejatuhan yang besar. CEO Rakuten mendirikan Rakuten paska mengalami Gempa Bumi yang menghancurkan pada tahun 1995. Oh ya Rakuten itu juga artinya Optimisme. Coba simak CEO Message dibawah ini, pasti akan mendorong adrenaline kita.



Dari message diatas, ada satu kata yang keren menurut saya, yaitu "truly empowered people produce amazing results." "orang yang benar-benar berdaya menghasilkan hasil yang luar biasa"!

Semoga berkesempatan untuk belajar banyak disana.



Terakhir ada sebuah quotes dari CEO nya, Hiroshi Mikitani, tentang modal dasar dan sustainable e-commerce kedepan, "“Ketika sebagian orang melihat e-commerce sebagai pengalaman berbelanja, seperti menggunakan mesin penjual otomatis, kami percaya bahwa e-commerce adalah sebuah proses yang hidup di mana penjual dan konsumen bisa berkomunikasi, menemukan dan memilih untuk membuat pengalaman tersebut menjadi lebih menghibur,”

Link yang mau berkarir di Rakuten klik disini -> https://rakuten.careers/?scid=coe_gn_careers_en

Bismillaahirrahmanirrahiim...

faidza 'azamta fatawakkal 'alallah 😊